√ Aplikasi : Pengertian, Klasifikasi, Jenis, Fungsi dan Ciri Terlengkap

Diposting pada
√ Aplikasi : Pengertian, Klasifikasi, Jenis, Fungsi dan Ciri Terlengkap
5 (100%) 15 votes

√ Aplikasi : Pengertian, Klasifikasi, Jenis, Fungsi dan Ciri Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Aplikasi.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Aplikasi? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

 

√ Aplikasi : Pengertian, Klasifikasi, Jenis, Fungsi dan Ciri Terlengkap
√ Aplikasi : Pengertian, Klasifikasi, Jenis, Fungsi dan Ciri Terlengkap

 

Pengertian Aplikasi

 

Aplikasi merupakan suatu perangkat lunak (software) atau program komputer yang beroperasi pada sistem tertentu yang diciptakan dan dikembangkan untuk melakukan perintah tertentu.

Istilah aplikasi sendiri diambil dari bahasa Inggris “application” yang dapat diartikan sebagai penerapan atau penggunaan. Secara harfiah, aplikasi merupakan suatu penerapan perangkat lunak atau software yang dikembangkan untuk tujuan melakukan tugas-tugas tertentu.

Dalam pengembangannya, aplikasi dapat dikategorikan dalam tiga kelompok, diantaranya sebagai berikut :

  • Aplikasi Desktop yaitu aplikasi yang hanya dijalankan di perangkat PC komputer atau laptop.
  • Aplikasi Web yaitu aplikasi yang dijalankan menggunakan komputer dan koneksi internet.
  • Aplikasi Mobile yaitu aplikasi yang dijalankan di perangkat mobile di mana untuk kategori ini penggunaannya sudah banyak sekali.

Umumnya suatu aplikasi dapat berjalan di berbagai perangkat yang dioperasikan oleh operating system (OS) yang ada di perangkat tersebut.

Adapun beberapa kriteria yang menandakan suatu aplikasi berkualitas dan bermanfaat bagi penggunanya yaitu sebagai berikut :

  • Aplikasi dapat memenuhi kebutuhan user.
  • Aplikasi dapat berjalan di multi-platform.
  • Aplikasi dapat merespon instruksi dengan cepat serta membutuhkan resource (processor, memory, storage) yang rendah.

 

 

Ciri – Ciri Kualitas Aplikasi

 

  • Aplikasi bisa memenuhi kebutuhan user.
  • Merespon sebuah intruksi seacara cepat.
  • Bisa berjalan di beragam platform.
  • Bisa membutuhkan resource (prosesor dan media penyimpanan) yang rendah.

 

 

Fungsi Aplikasi

 

1. Pendidikan

Aplikasi bisa dipakai sebagai bahan pengajaran. Misalkan saja, membuat penyajian materi dilengkapi animasi-animasi supaya lebih menarik dengan memakai Microsoft Powerpoint.

Dengan demikian, suasana pengajaran akan memberikan kenyamanan serta mencapai hasil yang lebih maksimal.

 

2. Kedokteran

Tidak ada yang menyangka bahwa ada aplikasi yang dikembangkan khusus hanya untuk bidang kedokteran. Misakan saja, adanya aplikasi untuk mendiagnosa penyakit, menawarkan perawatan rutin, bahkan sampai meracik obat.

 

3. Bisnis

Didalam sebuah bisnis, perlu menghitung besarnya keuntungan yang didapat. Apabila keuntungan dihitung secara manual maka akan memerlukan waktu yang lama. Oleh sebab itu diperlukannya aplikasi untuk menghitung besar keuntungan tersebut.

 

4. Ilmu Pengetahuan

Dengan adanya aplikasi ini akan mempermudah kmu untuk mendapat informasi yang berkenaan dengan pengetahuan. Selain dari pada itu, aplikasi ini juga bisa dipakai.

Apabila kamu ingin meneliti bagian dari ilmu pengetahuan tersebut. Hal ini bisa membantu kamu untuk memperluas wawasan kamu.

 

5. Militer

Pada zaman moderen ini, banyak aplikasi yang dikembangkan khusus dalam bidang pertahanan. Misalkan saja untuk melakukan pengendalian pesawat tidak lagi dilakukan secara manual namun memakai aplikasi. Dengan begini hasil yang dapat akan menjadi lebih maksimal.

 

 

Klasifikasi Aplikasi

 

  • System Software yaitu aplikasi yang dapat menglola dan mengendalikan proses operasi internal di dalam sistem komputer.
  • Real Time Software yaitu aplikasi yang memiliki fungsi untuk mengamati, menganalisa, serta mengendalikan suatu kejadian di dunia nyata saat sedang berlangsung.
  • Business Software yaitu aplikasi yang diciptakan dan dikembangkan untuk keperluan bisnis, misalnya untuk mengatur sistem keuangan.
  • Engineering and Scientific Software yaitu aplikasi yang diciptakan dan dikembangkan untuk membantu manusia menyelesaikan suatu masalah yang sifatnya non algoritmik.
  • Web Based Software yaitu aplikasi yang memiliki fungsi sebagai media penghubung antara pengguna dengan internet secara langsung.
  • Personal Computer Software yaitu aplikasi yang digunakan untuk perangkat pengguna resmi dan juga pribadi yang sudah banyak digunakan saat ini.

 

 

Jenis – Jenis Aplikasi

 

  1. Aplikasi Desktop
  2. Aplikasi DBSM
  3. Animasi
  4. Aplikasi Multimedia
  5. Aplikasi Communication
  6. Aplikasi Grafis

Software aplikasi grafis dibedakan menjadi tiga bagian, yaitu :

  • Aplikasi grafis berbasis vector
  • Aplikasi grafis dengan berbasis pixel/BITMAP
  • Aplikasi grafis dengan berbasis tata letak
  • Aplikasi web browser

 

 

Sejarah Aplikasi

 

Sebelum aplikasi jauh berkembang pesat seperti ini, ada salah satu andalan seluruh software yakni bernama Aljabar Boolean.

Boolean memakai kode binary digit (bit) yang terdiri atas 2 angka yakni “on artinya benar serta off artinya salah”. Pemakaian kode binary ini menjadikan masyarakat waktu itu membuat sejumlah kelompok bit yang terdiri atas 4 bit (nible), 8 bit (byte) lalu 2 byte (word) serta 32 bit (doble word).

Sejumlah kelompok tadi yang membantu software computer pada beragam kegiatan misalnya seperti sejumlah kode sebagai struktur instruksi.

Yakni meliputi operasi logika, penyimpanan, lalu transfer dan hingga membnetuk kode baru yang disebut dengan “Assembler”. Nah, kode inilah sebagai cikal bakal guna membuat beragam macam aplikasi yang bisa mempermudah aktivitas manusia.

Didalam sejarah perkembangan aplikasi, ada evolusi perangkat lunak, yaitu :

  • Era Pioner

Era ini perangkat lunak adalah satu kesatuan perangkat menggunakan perangkat kerasnya.

  • Era Stabil

Pada era stabil ini aplikasi computer telah mengalami kemajuan yang lumayan pesat.

  • Era Mikro

Pada era ini, perangkat lunak dibagi menjadi aplikasi sitem yakni (Windows, Linux, Machintosh, dll), lalu Software aplikasi (diantaranya Ms.Office, OpenOffice dll) serta bahasa pemrograman (language) atau (language software) yakni Assembler, Delphi, Visualbasic dll.

  • Era Modern

Disini tidak hanya sebuah supercomputer menggunakan 25 processor, perangkat lunak pun bisa dijumpai diberagam tempat. Kini PC bisa disinkronkan menggunakan computer genggam. Sejumlah aplikasi menggunakan perangkat lainnya seperti Symbian, Android serta perangkat lainnya.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Aplikasi : Pengertian, Klasifikasi, Jenis, Fungsi dan Ciri Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :

Baca Juga :  √ PHP (Hypertext Preprocessor) : Pengertian, Jenis, Fungsi dan Sejarah Terlengkap

Baca Juga :  √ Report Text : Pengertian, Ciri - Ciri, Struktur, Tujuan dan Unsur Kebahasaan Terlengkap

Baca Juga :  √ Perubahan Sosial : Pengertian, Teori, Bentuk, Ciri, Dampak, Faktor & Contohnya lengkap

Baca Juga :  √ 12 Pengertian Aplikasi Menurut Para Ahli Terlengkap