√ Literasi : Pengertian, Jenis, Manfaat, Tujuan dan Prinsip Terlengkap

Diposting pada

√ Literasi : Pengertian, Jenis, Manfaat, Tujuan dan Prinsip Terlengkap Hai sobat seputarilmu.com jumpa lagi dalam artikel kesayangan Anda.

Pada pembahasan kali ini, akan membahas mengenai Literasi. Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasannya secara lengkap di bawah ini.

 

√ Literasi : Pengertian, Jenis, Manfaat, Tujuan dan Prinsip Terlengkap
√ Literasi : Pengertian, Jenis, Manfaat, Tujuan dan Prinsip Terlengkap

 

Pengertian Literasi

 

Literasi yang berasal dari bahasa Inggris literacy berasal dari bahasa Latin littera (huruf) yang pengertiannya melibatkan penguasaan sistem-sistem tulisan dan konvensi-konvensi yang menyertainya.

Literasi merupakan suatu kegiatan untuk membudidayakan gerakan membaca dan menulis. Literasi memiliki banyak sekali keutamaan yaitu dapat melatih diri untuk terbiasa dalam membaca dan juga membiasakan seseorang terutama adalah seorang siswa agar menyerap informasi yang dibaca dan dirangkum dengan bahasa yang mudah di pahaminya.

 

 

Pengertian Literasi Menurut Para Ahli

 

1. Graff

Literasi sebagai kemampuan untuk membaca dan menulis.

 

2. Sulzby

Literasi ialah kemampuan berbahasa seseorang (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis) untuk berkomunikasi dengan cara yang berbeda sesuai dengan tujuannya.

 

3. Cordon

Literasi yaitu sumber ilmu yang menyenangkan yang mampu membangun imajinasi seseorang untuk menjelajahi dunia dan ilmu pengetahuan.

 

4. Kern

Literasi yakni salah satu dari 7 prinsip pendidikan antara lain literasi melibatkan interprestasi, kolaborasi, konvensi, pengetahuan kultural, pemecahan masalah, releksi dan refleksi diri serta penggunaan bahasa.

 

5. Goody

Literasi adalah suatu kemampuan untuk membaca dan menulis. Goody secara sederhana bahwa literasi hanya sebatas membaca dan menulis.

 

6. Alberta

Literasi merupakan seuatu kemampuan legih dari sekedar membaca dan menulis melainkan menambah pengetahuan, ketrampilan dan kemampuan yang dapat menumbuhkan kemampuan berfikir kritis seseorang memiliki, mampu memecahkan suatu masalah dalam berbagai konteks, mampu berkomunikasi secara efektif dan mengembangkan potensi dan berpartisipasi aktif dalam kehidupan masyarakat.

 

7. UNESCO

Literasi ialah pemahaman seseorang terkait makna literasi sangat dipengaruhi oleh akademik, institusi, konteks nasional, nilai-nilai budaya dan juga pengalaman.

 

8. National Institute For Literacy

Literasi yaitu kemampuan seseorang untuk membaca, menulis, berbicara, menghitung dan memecahkan masalah pada tingkat kemampuan yang diperlukan dalam pekerjaan, keluarga dan masyarakat.

 

9. Naeyc

Literasi yakni sesuatu kemampuan legih dari sekedar membaca dan menulis melainkan menambah pengetahuan, ketrampilan dan kemampuan yang dapat menumbuhkan kemampuan berfikir kritis seseorang memiliki, mampu memecahkan suatu masalah dalam berbagai konteks, mampu berkomunikasi secara efektif dan mengembangkan potensi dan berpartisipasi aktif dalam kehidupan masyarakat.

 

10. 7th Edition Oxford Advanced Learner’s Dictionary

Literasi merupakan salah satu kemampuan menulis dan membaca.

 

11. Wells

Literasi ialah untuk dapat menyatakan terdapat empat tingkatan dalam literasi yaitu: literasi performatif (literacy performative), literasi fungsional (literacy functional). Literasi informasi (Literacy informational) dan literasi epistemik (literacy epictemic).

 

12. Jeanne R et al

Literasi ialah sebuah perkembangan ini muncul karena faktor motivasi instrinsik peserta didik yaitu: memilih membaca dan menulis, menemukan kesenangan dalam melakukan kegiatan yang berkaitan dengan literasi, sadar menerapkan pengetahuan untuk lebih dalam memahami dan menulis teks.

 

13. Irene dan Gay

Literasi yaitu nilai-nilai literasi yang berkualitas tergambar dari ketika siswa berhasil menerapkan apa yang telah mereka pelajari dan dituangkan kedalam tulisan mereka sendiri.

 

14. Harvey J. Graff

Literasi yakni suatu kemampuan dalam diri seseorang untuk menulis dan membaca.

 

15. Merriam – Webster

Literasi merupakan suatu kemampuan atau kualitas melek aksara di dalam diri seseorang dimana di dalamnya terdapat kemampuan membaca, menulis dan juga mengenali serta memahami ide-ide secara visual.

 

 

Tujuan Literasi

 

  • Menumbuh kembangkan budi pekerti yang baik.
  • Menumbuh kembangkan budaya literasi di sekolah maupun masyarakat.
  • Dapat meningkatkan pengetahuan yang dimiliki dengan cara membaca berbagai informasi yang bermanfaat.
  • Dapat meningkatkan kepahaman seseorang dalam mengambil inti sari dari bacaan.
  • Mengisi waktu dengan literasi agar lebih berguna.
  • Memberikan penilaian kritis pada karya tulis seseorang.
  • Memperkuat nilai kepribadian dengan membaca dan menulis.

 

 

Manfaat Literasi

 

  • Menambah kosa kata.
  • Mengoptimalkan kerja otak.
  • Menambah wawasan dan informasi baru.
  • Meningkatkan kemampuan interpersonal.
  • Mempertajam diri dalam menangkap makna dari suatu informasi yang sedang dibaca.
  • Mengembangkan kemampuan verbal.
  • Melatih kemampuan berfikir dan menganalisa.
  • Meningkatkan fokus dan konsentrasi seseorang.
  • Melatih dalam hal menulis dan merangkai kata yang bermakna.

 

 

Jenis – Jenis Literasi

 

1. Literasi Dasar

Literasi dasar ialah suatu kemampuan untuk membaca, mendengarkan, berbicara, menulis serta juga menghitung. Tujuan dari Literasi dasar adalah untuk dapat mengoptimalkan serta meningkatkan dalam hal menulis, membaca, berbicara, menghitung serta juga mendengarkan.

 

2. Literasi Perpustakaan

Literasi perpustakaan yaitu suatu kemampuan lanjutan untuk dapat mengoptimalkan literasi perpustakaan yang ada. Tujuan dari Literasi perpustakaan adalah untuk memberikan pemahaman mengenai cara untuk dapat membedakan antara cerita non fiksi dan cerita fiksi.

 

3. Literasi Visual

Literasi visual yakni suatu pemahaman yang lebih antara literasi media dan juga literasi teknologi yang digunakan untuk mengembangkan dengan cara memanfaatkan materi visual.

 

4. Literasi Media

Literasi media adalah suatu kemampuan untuk mengetahui berbagai bentuk media yang berbeda. Contohnya adalah media cetak dan media elektronik.

 

5. Literasi Teknologi

Literasi teknologi merupakan suatu suatu kemampuan untuk dapat memahami kelengkapan dalam suatu teknologi. Contohnya adalah hardware dan software.

 

 

Prinsip – Prinsip Literasi

 

1. Program Literasi Yang Baik Bersifat Berimbang

Sekolah yang menerapkan prinsip ini maka akan menyadari bahwa siswa memiliki kebutuhan yang berbeda satu sama lain. Untuk itu, dibutuhkan berbagai strategi membaca dan variasi teks.

 

2. Diskusi dan Strategi Bahasa Lisan Sangat Penting

Dalam prinsip literasi ini, siswa dituntut untuk bisa berdiskusi mengenai suatu informasi tertentu dan dalam diskusi membuka kemungkinan perbedaan pendapat dan diharapkan dapat mengungkapkan perasaan dan pendapatnya untuk melatih kemampuan berfikir lebih kritis.

 

3. Program Literasi Berlangsung di Semua Kurikulum

Program literasi ditunjukan oleh seluruh siswa jadi tidak bergantung pada kurikulum dan membiasakan kegiatan literasi adalah kewajiban guru semua mata pelajaran.

 

4. Keberagaman Perlu Dirayakan di Kelas dan Sekolah

Para siswa disediakan buku-buku yang bertemakan kekayaan budaya negara Indonesia agar lebih mengenal budaya yang ada dan ikut melestarikannya.

 

 

Contoh Gerakan Literasi

 

  • Jadwal wajib ke perpustakaan
  • Membaca buku non pelajaran sebelum proses belajar dimulai
  • Membuat dinding motivasi di kelas

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Literasi : Pengertian, Jenis, Manfaat, Tujuan dan Prinsip Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan serta ilmu pengetahuan bagi yang membacanya. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :

Baca Juga :  √ 23 Pengertian Perubahan Sosial Menurut Para Ahli Terlengkap

Baca Juga :  √ Inflasi Adalah : Pengertian, Jenis, Dampak & Penyebabnya Lengkap

Baca Juga :  √ Seni Sastra : Pengertian, Unsur, Ciri, Jenis, Fungsi & Contohnya Lengkap

Baca Juga :  √ Review Text : Pengertian, Ciri - Ciri, Struktur, Tujuan, Contoh dan Unsur Kebahasaan Terlengkap