√ 24 Pengertian SIG (Sistem Informasi Geografis) Menurut Para Ahli Terlengkap

Diposting pada

√ 24 Pengertian SIG (Sistem Informasi Geografis) Menurut Para Ahli Terlengkap – Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai SIG (Sistem Informasi Geografis).

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai SIG (Sistem Informasi Geografis)? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

 

√ 24 Pengertian SIG Menurut Para Ahli Terlengkap
√ 24 Pengertian SIG Menurut Para Ahli Terlengkap

 

Pengertian SIG (Sistem Informasi Geografis) Menurut Para Ahli

 

1. Aronoff

Sistem Informasi Geografi ialah suatu sistem berbasis komputer yang mempunyai kemampuan dalam mengolah data bereferensi geografi yang meliputi proses pemasukan data, manajemen data (penyimpanan dan pemanggilan kembali), manipulasi dan analisis data, serta keluaran sebagai hasil akhir (output).

 

2. Chrisman

Sistem Informasi Geografi ialah sistem yang terdiri dari perangkat keras, perangkat lunak, data, manusia (brainware), organisasi dan lembaga yang digunakan untuk mengumpulkan, menyimpan, menganalisis, dan menyebarkan informasi-informasi mengenai daerah-daerah di permukaan bumi.

 

3. Burrough

Sistem Informasi Geografi merupakan alat yang bermanfaat untuk pengumpulan, penimbunan, pengambilan kembali data yang diinginkan dan penayangan data keruangan yang berasal dari kenyataan dunia.

 

4. Bernhardsen

Sistem Informasi Geografi merupakan suatu sistem komputer yang dimanfaatkan untuk dapat memanipulasi data geografi.

SIG diimplementasikan pada suatu perangkat keras dan perangkat lunak komputer yang berperan untuk sebuah akusisi dan verifikasi data, kompilasi data atau juga penyimpanan data, perubahan dan pembaharuan data, penyajian data, manajemen serta  pertukaran data, manipulasi data, pemanggilan atau juga  presentasi data serta analisa data.

 

5. Murai

SIG ialah sebagai suatu sistem informasi yang digunakan untuk dapat memasukkan, menyimpan, memanggil kembali, mengolah, menganalisis serta menghasilkan data bereferensi geografis atau data geospatial, untuk dapat mendukung dalam pengambilan keputusan guna perencanaan serta pengelolaan penggunaan lahan dan lain sebagainya.

 

6. Gistut

SIG merupakan suatu sistem yang dapat mendukung dalam suatu pengambilan keputusan serta mampu mengintegrasikan berbagai deskripsi-deskripsi lokasi dengan beberapa karakteristik-karakteristik fenomena yang dapat ditemukan pada lokasi tersebut.

 

7. Marble et al

SIG merupakan salah satu sistem penanganan data keruangan.

 

8. Berry

SIG merupakan sebuah sistem informasi, referensi internal, serta juga otomatisasi data keruangan.

 

9. Calkin dan Tomlison

SIG merupakan sistem komputerisasi data yang penting.

 

10. Linden

SIG adalah suatu sistem untuk dapat pengelolaan, penyimpanan, pemrosesan (manipulasi), analisis dan penayangan data yang secara spasial terkait dengan muka bumi.

 

11. Petrus Paryono

SIG  yaitu salah satu sistem berbasis komputer yang digunakan untuk dapat menyimpan, manipulasi dan menganalisis informasi geografi.

 

12. Rice

SIG merupakan sebuah sistem yang berbasis komputerisasi dan dipergunakan untuk dapat memasukkan, memeriksa, menyimpan, menyatukan, memanipulasi, menganalisa, serta menampilkan berbagai data-data yang memiliki hubungan dengan posisi-posisi di suatu permukaan bumi.

 

13. Guo

SIG merupakan salah satu sistem teknologi informasi yang secara cepat dapat menganalisa, menyimpan, serta menampilkan data secara spesial maupun nonspesial.

 

14. Prahasta

SIG yaitu sejenis software yang dapat digunakan untuk pemasukan, penyimpanan, manipulasi, menampilkan dan keluaran informasi geografis berikut atribut-atributnya.

 

15. Alter

SIG yakni sistem informasi yang mendukung pengorganisasian data sehingga dapat diakses dengan menunjuk daerah pada sebuah peta.

 

16. Kang-Tsung Chang

SIG merupakan a computer system for capturing, storing, quering, analyzing, and displaying geographic data.

 

17. Esri

SIG yaitu sistem komputer yang menangani serta memakai data yang menggambarkan tempat-tempat dipermukaan bumi.

 

18. Barus Wiradisastra

SIG yakni suatu sistem informasi yang dirancang untuk bekerja dengan data bereferensi spasial atau berkoordinat geografi.

 

19. Setiawan Iwan

SIG ialah suatu sistem yang berorientasi kepada letak geografis di atas permukaan bumi, berbasis komputer yang mempunyai kemapuan mengolah, memanipulasi serta menampilkan data spasial maupun atribut.

 

20. Wikipedia

SIG yakni sistem informasi khusus yang mengelola data yang memiliki informasi spasial (bereferenssi keruangan).

 

21. Consorsium Aceh-Nias

SIG ialah suatu sistem yang terdiri dari sebuah perangkat keras, perangkat lunak, data geografis, dan sumber daya manusia yang bekerja bersama secara efektif untuk dapat memasukkan, menyimpan, memperbaiki, memperbaharui, mengelola, memanipulasi dan mengitegrasikan, menganalisa ataupun menampilkan data dalam suatu informasi yang berbasis geografis.

 

22. Purwadhi

SIG merupakan salah satu sistem yang dapat mengorganisirkan suatu perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan data, serta dapat mendayagunakan suatu sistem penyimpanan, pengolahan, maupun analisis data secara simultan, sehingga dapat juga diperoleh sebuah informasi berkaitan dengan aspek keruangan.

 

23. Liu dan Mason

SIG ialah satu sistem yang bermanfaat dalam berbagai bidang untuk menjadi satu ilmu dan teknologi yang mapan sejalan dengan perkembangan bidang ilmu lain khususnya teknologi informasi.

 

24. DeMers

SIG yaitu serangkaian subsistem yang terdiri atas subsistem input data, subsistem penyimpanan dan perolehan ulang data, subsistem manipulasi dan analisis data, dan subsistem pelaporan data.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ 24 Pengertian SIG (Sistem Informasi Geografis)  Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :

Baca Juga :  √ Past Future Continuous Tense : Pengertian, Fungsi dan Rumus Terlengkap

Baca Juga :  √ Bulan : Pengertian, Struktur, Fase, Ciri, Sifat dan Hubungannya dengan Bumi Terlengkap

Baca Juga :  √ 22 Pengertian Komputer Menurut Para Ahli Terlengkap

Baca Juga :  √ Intranet : Pengertian, Sejarah, Manfaat, Contoh, Kelebihan dan Kekurangan Terlengkap