√ 13 Pengertian Struktur Sosial Menurut Para Ahli Terlengkap

Diposting pada

√ 13 Pengertian Struktur Sosial Menurut Para Ahli Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Struktur Sosial.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Struktur Sosial? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

 

√ 13 Pengertian Struktur Sosial Menurut Para Ahli Terlengkap
√ 13 Pengertian Struktur Sosial Menurut Para Ahli Terlengkap

 

Pengertian Struktur Sosial Menurut Para Ahli

 

1. Soerjono Soekanto

Struktur sosial merupakan Sebuah hubungan timbal balik antara posisi-posisi sosial dan peranan-peranan sosial.

 

2. Kornblum

Struktur sosial yaitu suatu pola perilaku individu dan kelomok , yaitu perilaku berulang-ulang yang menciptakan hubungan antar kelompok dalam masyarakat.

 

3. Raymond Flirth

Struktur sosial merupakan salah satu pergaulan hidup manusia yang meliputi beragam tipe dari kelompok yang terjadi dari banyak orang yang meliputi berbagai lembaga-lembaga dimana banyak orang dapat mengambil bagian didalamnya.

 

4. Coleman

Struktur sosial yakni salah satu pola hubungan antar manusia dan antar kelompok manusia.

 

5. Soeleman B.Taneko

Struktur sosial ialah keseluruhan jalinan antara unsur-unsur soosial yang pokok, yaitu kaidah-kaidah sosial, lembaga-lembaga sosial, kelompok-kelompok sosial, dan lapisan-lapisan sosial.

 

6. George Simmel

Struktur sosial merupakan suatu kumpulan individu serta pola perilakunya.

 

7. E.R. Lanch

Struktur sosial yakni suatu cita-cita tentang distribusi kekuasaan di antara individu dan kelompok sosial.

 

8. George C. Homans

Struktur sosial ialah berbagai hal yang memiliki hubungan erat dengan perilaku sosial dasar dalam kehidupan sehari-hari.

 

9. D. Hendropuspito

Struktur sosial yakni suatu skema penempatan dari berbagai nilai-nilai sosio-budaya dan juga berbagai organ-organ masyarakat pada posisi yang dapat dianggap sesuai, demi berfungsinya suatu organisme masyarakat sebagai salah satu keseluruhan, dan juga demi kepentingan masing-masing bagian untuk sebuah jangka waktu yang relatif lama.

 

10. Abdul Syani

Struktur sosial yaitu suatu tatanan sosial dalam kehidupan masyarakat yang merupakan jaringan dari unsur-unsur sosial yang pokok.

 

11. Firth

Struktur sosial ini dapat juga dianggap sama dengan organisasi sosial yang bisa mengacu pada berbagai hubungan-hubungan sosial yang jauh lebih fundamental yang dapat memberikan bentuk dasar pada suatu masyarakat, yang memberikan batas-batas pada aksi-aksi yang dapat juga mungkin untuk dilakukan secara organisatoris.

 

12. Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi

Struktur sosial yaitu satu keseluruhan jalinan antara berbagai unsur-unsur sosial yang pokok, yaitu kaidah-kaidah sosial (norma-norma sosial), lembaga-lembaga sosial dan kelompok-kelompok sosial, serta lapisan-lapisan sosial.

 

13. William Kornblum

Struktur sosial yakni susunan yang bisa terjadi karena adanya pengulangan pola perilaku individu.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ 13 Pengertian Struktur Sosial Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :

Baca Juga :  √ Buletin : Pengertian, Ciri, Tujuan dan Fungsi Terlengkap

Baca Juga :  √ Struktur Sosial : Pengertian, Ciri, Fungsi, Unsur, Bentuk dan Contoh Terlengkap

Baca Juga :  √ Present Continuous Tense : Pengertian, Rumus, Fungsi dan Contoh Terlengkap

Baca Juga :  √ 5 Jenis - Jenis, Struktur dan Contoh Autobiografi Terlengkap