Pons Otak

Diposting pada

Pons Otak Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Pons Otak.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Pons Otak? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

√ Pons Otak : Pengertian, Fungsi, Bagian dan Struktur Terlengkap


Pengertian Pons Otak

Pons merupakan salah satu bagian otak, pons itu merupakan bagian dari batang otak yang terletak di atas medula oblongata serta juga di bawah otak tengah. Pons mempunyai panjang kira-kira 2,5 cm.

Dapat dikatakan pons adalah suatu batang yang berisi serabut saraf yang memiliki fungsi untuk menghubungkan dapat otak besar dengan sumsum tulang belakang serta juga menghubungkan bagian otak kecil kiri dengan bagian kanan. Meskipun ukurannya terbilang cukup kecil, tetapi pons memiliki fungsi yang sangat penting.


Fungsi Pons Otak

1. Sebagai Jalur Saraf

Point utama yang akan kita bahas disini adalah jalur saraf, dimana pons otak berfungsi untuk membawa sinyal ke korteks utama. Sinyal yang dapat dikirimkan cenderung berhubungan erat pada fungsi wajah, contohnya gerakan pada mata dan telinga.

Pons otak juga merupakan 4 titik pangkal diantara 12 saraf kranial utama, yakni sebagai berikut :

  • Saraf Trigeminal

Pada pons diperoleh nukleus sensorik dan motori saraf trigeminal. Fungsinya ialah untuk mengelola sensai dan gerakan pada wajah, juga berfungsi dalam sistem mencerna dan melahap.

  • Saraf Abdusen

Fungsi dari saraf abdusen tersebut ialah untuk mengelola aktivitas mata.

  • Saraf Fasial

Berfungsi untuk memperdampak otot-otot wajah, sehingga kita bisa untuk tersenyum, menaikkan alis dan menampakkan beraneka ragam mimik pada wajah.

  • Serabut Vestibulocochlear

Saraf ini berfungsi untuk mengelola pengiriman suara dari telinga ke otak dan menopang untuk melindungi keselarasan serta sinkronisasi tubuh.

  • Pons

Pons juga berfungsi dalam mengelola fungsi tidak sadar seperti pernapasan. Suatu lokasi pada bagian pons, yang dikenal dengan sistem retikular juga mengelola peredaran tidur manusia.


2. Menyampaikan Sinyal Keluar

Fungsi pons otak adalah membawa sinyal dari saraf menuju otak, ada waktu yang diperlukan bagi otak untuk menyampaikan perintah ke saraf.

Ini yang dapat menimbulkan terjadinya pembukaan suatu informasi yang juga bergerak dan berakibat terjadinya pengaturan sinyal untuk bisa diterjemahkan dengan lengkap dan akurat sebelum sinyal dikirimkan.


3. Mengontrol Fungsi Secara Tidak Sadar

Pada pons otak ada salah satu tempat atau daerah yang bernama reticular yang dapat berfungsi dalam sebuah pengaturan siklus tidur dan bangun tidur. Daerah ini dapat disebutkan memiliki sebuah peran dalam pembentukan mimpi seseorang.

Selain itu, fungsi tidak sadar lainnya yang juga ikut dikendalikan oleh sebuah pons otak ialah respirasi, yang mana pada pons otak ada salah satu bagian yang bisa mengatur intensitas pernapasan dan juga dapat mempengaruhi hambatan inspirasi yang bisa berakibat sebuah pengurangan pada frekuensi dan kedalaman napas.


4. Lokasi Pada Otak

Pada manusia dan kebanyakan hewan lainnya, pons terletak di bagian atas dari batang otak. Itu duduk di antara medulla oblongata dan talamus dan dalam banyak hal bertindak sebagai semacam hubungan antara kedua daerah.

Pons dibuat terutama dari apa yang sering dikenal sebagai “materi putih” yang berbeda, baik secara fungsional dan biologis dari “abu-abu” dari serebral otak serta itu pada umumnya cukup kecil, berukuran sekitar satu inci “2,5 cm” di kebanyakan orang dewasa.

Ukuran dan lokasi membuat ide untuk mengendalikan dan mengarahkan banyak sinyal saraf, yang sebagian besar berhubungan dengan wajah dan sistem pernapasan.


Bagian-Bagian Pons Otak

  • Bagian Basilar Pons
  • Pada bagian ini letaknya itu pada suatu bagian ventral, yang memiliki fungsi untuk dapat berhubungan dengan aktivitas motorik tubuh.
  • Bagian Pontine Tegmentum
  • Pada bagian ini letaknya pada bagian dorsal, yang memiliki fungsi untuk berhubungan dengan sistem homeostasis serta jugalintasan refleks.

Struktur Pons Otak

  • Nukleus Sensorik serta Motorik dari nervus trigeminal.
  • Nukleus dari nervus abdusen.
  • Nukleus dari nervus fasial.
  • Nukleus dari nervus vestibulocochlear.

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Pons Otak : Pengertian, Fungsi, Bagian dan Struktur Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :