√ VPN (Virtual Private Network) : Pengertian, Manfaat, Fungsi dan Cara Kerja Terlengkap

Diposting pada

√ VPN (Virtual Private Network) : Pengertian, Manfaat, Fungsi dan Cara Kerja Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai VPN (Virtual Private Network).

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah VPN (Virtual Private Network)? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

 

√ VPN (Virtual Private Network) : Pengertian, Manfaat, Fungsi dan Cara Kerja Terlengkap
√ VPN (Virtual Private Network) : Pengertian, Manfaat, Fungsi dan Cara Kerja Terlengkap

 

Pengertian VPN (Virtual Private Network)

 

VPN ini singkatan dari Virtual Private Network merupakan salah satu teknologi jaringan yang dapat menyediakan koneksi yang aman melalui suatu jaringan publik seperti Wi-Fi dan Internet, atau juga jaringan pribadi yang dimiliki oleh suatu perusahaan penyedia layanan internet.

VPN biasanya digunakan oleh perusahaan, pemerintah dan organisasi militer untuk melindungi data sensitif mereka saat sedang menggunakan jaringan.

Namun, saat ini penggunaan VPN secara pribadi juga semakin meningkat karena dapat melindungi identitas dan privasi pengguna saat berselancar di internet.

Kata pada Virtual Private Network, yaitu :

  • Virtual : Hal yang tidak nyata atau semu, di dunia maya atau internet.
  • Private : Hal yang sifatnya menjadi pribadi, tidak bisa diakses oleh sembarang orang. Untuk dapat menjaga kerahasiannya dari suatu jaringan publik maka semua data akan di-enkripsi.
  • Network : Jaringan koneksi yang saling terhubung.

Jadi,

VPN (Virtual Private Network) merupakan suatu hubungan atau koneksi yang terjadi secara virtual pada jaringan tertentu tanpa adanya koneksi riil yang terenkripsi.

 

 

Manfaat VPN (Virtual Private Network)

 

  • Remote Access : Dengan menggunakan VPN kita bisa mengakses komputer atau jaringan kantor, darimana saja selama terhubung dengan jaringan internet atau jaringan publik.
  • Keamanan : Dengan sebuah koneksi VPN kita juga dapat browsing, searching dengan aman pada saat mengakses suatu dunia maya atau jaringan internet publik seperti pada hotspot, wifi yang ada di cafe-cafe.
  • Menghemat Biaya Setup Jaringan : VPN juga dapat dipakai sebagai salah satu cara alternatif untuk dapat menghubungkan jaringan lokal yang sangat cukup luas dengan biaya yang lebih rendah. Karena pada transmisi data yang dipakai pada VPN dengan cara menggunakan media jaringan internet atau sebuah jaringan publik yang sebelumnya telah ada tanpa perlu membangun suatu jaringan sendiri.

 

 

Fungsi VPN (Virtual Private Network)

 

1. Kerahasiaan Data (Confidentially)

Penggunaan VPN ini juga dapat menjaga suatu kerahasiaan data dan informasi milik para pengguna agar tidak digunakan orang lain dengan sembarangan. Saat ini juga menggunakan jaringan yang bersifat publik atau bisa dibilang cukup berbahaya.

Apalagi untuk bisnis-bisnis besar misalnya pada perusahaan jasa konsultan atau asuransi yang rentan dengan informasi-informasi penting. Sehingga dengan cara menggunakan VPN ini maka bisa mengamankan keluar masuknya suatu data melalui metode enkripsi.

 

2. Keutuhan Data (Data Integrity)

VPN juga berguna untuk menyelamatkan data dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Program VPN akan memastikan proses transmisi data selesai dan diterima oleh penerima yang sesuai dengan permintaan user tanpa adanya perubahan sedikitpun atau manipulasi dari data yang dikirim.

 

3. Otentikasi Sumber (Origin Authentication)

Program pada VPN juga akan mampu mengautentikasi suatu sumber pengirim data yang akan diterima. VPN ini jjuga dapat memastikan dan mengecek data yang akan masuk dari sumbernya.

Jika proses autentikasi berhasil, maka informasi atau data dapat disetujui. Dalam hal ini VPN akan berguna untuk dapat menganalisis berbagai sumber-sumber data yang tidak kredibel sehingga dapat mencegah kiriman file virus atau malware.

 

 

Cara Kerja VPN (Virtual Private Network)

 

  • VPN mensupport banyak protocol jaringan seperti PPTP< L2TP, IPSec dan SOCKS. Protokol ini juga dapat membantu cara kerja VPN dalam proses otentikasi.
  • VPN klien dapat membuat koneksi dan mengidentifikasi orang-orang yang diberi wewenang di jaringan.
  • Jaringan VPN juga dapat dienkripsi akan meningkatkan sebuah fitur keamanan, hal ini berarti VPN biasanya tidak terlihat pada suatu jaringan yang jauh lebih besar.
  • Perkembangan teknologi saat ini banyak mendasarkan VPN karena mobilitas yang disediakan dan saat ini VPN juga membuka jalan untuk sambungan Wi-Fi dan jaringan tanpa kabel pribadi.

 

 

Kelebihan VPN (Virtual Private Network)

 

  • Bagi perusahaan yang membutuhkan jaringan khusus yang aman, maka VPN merupakan solusi dengan biaya yang lebih murah.
  • Dengan adanya VPN ini maka mobilitas perusahaan akan lebih baik yang mana para pekerja dapat terhubung dengan jaringan kantor dengan melalui perangkat pribadi di rumah.
  • Fitur kemanan VPN ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

 

 

Kekurangan VPN (Virtual Private Network)

 

  • Pada saat menyediakan akses ke karyawan dengan secara global, maka faktor kemanan menjadi resiko tersendiri disebabkan informasi sensitif perusahaan itu dapat diakses.
  • Diperlukan juga sebuah perhatian ekstra dalam penetapan suatu sistem keamanan VPN.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ VPN (Virtual Private Network) : Pengertian, Manfaat, Fungsi dan Cara Kerja Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :

Baca Juga :  √ Closed Source : Pengertian, Kekurangan, Kelebihan dan Contoh Terlengkap

Baca Juga :  √ Steganografi : Pengertian, Jenis, Prinsip, Kriteria dan Aspek Terlengkap

Baca Juga :  √ Intranet : Pengertian, Sejarah, Manfaat, Contoh, Kelebihan dan Kekurangan Terlengkap

Baca Juga :  √ Ruang Lingkup Geografi : Pengertian, Macam & Penjelasannya Lengkap