Bahasa Adalah

Diposting pada

SeputarIlmu.Com Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Bahasa.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Bahasa? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

√ Bahasa : Pengertian, Fungsi, Jenis, Struktur dan Ciri Terlengkap


Pengertian Bahasa

Bahasa merupakan salah satu alat komunikasi yang digunakan manusia, bahasa juga penghubung yang penting antar hubungan sesama manusia.

Oleh karena itu, bahasa bisa dikatakan sebagai hal wajib dan sangat penting sebagai syarat untuk berkomunikasi antar sesama.

Bahasa ini secara harfiah yaitu sarana yang digunakan oleh setiap makhluk hidup (khususnya manusia) untuk berkomunikasi dan berinteraksi sosial dengan makhluk hidup lainnya.


Fungsi Bahasa

  • Untuk tujuan praktis, yaitu mengadakan hubungan dalam pergaulan sehari-hari.
  • Untuk tujuan artistik, yaitu manusia mengolah dan menggunakan bahasa dengan seindah-indahnya guna pemuasan rasa estetis manusia.
  • Alat untuk menyalurkan arti kepercayaan, norma dan nilai-nilai yang ada di masyarakat.
  • Sebagai alat untuk berpikir.
  • Sebagai alat kontrol sosial.
  • Untuk tujuan pembelajaran, sebagai sebuah media dalam mempelajari berbagai ilmu pengetahuan, baik itu yang masih berada pada suatu ruang lingkup bahasa itu sendiri, ataupun diluar ruang lingkup bahasa, seperti pada pengetahuan sejarah dan ilmu pengetahuan yang lainnya.
  • Sebagai sarana memahami diri dan orang lain.
  • Sebagai sarana berekspresi.
  • Membangun karakter dan kecerdasan.
  • Untuk tujuan filologis, fungsi bahasa untuk mempelajari berbagai naskah tua untuk menyelidiki latar belakang dari sejarah manusia, perkembangan bahasa itu sendiri, dan lain sebagainya.
  • Sebagai pedoman untuk melihat adanya kenyataan di suatu masyarakat.

Manfaat Bahasa

1. Bahasa Resmi Suatu Negara

Ada negara yang di dalamnya terdapat banyak bahasa daerah, contohnya Indonesia yang terdiri dari berbagai suku bangsa.

Oleh karena itu, dibutuhkan bahasa resmi untuk dapat mempersatukan seluruh warga negara Indonesia dari berbagai suku. Dalam hal ini, bahasa resmi kita ialah Bahasa Indonesia.


2. Pengantar dalam Dunia Pendidikan

Dalam penyampaian materi di dunia pendidikan harus menggunakan bahasa resmi yang dimengerti oleh warga negara yang bersangkutan.

Itulah sebabnya kegiatan belajar-mengajar di negara kita menggunakan bahasa Indonesia dan menjadi salah satu bidang studi yang harus dipelajari oleh para siswa.


3. Alat Pengembang Kebudayaan dan Ilmu Pengetahuan

Dalam berbagai upaya pengembangan kebudayaan yang ada di Indoensia, tentu sangat berkaitan dengan penggunaan bahasa Indonesia.

Meskipun pada setiap suku dan daerah di Indonesia ini juga memiliki bahasa sendiri, namun dalam proses pengembangan kebudayaan dan sebuah ilmu pengetahuan di negara kita juga harus memakai bahasa resmi, yaitu Bahasa Indonesia.


4. Sebagai Alat Berkomunikasi

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahasa merupakan kumpulan kata-kata yang memiliki makna. Setiap kata tertentu memiliki makna dan hubungan abstrak dengan suatu konsep atau objek yang diwakilinya.

Melalui bahasa, setiap individu dapat melakukan komunikasi dua arah yang dimengerti oleh masing-masing individu.


5. Sebagai Alat Pemersatu Suatu Bangsa

Bahasa juga dapat berfungsi sebagai salah satu alat pemersatu bangsa karena penggunaannya sebagai alat untuk dapat berkomunikasi. Setiap warga suatu bangsa dapat menyampaikan pemikirannya dengan menggunakan bahasa yang dimengerti.

Komunikasi masyarakat dengan menggunakan bahasa yang sama dan dimengerti satu sama lain akan mempersatu suatu bangsa menjadi lebih kuat.


6. Sebagai Identitas Suatu Suku atau Bangsa

Bahasa juga dapat berfungsi sebagai identitas suatu suku atau bangsa karena keunikannya. Setiap suku/ bangsa tentunya memiliki bahasa yang berbeda-beda, hal ini menjadi identitas dan keunikan tersendiri bagi suatu suku atau bangsa.


Ciri-Ciri Bahasa

1. Bahasa Sebagai Sistem

Maksudnya bahwa terdiri dari komponen – komponen teratur dan berdasarkan oleh pola tertentu. Bersistematis yaitu tersusun oleh polanya.

Contoh :

  • Saya : Sistematis dan bermakna
  • Yasa : Tidak sistematis dan tidak bermakna atau tidak memiliki arti
  • Aasy : Tidak sistematis dan tidak bermakna atau tidak memiliki arti

2. Bahasa Sebagai Lambang

Lambang – lambang bahasa diwujudkan dalam bentuk bunyi, yang berupa satuan – satuan bahasa seperti kata maupun gabungan kata.

Contoh :

  • Bendera merah putih
  • Merah : Berani
  • Putih : Suci

3. Bahasa adalah Bunyi

Yang dimaksud dengan bunyi pada bahasa atau termasuk lambang bahasa yaitu ialah bunyi yang bukan dihasilkan dari alat ucap manusia tidak termasuk bunyi bahasa.

Contoh :

  • Suara atau Bunyi teriakan, bersin, batuk, dan lain sebagainya.

4. Bahasa Mempunyai Makna

Seperti yang dijelaskma sebelumnya bahwa bahasa itu adalah system lambang , maka karena itu lambang – lambang itu mengacu pada suatu konsep , ide, atau pikiran, maka bisa dikatakan bahwa bahasa itu memiliki makna.

Contoh :

  • Kuda : Berkaki empat binatang peliharaan yang menjadi alat transportasi.

5. Bahasa Bersifat Arbitrer

Arbitrer yaitu sembarang, sewenang-wenang, maka suka, berubah-ubah. Maksudnya ialah tidak ada hubungan wajib antara lambang bahasa dengan konsep maupun pengertian yang dimaksud lambang tersebut misalnya kita tidak dapat menjelaskan hubungan antara lambang bunyi (air) dengan benda yang dilambangkan yaitu benda cair yang digunakan.

Contoh :

  • Kuda yang disebut oleh orang.

Struktur Bahasa

1. Wacana

Wacana merupakan satu kesatuan mana yang tersistem antar bagian di dalam satu Bahasa. Wacana juga dapat diartikan sebagai suatu komunikasi kebahasaan yang pada umumnya dapat terlihat sebagai suatu pertukaran dalam interaksi dimana bentuknya dapat ditentukan oleh tujuan sosial.

Berdasarkan dua penjelasan diatas maka wacana dapat diartikan dengan suatu rangkaian pernyataan yang dapat dinyatakan secara lisan atau tulisan dalam konteks tertentu yang memiliki memiliki makna dalam kesatuan bahasa.


2. Paragraf

Paragraf merupakan kumpulan dari beberapa kalimat yang tersusun dalam satu kesatuan. Paragraf juga sering disebut dengan alinea, keduanya memiliki arti yang sama.

Karena pragraf tersusun atas beberapa kalimat maka dalam paragraf terdapat pikiran yang lebih tinggi dan lebih luas dibandingkan kalimat.

Susunan kalimat dalam satu paragraf saling terkait antara kalimat yang satu dengan kalimat yang lainnya. Setiap paragraf memiliki ide pokoknya sendir. Panjangnya paragraf juga tergantung pada sebuah ide pokok yang akan disampaikan dalam paragraf tersebut.


3. Kalimat

Kalimat tersusun dari beberapa kata dengan pola tertentu. Pada kalimat umumnya minimal mempunyai subjek dan predikat, memiliki intonasi dan makna.

Kalimat merupakan suatu satuan bahasa yang secara relative dapat berdiri sendiri dengan pola final dan terdiri atas klausa yang dingunakan untuk bisa menyususun dan menuangkan gagasan dalam sebuah pemikiran agar dapat dikomunikasikan dengan orang lain.


4. Kata

Kata merupakan kumpulan huruf yang tersusun menjadi satu kesatuan yang mengandung makna didalamnya. Kata juga dapat dijelaskan juga sebagai salah satu unsur dari kebahasaan berupa sebuah perasaan dan pemikiran yang dapat diwuijudkan dan dapat dipakai dalam bahasa.


5. Fonem

Fonem mrupakan unsur dari bahasa yang paling kecil dan fungsional namun dapat membedakan makna dari kata yang disampaikan.

Umumnya fonem memiliki pelafalan yang berbeda dalam beberapa pengucapannya bergantung dimana tempatnya dalam satu kata. Misalnya memiliki beberapa lafal terngantung dimana tempatnya.


6. Morfem

Morfem merupakan unsur terkecil dalam bahasa dimana bentuknya tidak mengandung bagian-bagian yang mirip dengan bentuk lain, baik itu dilihat dari bunyinya maupun maknanya.


Jenis-Jenis Bahasa

1. Bahasa Lisan

Bahasa lisan yaitu merupakan suatu komunikasi antar manusia untuk mengutarakan maksudnya melalui kata kata yang terucap dari lisan atau mulut.


2. Bahasa Tulisan

Bahasa tulisan yaitu adalah suatu bentuk komunikasi yang terbentuk dari berbagai kosa kata yang disusun sehingga terbentuk suatu kalimat yang memiliki arti dan bisa dipahami yang kemudian dituangkan kedalam bentuk tulisan.


3. Bahasa Isyarat

Bahasa Isyarat, yaitu adalah suatu bentuk komunikasi yang menggunakan anggota tubuh seperti tangan dan gerak bibir.

Bahasa isyarat ini biasa digunakan oleh kaum tunarungu mereka mengkombinasikan antara gerakan tangan, gerak bibir, dan ekspresi wajah agar lawan bicaranya bisa memahami yang mereka maksud.


4. Bahasa Batin

Bahasa batin adalah suatu interaksi mental secara langsung menggunakan isi hati kita, bahasa batin tidak memerlukan sarana kata kata seperti jenis bahasa yang lainnya. Istilah yang lebih mirip dengan komunikasi bahasa batin yaitu telepati.


5. Bahasa Pemrograman

Tidak ada soal manusia, bahasa juga digunakan oleh berbagai tegnologi salah satunya komputer, yaitu bahasa pemrograman digunakan untuk memerintah komputer dengan menggunakan syntax-syntax yang telah diatur oleh bahasa pemrograman itu sendiri, tujuannya supaya komputer bisa menjalankan apa yang kita perintahkan.


Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai Bahasa : Pengertian, Ciri, Fungsi, Manfaat, Struktur, Jenis & Contohnya Lengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :