√ 4 Pengertian Atlas Menurut Para Ahli Terlengkap

Diposting pada

√ 4 Pengertian Atlas Menurut Para Ahli Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Atlas.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Atlas? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

 

√ 4 Pengertian Atlas Menurut Para Ahli Terlengkap
√ 4 Pengertian Atlas Menurut Para Ahli Terlengkap

 

Pengertian Atlas Menurut Para Ahli

 

1. Study

Atlas merupakan buku peta. Atlas bisa menunjukkan apa saja. Sebagian besar peta di atlas menunjukkan negara, jalan, atau kenampakan fisik seperti sungai dan gunung. Ada beberapa atlas yang memiliki peta makanan di berbagai negara atau peta tempat hidup hewan yang berbeda.

 

2. Wikipedia

Atlas ialah kumpulan peta yang disatukan dalam bentuk buku, tapi juga ditemukan dalam bentuk multimedia. Atlas bisa memuat informasi geografi, batas negara, statisik geopolitik, sosial, agama, dan ekonomi. Selain itu, menyajikan informasi tentang beragam syarat peta dan tempat di dalamnya.

 

3. Your Dictionary

Atlas yaitu suatu buku peta atau beberapa jenis informasi yang mencakup gambar atau tabel dan grafik.

 

4. Britannica

Atlas yakni suatu koleksi peta atau bagan yang biasanya terikat dalam bentuk buku. Selain peta dan grafik, atlas sering mengandung gambar, data tabular, fakta tentang area, dan indeks dari nama tempat yang disertai koordinat lintang dan bujur atau grid lokasi dengan angka dan huruf di sepanjang sisi peta.

 

 

Sejarah Atlas

 

Pada saat pertama kali dipublikasikan, atlas tidak diberi nama demikian. Buku pertama yang dapat disebut atlas dibuat berdasarkan hasil perhitungan dari Claudius Ptolemaeus, seorang ilmuwan yang mempelajari geografi yang bekerja di Aleksandria pada 150 SM.

Edisi pertama dipublikasikan di Bologna pada 1477 dan memiliki 27 buah peta. Ilmuwan tidak bisa memastikan apakah gambar peta-peta tersebut berasal dari peta asli yang dibuat Ptolomaeus atau dibuat oleh ilmuwan abad pertengahan berdasarkan tulisan Ptolomaues.

Sejak 1544, banyak peta yang dibuat, khususnya sehubungan dengan hubungan dagang antara Roma dan Venesia. Setiap pembuat peta bekerja terpisah, menghasilkan peta berdasarkan kebutuhan masing-masing.

Abraham Ortelius dikenal karena membuat atlas modern pertama pada 20 Mei 1570. Karyanya yang berjudul Theatrum Orbis Terrarum, pada saat itu memuat 53 peta yang mencakup negara-negara di dunia. Karya tersebut merupakan buku pertama dari jenisnya yang memuat dalam ukuran yang seragam. Pada saat itu, karya tersebut terbilang sukses.

Namun, penggunaan istilah “atlas” untuk koleksi peta belum digunakan hingga tahun 1595 di mana Gerardus Mercator menerbitkan karyanya yang berjudul “Atlas, Sive Cosmographicae Meditationes De Fabrica Mundi …”.

 

 

Manfaat Atlas

 

  • Sebagai penunjuk lokasi dalam pemetaan wilayah.
  • Memberikan informasi tentang posisi.
  • Sebagai penunjuk letak dan luas suatu wilayah.
  • Untuk menunjukkan relief-relief berupa penampakan abumi di suatu wilayah.

 

 

Contoh Penggunaan Atlas

 

  • Atlas merupakan sebuah buku yang berisi kumpulan peta, sehingga dapat digunakan untuk menemukan banyak tempat di dunia.
  • Atlas dapat digunakan untuk menemukan arah. Atlas juga dapat memuat populasi kota dan informasi geografis lainnya.
  • Atlas yakni suatu kompilasi berbagai peta dari berbagai daerah di dunia. Ini sangat berharga dalam bidang navigasi dan topologi.
  • Atlas dapat digunakan untuk menemukan posisi global suatu negara atau daratan dan untuk merekam kedalaman laut dan ketinggian tanah.
  • Atlas juga penting untuk mendukung proses pembelajaran, misalnya digunakan ketika mengajar sejarah suatu daerah (tentang perang yang pernah terjadi, perubahan cuaca, medan yang tidak dikenal, dampak sejarah, dimana suatu hal terjadi dan siapa yang mengalaminya, efek geografi pada sejarah) dapat membuat studi yang menarik.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ 4 Pengertian Atlas Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :

Baca Juga :  √ 25 Pengertian Kearifan Lokal Menurut Para Ahli Terlengkap

Baca Juga :  √ Kelenjar Saliva (Air Ludah) : Pengertian, Fungsi, Jenis dan Struktur Terlengkap

Baca Juga :  √ Integrasi Sosial : Pengertian, Bentuk, Faktor & Proses, Syarat Keberhasilan & Contohnya Lengkap

Baca Juga :  √ Globe : Pengertian, Manfaat, Jenis, Ciri dan Sejarah Terlengkap