Repeater Adalah

Diposting pada

SeputarIlmu.Com – Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Repeater.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Repeater? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

√ Repeater : Pengertian, Jenis, Fungsi dan Cara Kerja Terlengkap


Pengertian Repeater

Secara etimologi, repeater ini berasal dari bahasa inggris yakni “repeat” yang berarti pengulangan. Secara terminologi, pengertian repeater adalah pengulang kembalu, atau lebih lengkapnya repeater adalah alat yang berguna untuk mengulang dan meneruskan kembali signal ke daerah sekitar perangkat ini dengan lebih mudah.

Repeater yaitu suatu alat atau sebuah perangkat yang mempunyai beberapa fungsi untuk dapat menyebarkan jangkauan sinyal.

Sinyal Wifi yang belum terjangkau oleh suatu sinyal dari server, yang mana tujuan hal itu ialah untuk dapat menangkap sinyal Wifi.


Fungsi Repeater

  • Untuk mencakup daerah yang lemah sinyal dari server (pemancar)
  • Untuk dapat memudahkan akses sinyal Widi yang dari server.
  • Untuk dapat meluaskan jangkauan sinyal dari server atau juga pemancar.

Jenis-Jenis Repeater

1. Telephone Repeater

Arti telephone repeater yaitu salah satu jenis repeater yang difungsikan pada suatu saluran telepon dengan sinyal yang akan terdegradasi dengan alasannya pada jarak tempuh yang jauh sehingga sinyal yang diterima oleh para pengguna telepon yang sanggup lebih jelas.


2. Optical Communications Repeater

Pengertian Repeater ini yaitu jenis repeater yang berfungsi memperkuat jangkauan sinyal di dalam kabel serat optik (fiber optic cable).

Pada jenis repeater ini, dalam serat kabel optik terdapat gosip digital secaara fisik berwujud sebagai light pulses (pulsa cahaya) yang terbentuk dari foton yang sanggup tersebar secara acak dalam kabel serat optik.


3. Radio Repeater

Radio repeater ini berarti jenis repeater yang berfungsi untuk dapat memperkuat sinyal radio. Umumnya, pada jenis repeater ini mempunyai satu antena yang dapat berfungsi sekaligus sebagai receiver dan juga transmitter.

Repeater dengan tipe ini akan mengubah frekuensi sinyal yang sanggup mendapatkan sebelum dipancarkan kembali. Sinyal demikian dipancarkan sinyal repeater ini akan bisa menembus objek penghalang.


Cara Kerja Repeater

Untuk hal ini fungsi repeater yaitu untuk menyebarluaskan jangkuan jaringan Wifi, hal ini dapat dijalankan dengan cara menerima sinyal data dan kemudian dipancarkan lagi.

Sebelum dapat dipancarkan kembali, sinyal itu sudah dapat masuk ke repeater yang juga dapat dikuatkan terlebih dahulu dengan kedua komponen dasarnya yang bisa bertugas untuk dapat menerima suatu data sinyal dari transmitter dan yang kedua memancarkan kembali suatu data sinyal itu.

Sesudah menerima beberapa data sinyal dari transmitter, repeater ini akan menjalankan suatu perubahan frekuensi yang menjadikan dan bisa mengeluarkan manfaat untuk suatu sinyal data yang dipancarkan dapat menjadi jauh lebih kuat. Untuk itu sinyal ini juga akan menjadi sangat lebih kuat dan mempunyai sebuah cakupan yang lebih luas.

Proses seperti itu, repeater juga mempunyai dua sistem yang sering dipakai, sistem repeater dalam jaringan dinamakan dengan analog repeater dan digital repeater.

Makna dari analog repeater yaitu salah satu sistem repeater yang dapat mengirimkan sinyal data berupa data analog. Analog repeater ini dapat mengkonsumsi daya listrik sesuai dengan amplitudo atau juga besaran yang dikirimkan.

Sedangkan untuk digital repeater dapat mengirimkan sinyal data berupa suatu bentuk digital. Data seperti itu dikirimkan berupa binary dengan diwakili oleh angka 1 dan 0  serta ada suatu proses tambahan.


Manfaat Repeater

  • Koneksi tidak terputus-putus saat kalian berselancar di Internet, kecuali dalam keadaan jaringan operator sedang bermasalah.
  • Sinyal yang diterima menjadi stabil dan tidak naik-turun, sehingga akan membuat koneksi internet kalian lancar.
  • Membuat modem yang tidak cepat panas, karena biasanya modem cepat panas dapat disebabkan oleh penerimaan sinyal yang tidak stabil.
  • Membuat sebuah baterai menjadi awet, karena jika sinyal kurang baik maka telepon selular ini akan jauh lebih banyak menguras baterai.
  • Kegiatan suatu komunikasi seperti SMS-an, menelpon, Video Call juga akan semakin lancar meskipun posisi kalian ini sedang ada di daerah terpencil dan sangat jauh dari pemukiman kota.

Kelebihan Repeater

  • Sebuah digital perangkat yang memperkuat, membentuk ulang, atau melakukan kombinasi dari salah satu fungsi pada sinyal input digital untuk transmisi ulang.
  • Karena repeater juga dapat bekerja dengan sinyal fisik yang sebenarnya, dan jangan mencoba untuk menginterpretasikan suatu data yang di kirim.
  • Dapat memperkuat suatu sinyal.
  • Repeater juga dapat bekerja pada lapisan fisik, di lapisan pertama dari model OSI.
  • Sebuah analog perangkat yang dapat memperkuat input sinyal terlepas dari alam (analog atau digital).

Kekurangan Repeater

  • Tembaga untuk serat
  • Jangan serius mempengaruhi kinerja jaringan
  • Khusus terhubung media yang berbeda
  • Memperpanjang jarak fisik jaringan
  • Repeater harus di tempatkan di tempat yang tinggi.

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Repeater : Pengertian, Jenis, Fungsi, Cara Kerja, Kelebihan & kekurangannya Lengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :