√ 35 Pengertian Database Menurut Para Ahli Terlengkap

Diposting pada

√ 35 Pengertian Database Menurut Para Ahli Terlengkap  Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Database.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Database? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

 

√ 35 Pengertian Database Menurut Para Ahli Terlengkap
√ 35 Pengertian Database Menurut Para Ahli Terlengkap

 

Pengertian Database Menurut Para Ahli

 

1. C.J.Date

Database ialah suatu data operasional yang hanya digunakan oleh sistem sebuah aplikasi dari suatu pengorganisasian.

 

2. S.Atre

Database ialah sekumpulan data yang saling berkaitan antara satu dengan yang lain dengan penggunaan yang beraneka ragam.

 

3. Gordon C.Everest

Database yaitu sekumpulan data bersifat mekanis, terdefinisi dan terbagi secara formal pada suatu pengorganisasian.

 

4. Toni Fabbri

Database sebagai suatu sistem file yang dapat terintegrasi dan paling tidak memiliki satu primary key untuk pengulangan data.

 

5. Fabbri dan Schwab

Database merupakan sebuah skema arsip selaras yang disiapkan terutama untuk bisa memaksimalkan klise data.

 

6. Jogiyanto

Database adalah kumpulan informasi dan data yang saling berhubungan satu sama lain, dimana data tersebut tersimpan di simpanan luar komputer dan diperlukan software tertentu untuk memanipulasinya.

 

7. Abdul Kadir

Database atau Basis Data ialah suatu pengorganisasian sekumpulan data yang saling terhubung sehingga memudahkan aktivitas untuk memperoleh informasi.

 

8. Fathansyah

Basis data terdiri atas 2 kata, yaitu Basis dan data. Basis kurang lebih dapat diartikan sebagai markas atau gudang, tempat bersarang atau berkumpul.

Sedangkan Data adalah representasi fakta dunia nyata yang mewakili suatu objek seperti manusia (pegawai, siswa, pembeli, pelanggan), barang, hewan, peristiwa, konsep, keadaan, dan sebagainya yang terekam dalam bentuk angka, huruf, simbol, teks, gambar, bunyi, atau kombinasi lainnya.

 

9. Indrajani

Basis Data ialah

  • Sebuah kumpulan data yang berhubungan secara logis dan merupakan penjelasan dari data tersebut yang dirancang dengan tujuan untuk menemukan data yang dibutuhkan oleh suatu perusahaan atau organisasi.
  • Basis data juga dapat dikatakan sebagai kumpulan data yang selaing terintegrasi karena basis data dirancang untuk dapat digunakan oleh banyak pemakai, memegang data operasional dan juga penjelasan mengenai data tersebut, dan menghindari duplikasi data.
  • Sebuah kumpulan elemen data yang terintegrasi dan berhubungan secara logika. Basis data menggabungkan berbagai catatan yang sebelumnya disimpan dalam file terpisah ke dalam suatu elemen data.

 

10. Bambang Hariyanto

Basis Data yakni Kumpulan data (elementer) yang secara logik berkaitan dalam merepresentasikan fenomena atau fakta secara terstruktur dalam domain tertentu untuk mendukung aplikasi pada sistem tertentu.

 

11. Abdul Kadir & Terra Ch. Triwayuni

Basis Data yaitu suatu pengorganisasian sekumpulan data yang saling terkait sehingga memudahkan aktivitas untuk memperoleh informasi.

 

12. Linda Marlinda

Basis Data ialah suatu susunan atau kumpulan data operasional lengkap dari suatu organisasi atau perusahaan yang diorganisir atau dikelola dan disimpan secara terintegrasi dengan menggunakan metode tertentu menggunakan komputer sehingga mampu menyediakan informasi optimal yang diperlukan pemakainya.

 

13. Edhy Sutanta

Basis data ialah sebagai suatu kumpulan data terhubung (interrelated data) yang disimpan secara bersama-sama pada suatu media, tanpa mengatap satu sama lain atau tidak perlu suatu kerangkapan data (kalaupun ada maka kerngkapan data tersebut harus seminimal mungkin dan terkontrol (controlled redundancy), data disimpan dengan cara-cara tertentu sehingga mudah untuk digunakan atau ditampilkan kembali.

Data dapat digunakan satu atau lebih program-program aplikasi secara optimal, data disimpan tanpa mengalami ketergantungan dengan program yang akan menggunakannya, data disimpan dengan sedemikian rupa sehingga proses penambahan, pengembalian, dan modifikasi data dapat dilakukan dengan mudah dan terkontrol.

 

14. Nugroho Adi

Basis data yakni salah satu bagian dari sistem informasi secara keseluruhan.

 

15. Kusrini

Basis data adalah kumpulan data yang saling berelasi. Data sendiri merupakan fakta mengenai obyek, orang dan lain-lain. Data dinyatakan dengan nilai (angka, deretan karakter, atau symbol).

 

16. Connolly dan Begg

Basis data merupakkan suatu kumpulan data yang terbagi dan terhubung secara logikal dan deskripsi dari data yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan informasi suatu organisasi.

 

17. Chou

Basis data ialah kumpulan informasi yang bermanfaat yang diorganisasikan dalam tatacara yang khusus sehingga dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan suatu organisasi.

 

18. Silberschatz, dkk

Database ialah sebagai kumpulan data berisi informasi yang sesuai untuk sebuah perusahaan.

 

19. Ramakrishnan dan Gehrke

Database ialah sebagai kumpulan data, umumnya mendeskripsikan aktivitas satu organisasi atau lebih yang berhubungan.

 

20. McLeod, dkk

Database yaitu suatu kumpulan seluruh sumber daya berbasis komputer milik organisasi.

 

21. Anhar

Database atau basisdata yakni sekumpulan tabel-tabel yang berisi data dan merupakan kumpulan dari field atau kolom. Struktur file yang menyusun sebuah database adalah Data Record dan Field.

 

22. Raharjo

Database atau basisdata ialah kumpulan data yang terintegrasi dan diatur sedemikian rupa sehingga data tersebut dapat dimanipulasi, diambil, dan dicari secara cepat.

 

23. Kustiyaningsih

Database atau basisdata merupakan Struktur penyimpanan data untuk menambah, mengakses dan memperoses data yang disimpan dalam sebuah database komputer, diperlukan sistem manajemen database seperti MYSQL Server.

 

24. Maimunah

Database atau basisdata yakni kumpulan data dari penempatan tenaga kerja yang saling terkait dan mempengaruhi sesuai dengan tingkat kepentingannya sehingga data tersebut terintegrasi dan independence.

 

25. Kristanto

Basis Data (Database) yakni Kumpulan fiel-file yang mempunyai kaitan antara satu file dengan file lain sehingga membentuk satu bangunan data untuk menginformasikan suatu perusahaan instansi, dalam batasan tertentu.

 

26. Inmon

Database yaitu sekumpulan data yang saling berhubungan dan disimpan (biasanya dengan redudansi yang terkontrol dan terbatas) berdasarkan skema atau struktur tertentu.Sebuah database dapat melayani single atau multiple applications.

 

27. Gottschalk dan Saether

Basisdata ialah sekumpulan data yang terorganisir untuk mendukung banyak aplikasi secara efisien dengan memusatkan data dan mengontrol data redundant.

 

28. Stephensdan Plew

Database yaitu suatu mekanisme yang digunakan untuk menyimpan informasi atau data.

 

29. Ramon A. Mata-Toledo & Pauline K. Cushman

Database merupakan sekumpulan data yang berhubungan secara logika dan memiliki beberapa arti yang saling berpautan.

 

30. Diar Puji Oktavian

Database yaitu sekumpulan data dan prosedur yang memiliki struktur yang sedemikian rupa sehingga mudah dalam menyimpan, mengatur dan menampilkan suatu data.

 

31. Didik Dwi Prasetyo

Database ialah sekumpulan data yang saling berhubungan dan terorganisir sedemikian rupa sehingga memudahkan ketika akan digunakan kembali.

 

32. P. Muda Marbun

Database merupakan sekelompok data yang mempunyai ciri-ciri khusus dan dapat dikelola sedemikian rupa sehingga bisa menghasilkan sebuah format data yang baru.

 

33. David M. Kroenke

Database yaitu fungsi utama untuk aplikasi client – server, aplikasi organisasi, dan aplikasi e-commerce bisnis ke konsumen serta bisnis ke bisnis.

 

34. Whiten dan Beently

Database merupakan sebuah kumpulan file yang saling berkaitan yang terhubung yang dibutuhkan untuk operasi organisasi.

 

35. Wahana Komputer

Database atau basis data ialah sekumpulan daya yang memiliki hubungan secara logika dan diatur dengan susunan tertentu serta disimpan dalam media penyimpanan komputer.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ 35 Pengertian Database Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :

Baca Juga :  √ Narrative Text : Pengertian, Ciri-Ciri, Struktur dan Jenis Terlengkap

Baca Juga :  √ Database : Pengertian, Jenis, Tujuan, Fungsi dan Manfaat Terlengkap

Baca Juga :  √ Hukum Perdata : Pengertian, Sejarah, Sumber, Asas & Jenisnya Serta Contohnya Lengkap

Baca Juga :  √ Router : Pengertian, Jenis, Fungsi dan Cara Kerja Terlengkap