Pengertian Bahasa Menurut Para Ahli

Diposting pada

SeputarIlmu.ComHallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Bahasa.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Bahasa? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

√ 34 Pengertian Bahasa Menurut Para Ahli Terlengkap


Sejarah Bahasa

1. Teori Keberlanjutan

Teori ini didasari oleh suatu gagasan yang mengatakan bahwa bahasa ialah sebuah komunikasi yang rumit sehingga tidak dapat timbul begitu saja dari ketiadaan yang dapat menghasilkan salah satu sarana komunikasi seperti saat ini.

Dalam teori ini disebutkan bahwa bahasa telah mengalami perkembangan mulai dari sistem pra-linguistik hingga bahasa yang digunakan saat ini.


2. Teori Ketakberlanjutan

Teori ini didasari oleh sebuah gagasan yang berseberangan dengan teori berkelanjutan, dimana yang sudah disebutkan bahwa bahasa yaitu suatu sifat unik yang tidak dapat dibandingkan dengan segala apapun yang bisa ditemukan pada spesies lainnya.

Dengan kata lain, teori ini menganggap bahwa bahasa muncul secara tiba-tiba dan berkembang sesuai peradaban manusia.


3. Teori Nativistik

Menurut teori Nativistik, bahasa lahir secara alamiah dan ilmiah serta sudah ter-sandi secara genetis. Dalam teori ini juga disebutkan bahwa manusia yang memiliki insting istimewa untuk dapat mengeluarkan ekspresi ujaran terhadap setiap kesan yang didapatkan sebagai suatu stimulus dari luar.


4. Teori Echoic

Teori ini menyebutkan bahwa kata-kata yang muncul pertama kali adalah hasil tiruan dari suara alam. Misalnya suara hujan, sungai, ombak, guntur, dan lain sebagainya.


5. Teori Gesture

Pada teori ini disebutkan bahwa sebuah isyarat merupakan bahasa yang mendahului ujaran. Menurut teori ini penggunaan sistem isyarat dapat dilakukan oleh manusia primitif di jaman prasejarah dan juga oleh hewan-hewan.


Pengertian Bahasa Menurut Para Ahli

1. Bloch & Trager

Bahasa merupakan salah satu sistem simbol yang bersifat manasuka dan dengan sistem itu suatu kelompok sosial bekerja sama.


2. Ferdinand De Saussure

Bahasa yaitu salah satu ciri yang menjadi pembeda dan paling menonjol karena dengan bahasa setiap kelompok sosial merasa dirinya sebagai kesatuan yang berbeda dari kelompok lainnya.


3. Carrol

Bahasa merupakan sistem yang berstruktural mengenai bunyi dan urutan bunyi bahasa yang sifatnya manasuka, yang dapat digunakan dalam berinteraksi atau berkomunikasi antar individu oleh sekelompok manusia dan yang secara agak tuntas memberi nama kepada benda-benda, peristiwa, dan proses dalam lingkungan hidup manusia.


4. Plato

Bahasa yakni sebuah pernyataan dari hasil pikiran seseorang dengan perantaraan onomata (nama benda atau sesuatu) dan juga rhemata (ucapan) yang merupakan salah satu cermin dari ide individu dalam arus udara melalui mulut.


5. Harimurti Kridalaksana

Bahasa merupakan sebuah media bunyi yang digunakan untuk berkomunikasi atau berinteraksi oleh setiap masyarakat.


6. Depdiknas 2005

Bahasa ialah sebuah ucapan yang berasal dari perasaan serta pikiran manusia yang disampaikan secara teratur dengan memakai bunyi sebagai mediumnya.


7. Owen

Bahasa ialah sebuah sistem konvensional untuk dapat menyampaikan konsep dengan melalui manfaat dari berbagai simbol yang bisa diinginkan serta untuk mengkombinasikan dengan segala simbol yang diatur dan juga mempunyai suatu ketentuan.


8. Fodor

Bahasa merupakan salah satu sistem tanda serta simbol yang saling berhubungan dengan juga memiliki sifat yang konvensional dimana mempunyai suatu sifat ataupun ciri-ciri tertentu yang dipunyai pada situasi atau benda yang dimaksud tersebut.


9. Kamus Linguistic

Bahasa yakni sistem lambang bunyi yang arbitrer yang dipakai oleh masyarakat dalam berinteraksi, mengidentifikasi diri, serta bekerjasama.


10. Felicia

Bahasa merupakan alat yang dipakai untuk berkomunikasi dan dapat berupa tulis ataupun tulisan.


11. Bolinger

Bahasa yaitu sebuah sistem fonem yang juga terbentuk karena perbedaan bunyi, sintaksis, serta sistem morfem untuk dapat mengungkapkan sebuah makna yang ada hubungannya dengan dunia luar, dunia luar yang dimaksud pada kenyataan.


12. Saussure

Bahasa merupakan salah satu objek pada semiologi.


13. Tarigan

Bahasa merupakan salah satu sistem yang tersusun secara sistematis yang kemungkinan dapat dipakai pada sistem generatif serta menjadi lambang atau juga simbol yang arbitrer.


14. MC. Carthy

Bahasa adalah praktik yang sangat tepat untuk dapat mengembangkan kemampuan dalam berpikir.


15. William A. Haviland

Bahasa ialah suatu sistem bunyi yang ketika digabungkan menurut berbagai aturan akan dapat menimbulkan arti yang dapat ditangkap oleh semua orang yang sedang berbicara dengan menggunakan bahasa tertentu saja.


16. Mackey

Bahasa merupakan salah satu bentuk serta keadaan ataupun sistem lambang bunyi yang arbitrer atau berasal dari tatanan yang terdapat didalamnya berbagai sistem.


17. Wibowo

Bahasa adalah suatu sistem persimbolan bunyi yang mempunyai berbagai makna dan artikulasi yang dihasilkan alat ucap secara arbitrer serta konvensional yang digunakan untuk alat berkomunikasi kepada sekelompok umat manusia supayat melahirkan perasaan dan juga pikiran.


18. Santoso

Bahasa adalah berbagai rangkaian bunyi yang dikeluarkan melalui pengucapan manusia dalam saat kondisi sadar.


19. Syamsuddin

Bahasa yakni salah satu alat yang digunakan dalam membentuk perbuatan, pikiran, perasaan, serta keinginan dimana menggunakan alat untuk mempengaruhi dan dipengaruhi.


20. Walija

Bahasa adalah sebuah alat untuk bisa berkomunikasi yang sangat lengkap serta efektif guna untuk dapat menyampaikan pesan, perasaan, maksud, ide, dan pendapat untuk orang lain.


21. Soejono

Bahasa ialah suatu sarana untuk menghubungkan rohani yang penting dalam kehidupan secara bersama.


22. Pengabean

Bahasa yaitu sebuah sistem yang dipakai untuk melaporkan serta menyampaikan segala yang berproses pada sistem saraf.


23. Finoechiaro

Bahasa merupakan sistem simbol vokal yang arbitrer serta dapat memungkinkan semua orang untuk berada dalam suatu kebudayaan tertentu ataupun orang lain yang akan mempelajari sistem kebudayaan tersebut yaitu dengan cara berkomunikasi ataupun berinteraksi.


24. Harun Rasyid, Mansyur dan Suratno

Bahasa ialah berbagai struktur serta makna yang terbebas dari penggunanya sebagai sebuah tanda guna menyimpulkan maksud dan tujuannya.


25. Gorys Keraf

Bahasa adalah suatu alat untuk berkomunikasi satu sama lain dan berupa simbol bunyi yang berasalkan dari alat ucap yang dimiliki manusia.


26. Sudaryono

Bahasa merupakan sarana untuk dapat berkomunikasi secara efektif meskipun masih tidak sempurna sehingga ketidaksempurnaan bahasa tersebut pun dapat menjadi suatu sarana komunikasi yang akan menjadi sumber dari kesalahpahaman.


27. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Bahasa merupakan salah satu sistem bunyi yang arbitrer, yang dapat digunakan oleh suatu masyarakat untuk dapat berkomunikasi, berinteraksi, bekerjasama, dan mengidentifikasi diri.


28. Wittgenstein

Bahasa ialah sebuah bentuk dari pemikiran yang dapat untuk bisa dipahami serta mempunyai suatu hubungan dengan kenyataan, memiliki struktur, serta juga bentuk yang logis.


29. D.P. Tambulan

Bahasa ialah suatu cara guna memahami pikiran dan perasaan manusia serta untuk menyatakan isi dari pikiran dan perasaan tersebut.


30. Hasan Alwi

Bahasa merupakan suatu sistem lambang bunyi yang arbitrer dimana dapat untuk dimanfaatkan semua orang dalam berinteraksi, bekerjasama, serta mengenali diri terhadap percakapan yang baik serta tingkah laku dan sopan santun.


31. Bill Adams

Bahasa merupakan sebuah sistem pengembangan psikologi setiap individu dalam konteks yang intersubjektif.


32. H.G. Brown

Bahasa yakni suatu sistem komunikasi menggunakan bunyi yang diucapkan melalui organ-organ ujaran dan didengar di antara anggota-anggota masyarakat, serta menggunakan pemrosesan simbol-simbol vokal dengan makna konvensional secara arbitrer.


33. I.G.N. Oka dan Suparno

Bahasa yaitu sebuah sistem lambang bunyi oral yang arbitrer yang digunakan oleh sekelompok manusia (masyarakat) sebagai alat komunikasi.


34. Wikipedia

Bahasa salah satu kemampuan yang dimiliki manusia untuk berkomunikasi dengan manusia lainnya menggunakan tanda, misalnya kata dan gerakan.


Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ 34 Pengertian Bahasa Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :