√ 15 Pengertian Drama Menurut Para Ahli Terlengkap

Diposting pada

√ 15 Pengertian Drama Menurut Para Ahli Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Drama.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Drama? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

 

√ 15 Pengertian Drama Menurut Para Ahli Terlengkap
√ 15 Pengertian Drama Menurut Para Ahli Terlengkap

 

Sejarah Drama

 

Drama ini sebagai salah satu bentuk dari pagelaran seni dan pertunjukan, tentunya sudah ada sejak jaman dulu pada jaman nenek moyang kita. Dari jaman dulu sudah banyak orang yang bermain dengan berbagai peran dalam drama.

Bukti tertulis yang dapat dipertanggungjawabkan dalam sebuah hal yang mengungkap bahwa drama ini sudah banyak dipentaskan dan juga populer sejak abad ke-5 sebelum masehi.

Sejarah drama ini didukung dengan adanya penemuan naskah drama kuno dari bangsa Yunani yang ditulis oleh Aeschylus, seorang tokoh yang hidup pada tahun 524 hingga 456 sebelum masehi. Dalam drama yang ditulisnya, terdapat lakon yang digunakan sebagai persembahan untuk dewa dewa.

Sejarah dari kelahiran drama ini juga dikenal di negara Indonesia sebagaimana kelahiran drama di Yunani. Di Indonesia, drama ini juga diawali dengan adanya upacara kegamaan yang diadakan oleh para pemuka agama.

Pada intinya, para pemuka ini juga akan mengucapkan sebuah mantra dan pada semacam doa sembari mempertunjukkan suatu karya seni sastra kepada khalayak ramai.

 

 

Pengertian Drama Menurut Para Ahli

 

1. Wildan

Drama yaitu salah satu komposisi berdasarkan beberapa cabang seni, sehingga drama dibagi menjadi dua, yaitu drama dalam bentuk teks tertulis dan drama dipentaskan.

 

2. Anne Civardi

Drama yakni sebuah kisah yang diceritakan melalui kata-kata dan gerakan.

 

3. Krauss

Drama ialah suatu bentuk gambaran seni yang datang dari nyanyian dan tarian ibadat Yunani kuno, yang di dalamnya dengan jelas terorganisasi dialog dramatis, sebuah konflik dan penyelesaiannya digambarkan di atas panggung.

 

4. Tjahjono

Drama yakni sebagai sebuah tontonan atau pertunjukan inilah yang sering disebut dengan istilah teater. Sebagai sebuah seni dari pertunjukan, drama ini juga memiliki sifat ephemeral, artinya bermula pada suatu malam dan berakhir pada malam yang sama juga.

 

5. Tambojang

Drama yaitu sebuah cerita yang unik. Ia tidak untuk dibaca saja, tetapi untuk dipertunjukkan sebagai tontonan. Sebagai tontonan, drama adalah kesenian ephemeral, artinya bermula pada suatu malam dan berakhir pada malam yang sama.

 

6. Moulton

Drama merupakan kisah hidup yang dilukiskan dalam bentuk gerakan (life presented in action).

 

7. Balthazar Vallhagen

Drama merupakan sebuah kesenian yang dapat melukiskan sifat dan watak manusia dengan berbagai gerakan.

 

8. Ferdinand Brunetierre

Drama juga harus melahirkan sebuah kehendak dengan berbagai action atau gerak.

 

9. Budianta dkk

Drama merupakan genre sastra dimana penampilan fisiknya memperlihatkan secara verbal adanya percakapan atau dialog diantara para tokoh yang ada.

 

10. Tim Matrix Media Literata

Drama yakni bentuk narasi yang menggambarkan kehidupan dan alam manusia melalui perilaku (akting) yang dipentaskan.

 

11. Seni Handayani

Drama ialah bentuk komposisi berdasarkan dua cabang seni, seni sastra dan seni pertunjukan sehingga drama dibagi menjadi dua, yaitu drama dalam bentuk teks tertulis dan drama dipentaskan.

 

12. E. R. Reaske

Drama yakni sebuah karya seni sastra atau sebuah komposisi, dengan menggambarkan suatu kehidupan dan aktivitas manusia dengan segala penampilan, berbagai tindakan dan juga dialog antara sekelompok tokoh.

 

13. Sumarjo

Drama yaitu suatu karya sastra yang ditulis dalam bentuk dialog dengan maksud dipertunjukkan oleh aktor.

 

14. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Drama ialah Cerita atau kisah, terutama yang melibatkan konflik atau emosi yang khusus disusun untuk pertunjukan teater.

 

15. Wikipedia

Drama merupakan suatu genre (jenis) karya sastra yang menggambarkan kehidupan manusia dengan gerak. Drama menggambarkan realita suatu kehidupan, watak, serta tingkah laku manusia melalui berbagai peran dan dialog yang dipentaskan.

Adapun pengertian lain yang di ambil dari berbagai sumber yaitu sebagai berikut ini :

  • Drama ialah sebuah cerita konflik dari kehidupan manusia yang berbentuk dialog dan dapat dipentaskan menggunaan aksi serta percakapan yang dihadapkan kepada para audiance.
  • Drama juga dapat berarti suatu situasi, action, kualitas komunikasi dan juga axciting (kehebatan).

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ 15 Pengertian Drama Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :

Baca Juga :  √ Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) : Pengertian, Ciri, Rumus & Contoh Soalnya Lengkap

Baca Juga :  Menjelaskan Unsur-Unsur Intrinsik Cerpen

Baca Juga :  √ Drama : Pengertian, Tujuan, Jenis, Unsur, Struktur dan Ciri Terlengkap

Baca Juga :  √ BIOS : Pengertian, Jenis, Fungsi, Cara Mengakses dan Keunggulan Terlengkap