√ 12 Pengertian Aplikasi Menurut Para Ahli Terlengkap

Diposting pada

√ 12 Pengertian Aplikasi Menurut Para Ahli Terlengkap –  Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Aplikasi.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Aplikasi? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

 

√ 12 Pengertian Aplikasi Menurut Para Ahli Terlengkap
√ 12 Pengertian Aplikasi Menurut Para Ahli Terlengkap

 

Pengertian Aplikasi Menurut Para Ahli

 

1. Harip Santoso

Aplikasi merupakan sebuah kelompok file (form, class, report) yang bertujuan untuk melakukan kegiatan tertentu yang saling terhubung, contohnya seperti aplikasi payroll, aplikasi fixed asset, dsb.

 

2. Ibisa

Aplikasi merupakan alat bantu untuk mempermudah dan juga mempercepat proses pekerjaan serta bukan merupakan beban bagi pemakainya.

 

3. Ali Zaki dan Smitdey Comunity

Aplikasi ialah komponen yang bermanfaat sebagai media untuk menjalankan pengolahan data maupun berbagai kegiatan lainnya, contohnya seperti pembuatan atau pengolahan dokumen serta file.

 

4. Sri Widianti

Aplikasi yaitu suatu software atau perangkat lunak yag bertugas sebagai font end pada suatu sistem yang dipakai untuk mengolah berbagai macam data sehingga menjadi sebuah informasi yang bermanfaat untuk pemakainya serta juga sistem yang berhubungan.

 

5. Hengky W. Pramana

Aplikasi ialah sebuah unit perangkat lunak yang dibuat untuk dapat melayani suatu keperluan akan beberapa kegiatan, contohnya seperti pada sistem perniagaan, game palayanan masyarakat, periklanan atau bisa juga semua proses yang hampir dapat dilakukan manusia.

 

6. Yuhefizar

Aplikasi ialah program yang sengaja dibuat dan dikembangkan sebagai pemenuh kebutuhan penggunanya daalam menjalankan suatu pekerjaan tertentu.

 

7. Jogianto

Aplikasi yakni penggunaan dalam komputer, intruksi atau pernyataan, yang disusun sedemikian rupa sehingga komputer dapat memproses input dan menjadi output.

 

8. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Aplikasi yaitu penerapan dari rancang sistem untuk mengolah data yang menggunakan aturan atau ketentuan bahasa pemograman tertentu.

 

9. Hendrayudi

Aplikasi ialah suatu kumpulah perintah program yang sibuat untuk melakukan pekerjaan pekerjaa tertentu.

 

10. Rachmad Hakim S

Aplikasi yakni sebuah perangkat lunak yang digunakan untuk tujuan tertentu, seperti mengolah dokumen, mengatur Windows dan permainan dsb.

 

11. Eko. I & Djokopran

Aplikasi ialah salah satu proses atau prosedur aliran data dalam suatu infrastruktur teknologi informasi yang dapat dimanfaatkan oleh para pengambil keputusan yang sesuai dengan jenjang dan juga kebutuhan.

 

12. Wikipedia

Aplikasi adalah salah satu subkelas perangkat lunak pada komputer yang dapat memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk dapat melakukan suatu tugas yang diinginkan oleh para pengguna.

 

 

Contoh Aplikasi

 

  • Microsoft Word yaitu aplikasi untuk membuat, mengedit, membaca, dan mengolah dokumen.
  • Microsoft Excel yaitu aplikasi untuk membantu mengolah angka dan membuat tabel perhitungan.
  • Microsoft Powerpoint yaitu salah satu aplikasi yang untuk dapat membuat dan menampilkan data yang sifatnya presentatif.
  • Adobe Photoshop dan Corel Draw yaitu aplikasi yang digunakan untuk mengolah file gambar.
  • Winamp, GOM Player dan Windows Media Player yaitu aplikasi yang digunakan untuk memutar lagu atau video dengan berbagai format.
  • Adobe Reader yaitu aplikasi yang berfungsi untuk membaca dokumen dengan ekstensi .doc, .docx, dan .pdf.
  • Google Chrome, Mozilla Firefox dan Opera yaitu aplikasi web browser yang berfungsi untuk membantu pengguna komputer menjelajahi internet.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ 12 Pengertian Aplikasi Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :

Baca Juga :  √ Hukum Administrasi Negara : Pengertian, Fungsi, Ruang Lingkup, Sumber Hukum dan Contoh Terlengkap

Baca Juga :  √ Aplikasi : Pengertian, Klasifikasi, Jenis, Fungsi dan Ciri Terlengkap

Baca Juga :  √ Legitimasi : Pengertian, Jenis, Objek, Unsur dan Cara Mendapatkannya Terlengkap

Baca Juga :  √ Hukum Tata Negara : Pengertian, Tujuan, Ruang Lingkup, Sumber & Contohnya Lengkap