Pengertian Partai Politik Menurut Para Ahli

Diposting pada

SeputarIlmu.Com Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Partai Politik. Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Partai Politik? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

√ 8 Pengertian Partai Politik Menurut Para Ahli Terlengkap

Pengertian Partai Politik Menurut Para Ahli

1. UU No. 31 Tahun 2002

Partai Politik yakni salah satu organisasi politik yang dibentuk oleh warga negara Republik Indonesia dengan sebuah cara sukarela atas dasar persamaan kehendak dan cita-cita, untuk dapat memperjuangkan sebuah kepentingan anggota, kepentingan masyarakat, bangsa dan negara melalui sebuah pemilihan umum.

2. Sigmund Neumann

Partai Politik ialah suatu organisasi yang dibentuk oleh para aktivis politik yang berusaha untuk menguasai kekuasan pemerintah serta merebut dukungan rakyat atas dasar persaingan melawan golongan lain yang tidak sepaham dalam pemikiran.

3. Miriam Budiardjo

Partai Politik yaitu sebuah kelompok yang dapat terorganisir dan anggotanya memiliki orientasi, nilai-nilai, dan cita-cita yang sama dengan suatu tujuan memperoleh kekuasaan politik dan juga merebut kedudukan politik (biasanya) dengan cara konstitusional guna melaksanakan berbagai kebijakan-kebijakan mereka.

Baca Juga : Politik Adalah

4. Carl J. Friedrich

Partai Politik yaitu salah satu kelompok manusia yang terorganisir secara stabil dengan tujuan merebut atau mempertahankan hak penguasan pemerintah bagi pemimpin partainya, dan berdasarkan penguasaan tersebut memberikan anggota partainya kemanfaatan yang bersifat ideal maupun materil.

5. R.H. Soltou

Partai Politik merupakan sekelompok warga negara yang sedikit banyaknya terorganisir, yang bertindak sebagai satu kesatuan politik dengan memanfaatkan kekuasan untuk memilih serta bertujuan menguasai pemerintah dan melaksanakan kebijakan umum mereka.

6. Mac Iver

Partai Politik adalah salah satu perkumpulan yang terorganisasi untuk dapat menyokong suatu prinsip atau kebijaksanaan politik yang diusahakan melalui cara-cara yang sesuai dengan konstitusi atau UUD.

Baca Juga : Budaya Politik

7. Wikipedia

Partai Politik merupakan suatu organisasi politik yang menjalani ideologi tertentu atau dapat dibentuk dengan tujuan umum.

8. Secara Umum

Partai Politik adalah beberapa kelompok yang terorganisir dan memiliki anggota-anggota yang mempunyai orientasi, nilai-nilai, dan cita-cita yang sama.

Fungsi Partai Politik Secara Umum

  • Membincangkan dan menyebarluaskan saran serta kebijakan pemrintah.
  • Membantu memikirkan pertimbangan rumusan kebijakan.
  • Memegang sebagian control terhadap pemerintah.
  • Sebagai sarana untuk pendidikan politik.
  • Sebagai pengatur konflik.
  • Sarana untuk mencalonkan individu dalam pemilu.
  • Menanamkan ideologi dan loyalitas kepada setiap bangasa dan negara.

Baca Juga : Partai Politik

Hak Partai Politik

  • Partai politik berhak menyampaikan berbagai aspirasi masyarakat dan menyebarluaskan sarana-sarana serta kebijakan yang diambil oleh pemerintah.
  • Partai politik berhak untuk membantu memberikan berbagai pertimbangan terhadap kebijakan yang akan diambil oleh pemerintah.
  • Partai politik memiliki sebuah hak untuk ikut serta dalam pemilihan umum. Keikutsertaan pada partai politik dalam sebuah pemilihan umum ini sesuai dengan ketetapan Undang-Undang.
  • Partai politik juga berhak untuk dapat memperoleh perlakuan yang adil dari negara.

Kewajiban Partai Politik

  • Partai politik memiliki sebuah kewajiban untuk dapat berpedoman dan memegang teguh Pancasila serta Undang –Undang Dasar 1945 juga mengamalkannya dan juga menerapkannya.
  • Mempertahan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
  • Memelihara persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.
  • Partai politik juga berkewajiban untuk membantu menyukseskan pembanguan nasional.
  • Berkaitan dengan pemilihan umum partai politik memiliki kewajiban untuk ikut serta dalam menyukseskannya dengan cara yang demokrasi dan sesuai asas pemilihan umum.
  • Partai politik juga memiliki kewajiban untuk ikut serta dalam memberikan suara secara langsung, umum, bebas dan bersifat rahasia.

Baca Juga : Sosialisasi Politik

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ 8 Pengertian Partai Politik Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.