√ Senam : Pengertian, Sejarah, Jenis & Manfaatnya Terlengkap

Diposting pada

√ Senam : Pengertian, Sejarah, Jenis & Manfaatnya Terlengkap

 

 

SeputarIlmu.ComHallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Senam. Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai Senam? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

 

√ Senam : Pengertian, Manfaat, Sejarah dan Jenis Terlengkap


Pengertian Senam

Senam dikenal dalam bahasa Indonesia sebagai salah satu cabang olahraga, merupakan terjemahan langsung dari bahasa Belanda “gymnastiek”, bahasa Inggris “gymnastics”, dan “ghymnastiek” asal kata dari “gymnos” bahasa Greka.

Senam merupakan suatu olahraga atau mengolah raga yang mana melibatkan berbagai gerakan tubuh yang membutuhkan kekuatan, kecepatan serta keserasian gerakan fisik.

Secara umum, Senam merupakan cabang olahraga yang bertujuan untuk melatih tubuh dengan melakukan gerakan-gerakan tertentu secara teratur, sadar dan terencana, serta dilakukan secara sistematis.

 


Pengertian Senam Menurut Para Ahli

1. Madijono

Senam yakni suatu bentuk dari latihan jasmani yang sistematis, teratur serta terencana dengan melakukan gerakan-gerakan yang spesifik agar bisa memperoleh manfaat dalam tubuh.

 

2. Sutrisno dan Khadafi

Senam yaitu bentuk dari latihan fisik yang telah disusun secara sistematis dengan melibatkan gerakan-gerakan yang sudah dipilih dan terencana agar bisa mencapai tujuan tertentu.

 

3. Mahendra

Senam ialah suatu bentuk dari kegiatan utama yang sangat bermanfaat dalam mengembangkan komponen fisik serta kemampuan gerak (motorability).

 

4. Peter H. Werner

Senam yaitu suatu latihan tubuh pada lantai atau juga pada alat yang sudah dirancang agar bisa mingkatkan daya tahan kekuatan, kelenturan, kelincahan, koordinasi serta kontrol diri.

 

5. Margono

Senam yakni sesuatu latihan gerakan tubuh yang sudah dipilih dan juga diciptakan dengan terencana, serta disusun secara sistematis yang mana bertujuan untuk dapat membentuk dan mengembangkan pribadi secara harmonis.

 

6. Imam Hidayat

Senam ialah bentuk dari latihan tubuh yang telah terpilih dan dikonstruk dengan sengaja, serta dilakukan secara sadar dan terencana, serta disusun secara sistematis bertujuan agar dapat meningkatkan kesegaran jasmani, mengembangkan keterampilan dan menanamkan nilai-nilai mental spiritual.

 

7. Muhajir

Senam merupakan suatu kegiatan utama yang sangat bermanfaat dalam mengembangkan komponen fisik dan komponen gerak.

 

8. Wuryati Soekarno

Senam ialah salah satu bentuk latihan tubuh yang dipilih dan diciptakan dengan berencana, disusun sistematis dengan tujuan membentuk dan mengembangkan pribadi secara keseluruhan dengan harmonis.

 

9. G. Frank

Senam yakni sejumlah gerak latihan yang luas dan menyeluruh, yang dapat membangun atau membentuk otot tubuh seperti otot tangan, punggung, dan lain sebagainya.

 

10. Anandita

Senam yaitu aktivitas fisik yang dilakukan baik sebagai cabang olahraga tersendiri ataupun sebagai laihan untuk cabang olahraga lainnya.

 


Sejarah Senam

Senam pertama kali diperkenalkan pada zaman Yunani kuno. Senam berasal dari kata Gymnastics, Gymnas berarti telanjang, sebab pada waktu itu orang-orang berlatih tanpa memakai pakaian.

Sedangkan Gymnasium yakni suatu tempat yang dipergunakan untuk mengadakan sebuah latihan senam. Pada zaman itu Gymnastik ini dilakukan dalam rangka berbagai upacara – upacara kepercayaan yaitu guna menyembah dewa Zeus.

Ketika itu kata gymnos atau gymnastics, memiliki makna yang luas, tidak terbatas dengan pengertian seperti sekarang ini.

Kata ini menggambarkan pada suatu kegiatan olahraga seperti gulat, atletik dan bertinju. Dengan berkembangnya zaman, arti yang terkandung dalam kata gymnastics ini semakin menyempit dan disesuaikan dengan kebutuhannya.

Pada awal permulaaan abad ke-20, senam telah menjadi rencana pendidikan di sekolah-sekolah Amerika. Hal ini berkat usaha yang dimiliki dari Dr.J.F.Williams, Dr.Dubly sorgen dan Thomas D.Wood.

Frederik Jahn merupakan seorang bapak Gymnastik, dia memkombinasikan latihan-latihan gimnastik dengan pertunjukan-pertunjukan patriotik.

Dia juga menemukan beberapa perelatan senam, diantaranya yaitu palang horizontal, palang sejajar, kuda-kuda melintang, bahkan bak lompat.

Senam di Negara Indonesia juga sudah dikenal sejak zaman penjajahan Belanda. Pada waktu itu namanya “Gymnastiek”, zaman jepang dinamakan sebagai “Taiso”.

Pemakaian istilah “senam” itu sendiri kemungkinkan bersamaan dengan pemakaian pada sebuah kata olahraga sebagai pengganti kata sport.

 


Jenis – Jenis Senam

1. Senam Akrobatik

Senam akrobatik ialah jenis senam yang gerakannya mengandungk akrobatik. Misalnya saja pada gerakan salto dan mendarat di pundak pesenam lain.

Senam ini juga membutuhkan kekuatan otot, keseimbangan tubuh, ketangkasan, dan koordinasi motorik yang sangat baik. Senam akrobatik ini biasanya dilombakan dalam ajang kompetisi olah raga, atau bia juga ditemukan pada seni bela diri.

 

2. Senam Artistik

Senam artistik yakni salah satu jenis senam yang paling populer dan biasanya diperlombakan dalam kegiatan olimpiade olahraga. Jenis senam ini juga membutuhkan alat khusus yang telah ditentukan.

Beberapa contoh senam artistik diantaranya yaitu :

  • Kuda pelana (pommel horse)
  • Kuda lompat (vaulting horse)
  • Senam lantai (floor exercise
  • Gelang-gelang (rings)
  • Palang tunggal (horizontal bars)
  • Palang bertingkat (uneven bars)
  • Palang sejajar (parallel bars)

 

3. Senam Aerobik Sport

Senam aerobik sport yakni salah satu pengembangan dari senam aerobik, yait senam dengan tarian khusus yang dikolaborasikan dengan beberapa gerakan yang cukup sulit.

Senam ini mengandung beberapa unsur, diantaranya ialah :

  • Aerobik
  • Akrobat
  • Senam ritmik
  • Koreografi
  • Dan tentunya musik

 

4. Senam Ritmik Sportif

Senam ritmik sportif adalah pengembangan dari senam irama yang diiringi oleh musik tertentu sehingga setiap gerakan tubuh disesuaikan dengan irama yang indah.

 

5. Senam Trampolin

Senam trampolin yaitu salah satu jenis senam yang dilakukan di atas trampolin dengan melakukan berbagai gerakan-gerakan tertentu.

 

6. Senam Umum

Senam umum yaitu suatu senam yang umum dilakukan oleh masyarakat dimana gerakannya lebih mudah untuk bisa diikuti. Senam ini juga menggunakan musik tertentu dan gerakannya disesuaikan dengan irama musik tersebut.

Beberapa contoh senam umum adalah sebagai berikut :

  • Senam SKJ
  • Senam pagi
  • Senam sehat
  • Senam jantung

 

7. Senam Lantai

Seperti gerakan berguling, gerakan kayang, sikap lilin, gerakan guling lenting serta gerakan berguling ke depan, dan gerakan berdiri tangan atau hands stand.

 

8. Kuda – Kuda Lompat

Seperti kuda-kuda pelana, gelang-gelang, palang sejajar, palang bertingkat dan palang tunggal serta balok keseimbangan.

 


Manfaat Senam

  • Dapat memelihara kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh.
  • Meningkatkan kepercayaan diri.
  • Menciptakan kepuasan dalam bergerak sesuai keinginan.
  • Menciptakan keseimbangan antara jasmani dan rohani.
  • Melatih otot jantung.
  • Melancarkan pembuluh darah.
  • Kemampuan paru-paru dalam bernapas akan meningkat.
  • Menghasilkan kekuatan, kelentukan, dan daya tahan pada otot.
  • Tulang akan semakin kuat dan padat.
  • Kemampuan persendian dan tulang rawan semakin kuat sehingga terhindar dari cedera ataupun sakit.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Senam : Pengertian, Sejarah, Jenis & Manfaatnya Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel Lainnya :

Baca Juga :  √ Kebugaran Jasmani : Pengertian, Sejarah, Manfaat, Tujuan, Unsur, Komponen, Prinsip & Contohnya Lengkap

Baca Juga :  √ Yoga : Pengertian, Sejarah, Tujuan, Manfaat & Jenisnya Lengkap
Baca Juga :  √ Lompat Jauh : Pengertian, Sejarah, Faktor, Teknik, Macam Gaya & Ukuran Lapangannya Lengkap
Baca Juga :  √ Sepak Bola : Pengertian, Sejarah, Teknik Dasar, Peraturan & Formasinya Lengkap
Baca Juga :  √ Bola Voli : Pengertian, Sejarah, Teknik, Peraturan, Sarana & Ukuran Lapangannya Lengkap