√ Danau : Pengertian, Manfaat, Upaya, Jenis dan Proses Terlengkap

Diposting pada

√ Danau : Pengertian, Manfaat, Upaya, Jenis dan Proses Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Danau.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Danau? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

 

√ Danau : Pengertian, Manfaat, Upaya, Jenis dan Proses Terlengkap
√ Danau : Pengertian, Manfaat, Upaya, Jenis dan Proses Terlengkap

 

Pengertian Danau

 

Danau merupakan suatu cekungan berukuran besar dipermukaan bumi yang digenangi oleh airtawar atau air asin yang seluruh dari cekungan tersebut dikelilingi oleh daratan.

Danau mendapat pasokan air dari air hujan, air tanah, air sungai atau dari mencainya gletser. Danau juga dapat digunakan sebagai sarana olahraga dan tempat rekreasi.

 

 

Proses Terbantuknya Danau

 

Danau merupakan cekunga besar yang digenangi air, baik berupa air tawar maupun air asin, yang cekungan tersebut dikelilingi daratan.

Danau terbentuk karena beberapa peristiwa, diantaranya yakni sebagai berikut ini :

  • Penurunan muka bumi akibat pergeseran lempeng atau pun patahan
  • Aktivitas gunung berapi
  • Pembentukan lembah sungai akibat aliran lava saat erupsi
  • Pelarutan tanah kapur
  • Mencairnya es di daerah yang awalnya merupakan daerah yang berupa es.

 

 

Manfaat Danau

 

  • Sebagai pengairan lahan pertanian (irigasi)
  • Sebagai pembangkit tenaga listrik
  • Sebagai tempat perikanan di darat
  • Sebagai tempat wisata dan rekreasi
  • Sebagai tempat olahraga
  • Sebagai lalu lintas air
  • Untuk mencegah terjadinya erosi

 

 

Upaya Pelestarian Danau

 

  • Melakukan penghijauan daerah di sekitar danau
  • Mencegah masuknya polutan ke danau
  • Tidak membuang sampah kesungai yang mengalir ke danau
  • Menjaga kelestarian lingkungan hidup

 

 

Jenis – Jenis Danau

 

1. Danau Vulkanik

Danau vulkanik ialah danau yang terbentuk karena aktifitas vulkanik dari erusi gunungapi. Letusan erupsi gunungapi mengeluarkan lava yang akhirnya membentuk cekungan pada daratan. Cekungan tersebut lambat laun menjadi danau. Contoh dari danau vulkanik adalah danau kawah Gunung Kelud.

 

2. Danau Tektonik

Danau tektonik yaitu salah satu danau yang terbentuk karena aktifitas pergerakan lempeng tektonik di lapisan kulit bumi. pergerakan lempeng tersebut menyebabkan cekungan di kerak bumi dan akhirnya lambat laun terisi oleh air hingga terbentuklah danau. Contoh dari tektonik adalah Danau Sentani.

 

3. Danau Bendungan

Danau bendungan yakni suatu jenis danau yang dibentuk secara buatan oleh manusia untuk membendung atau menampung air sungai agar luapannya tidak menyerang permukiman penduduk.

Danau bendungan lebih dikenal dengan istilah waduk. Contoh dari danau bendungan adalah Waduk Jatibarang di Kota Semarang, Jawa Tengah.

 

4. Danau Karst

Danau karst merupakan sebuah jenis danau yang terbentuk karena batu kapur yang larut oleh air hujan. Pelarutan tersebut membentuk suatu bentukan cekungan.

Seiring berjalannya waktu maka cekungan akan terisi olwh air hingga akhirnya membentuk danau. Contoh dari danau karst adalah danau yang banyak terdapat di Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

 

5. Danau Vulkanik-Tektonik

Danau vulkanik-tektonik ialah sebuah danau yang terbentuk diakibatkan 2 aktifitas yang saling bersamaan. Aktifitas tersebut adalah pergerakan lempeng tektonik dan erupsi gunungapi. Contoh dari danau vulkanik-tektonik adalah Danau Toba.

 

6. Danau Glasial

Danau glasial yaitu salah satu jenis danau yang terbentuk karena es. Es tersebut mengalami erosi glasial dan akhirnya membentuk cekungan.

Cekungan tersebut lambat laun akan terisi air dan akhirnya membentuk danau glasial. Contoh dari danau glasial adalah Danau Michigan di Amerika Serikat.

 

7. Danau Sungai Mati

Danau sungai mati yakni salah satu jenis danau yang terbentuk karena pemutusan arus sungai sebagai akibat faktor alami dari pembelokan arus aliran sungai.

Danau sungai mati terdapat di hilir sungai. Contoh dari danau sungai mati adalah danau yang terdapat di hilir Sungai Kapuas.

 

8. Danau Cirques

Danau Cirques adalah sebuah jenis danau yang terbentuk karena es yang mencair. Danau cirques banyak erdapat di pegunungan es benua Antartika.

Perbedaan danau cirques dan danau glasial adalah dari materi pembentuknya yang mana danau glasial berasal dari erosi es sedangkan danau cirques terbentuk karena es yang mencair.

 

9. Danau Laguna

Danau laguna yakni suatu jenis danau yang terbentuk karena akibat dari peristiwa abrasi. Abrasi adalah pengikisan tanah oleh air laut. Abrasi dapat dicegah dengan cara kegiatan reklamasi. Danau laguna terdapat di sekitar pantai.

 

10. Danau Industri

Danau industri merupakan suatu danau buatan yang dibentuk untuk tujuan cadangan air bagi suatu pabrik industri. Penggunaan tendon air dalam kegiatan perindustrian dirasa tidak mampu untuk memenuhi kebutuhan air pabrik industri. Penggunaan PDAM juga dirasa akan membuang-buang cadangan air saja jika dilakukan untuk kegiatan dalam industri.

Akhirnya pengelola perindustrian mengambil kebijakan untuk membuat waduk atau danau yang digunakan untuk keperluan industri. Danau industri ini banyak ditemukan di kawasan Industri di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Danau : Pengertian, Manfaat, Upaya, Jenis dan Proses Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :

Baca Juga :  √ Kata : Pengertian, Fungsi, Jenis dan Ciri Terlengkap

Baca Juga :  Manfaat Ilmu Geografi

Baca Juga :  √ Saraf Simpatik & Parasimpatik : Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, Jalur & Perbedaannya Lengkap

Baca Juga :  √ Ovarium : Pengertian, Fungsi, Struktur dan Penyakit Terlengkap