√ Amanat : Pengertian, Ciri, Macam dan Contoh Terlengkap

Diposting pada

√ Amanat : Pengertian, Ciri, Macam dan Contoh Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Amanat.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Amanat? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

 

√ Amanat : Pengertian, Ciri, Macam dan Contoh Terlengkap
√ Amanat : Pengertian, Ciri, Macam dan Contoh Terlengkap

 

Pengertian Amanat

 

Amanat merupakan suatu pesan moral atau nasihat yang disampaikan oleh seseorang kepada orang lain, baik secara langsung maupun melalui suatu karya. Secara umum, pengertian amanat adalah sebuah kata yang memiliki arti pesan, nasihat atau keterangan.

Tema berbeda dengan amanat, tema berhubungan dengan arti karya sastra, sedangan arti amanat berhubungan dengan makna suatu karya sastra “meaning and significance”.

Artinya sebuah karya sastra tersebut bersifat lugas, obyektif dan juga khusus, sedangkan untuk sebuah makna dapat berhubungan dengan orang perorangan, konsep seseorang dan juga suatu situasi dimana penyair akan mengimajinasikan karyanya.

 

 

Pengertian Amanat Menurut Para Ahli

 

1. Sadikin

Amanat yaitu pemecahan yang diberikan oleh pengarang bagi masalah di dalam karya sastra.

 

2. Kosasih

Amanat ialah pesan yang disampaikan pengarang terhadap pembaca melalui tulisan-tulisannya, semoga pembaca sanggup menarik kesimpulan dari apa yang telah pembaca nikmat.

 

3. Rusiana

Amanat yaitu fatwa tabiat atau pesan yang ingin disampaikan pengarang pada pembaca. Akhir permasalahan ataupun jalan keluar permasalahan yang timbul dalam sebuah dongeng sanggup disebut amanat.

 

4. Siswanti

Amanat yaitu gagasan yang mendasarikarya sastra, pesan yang ingin disampaikan pengarang kepada pembaca dan pendengar, di dalam karya sastra modern, amanat ini biasanya tersirat di dalam karya sastra usang pada umumnya amanat tersurat.

 

5. Waluyo

Amanat yakni jika tema memiliki kaitan dengan arti, maka sebuah amanat itu memiliki kaitannya dengan makna. Kemudian jika tema memiliki sifat yang sangat lugas, khusus dan objektif, maka amanat itu memiliki sifat kias, umum, dan subjektif.

 

 

Ciri – Ciri Amanat

 

  • Pesan moral dalam suatu karya biasanya disampaikan pada bagian akhir cerita.
  • Amanat bisa diketahui secara jelas (eksplisit) dalam bentuk seruan, nasehat, peringatan, saran, anjuran, maupun larangan yang berhubungan dengan tema utama suatu cerita.
  • Amanat bisa disampaikan secara langsung maupun secara tersirat melalui karakter tokoh atau penokohan dalam suatu cerita.
  • Pesan moral yang disampaikan oleh pengarang bertujuan agar pendengar atau penonton mau melakukan sesuai dengan amanat di dalam cerita.

 

 

Macam – Macam Amanat

 

1. Amanat Tersurat

Amanat Tersurat yaitu salah satu pesan moral yang disampaikan secara langsung dan jelas oleh pengarang di dalam karyanya sehingga dapat dengan mudah dimengerti oleh audiens melalui kalimat deskriptif jika berupa tulisan.

 

2. Amanat Tersirat

Amanat Tersirat yakni suatu pesan moral yang disampaikan secara tersembunyi (implisit) oleh pengarang dan hanya bisa dimengerti oleh audiens bila mengikuti alur cerita.

Amanat tersirat ini berupa pesan yang bisa diambil dalam cerita, baik secara keseluruhan ataupun pada bagian tertentu.

 

 

Cara Menentukan Amanat Sebuah Cerita

 

Cara menentukan amanat dalam cerita cukup mudah, intinya amanat berisi pesan moral, saran atau ajakan untuk melakukan hal baik.

Untuk hal yang bersifat positif para penulis cenderung menggunakan sebuah kalimat ajakan, sedangkan untuk hal yang bersifat negatif ini dapat berisi perintah larangan. Untuk suatu kalimat larangan biasanya menggunakan kata “jangan”.

Amanat cerita tersebar secara bebas, tapi bisanya muncul di bagian akhir cerita. Di dalam cerita, amanat juga berfungsi sebagai penutup.

 

 

Contoh Amanat

 

  • Cerita berjudul “Adiku Sayang Adiku Pintar”. Pesan amanatnya adalah agar kita selalu berusaha untuk memahami bentuk kasih sayang yang diberikan orang lain pada kita. Kasih sayang dengan memberi tanpa pamrih.
  • Cerita rakyat berjudul “Putri Tangguk”. Pesan amanatnya ialah agar kita sebagai manusia tidak sombong dan juga takabur.
  • Cerita rakyat berjudul “Malin Kundang”. Pesan amanatnya yaitu supaya tidak melupakan semua jasa-jasa orangtua apalagi mendurhakai orangtua sendiri.
  • Cerita rakyat berjudul “Legenda Batu Menangis”. Pesan amanatnya yakni agar seorang anak tidak mendurhakai sang ibu karena pada hukuman Tuhan juga berlaku bagi mereka yang berbuat demikian.
  • Cerita rakyat berjudul “Jaka Tarub & Dewi Nawang”. Pesan amanatnya yaitu agar seseorang senantiasa berkata dan juga berbuat jujur karena kebohongan pasti akan dapat terbongkar.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Amanat : Pengertian, Ciri, Macam dan Contoh Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :

Baca Juga :  √ Aspek Geografi : Pengertian, Macam & Penjelasannya Lengkap

Baca Juga :  √ Pesawat Sederhana : Pengertian, Jenis, Rumus & Contoh Soalnya Lengkap

Baca Juga :  √ 16 Pengertian Fisika Menurut Para Ahli Lengkap

Baca Juga :  √ 29 Pengertian Nasionalisme Menurut Para Ahli