Pengertian Dongeng Menurut Para Ahli

Diposting pada

SeputarIlmu.Com Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Dongeng.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Dongeng? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

√ Pengertian Dongeng Menurut Para Ahli Terlengkap


Pengertian Dongeng Menurut Para Ahli

1. Nurgiantoro

Dongeng ialah sebuah cerita yang tidak benar-benar terjadi dan dalam banyak hal juga sering tidak masuk akal.


2. Agus

Dongeng yakni suatu cerita rakyat yang tidak dianggap benar-benar terjadi oleh yang punya suatu yang cerita dan dongeng tidak terikat oleh waktu maupun tempat.


3. Lezin

Dongeng yaitu salah satu cerita pendek yang menceritakan tentang petualangan khayal dengan situasi dan tokoh-tokoh yang luar biasa dan ghaib.


4. Wikipedia

Dongeng ialah suatu bentuk sastra lama yang bercerita tentang suatu kejadian yang luar biasa dan penuh dengan khayalan (fiksi) yang dianggap oleh masyarakat sebagai suatu hal yang tidak benar-benar terjadi.


5. James Danandjaja

Dongeng yakni termasuk sebuah cerita rakyat lisan yang tidak dianggap benar-benar terjadi oleh sang empunya cerita.


6. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Dongeng yakni cerita yg tidak benar-benar terjadi (terutama tentang kejadian zaman dulu yg aneh, perkataan (berita dsb) yg bukan-bukan atau tidak benar atau uraian yg panjang itu dianggap hanya cerita belaka.


7. Agus Triyanto

Dongeng ialah suatu cerita fantasi sederhana yang tidak benar-benar terjadi yang berfungsi untuk dapat menyampaikan suatu ajaran moral (mendidik) dan juga menghibur.


8. Kamisa

Dongeng yakni suatu cerita yang dapat dituturkan atau dituliskan yang sifatnya hiburan dan biasanya tidak benar-benar terjadi dalam suatu kehidupan.


9. Semi

Dongeng merupakan yang biasanya untuk menceritakan tentang sebuah asal mula suatu tempat atau suatu negeri, atau mengenai suatu atau berbagai peristiwa-peristiwa yang aneh dan menakjubkan tentang kehidupan manusia atau binatang.


10. Depdiknas

Dongeng merupakan salah satu cerita yang memiliki sifatnya asli atau fakta.


11. Woolfson

Dongeng merupakan aktivitas tradisional yang memiliki jitu bagi proses belajar dan dapat melatih aspek emosional dalam kehidupan anak-anak.


12. Badrun

Dongeng ialah suatu cerita prosa hasil seni rakyat yang hidup subur dalam angan-angan masyarakat, impian, dan sebuah kenyataan yang bercampur menjadi satu dalam dunia angan-angan.


13. Handajani

Dongeng yaitu sebuah cerita yang dikemas dengan berbagai perpaduan antara unsur hiburan dengan unsur pendidikan.


14. Poerwadarminto

Dongeng merupakan cerita tentang kejadian zaman dahulu yang memiliki cerita  aneh-aneh atau cerita yang tidak terjadi.


15. Trisna

Dongeng merupakan salah satu cerita yang terdapat pada zaman dahulu.


16. Bascom

Dongeng ialah salah satu jenis prosa rakyat yang tidak benar-benar dianggap terjadi dan tidak terikat dengan waktu atau tempat.


17. Liberatus Tengsoe

Dongeng yaitu sebuah cerita khayal yang kebenarannya sangat sulit dipercaya karena disajikan dengan hal-hal ajaib, aneh dan tidak masuk akal.


18. Charles Perrault

Dongeng ialah suatu cerita pendek mengenai tentang petualangan khayal dengan situasi dan memiliki tokoh-tokoh yang gaib dan luar biasa.


Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Pengertian Dongeng Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel Lainnya