√ Augmented Reality : Pengertian, Tujuan, Manfaat, Alat dan Prinsip Kerja Terlengkap

Diposting pada

√ Augmented Reality : Pengertian, Tujuan, Manfaat, Alat dan Prinsip Kerja Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Augmented Reality.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Augmented Reality? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

 

√ Augmented Reality : Pengertian, Tujuan, Manfaat, Alat dan Prinsip Kerja Terlengkap
√ Augmented Reality : Pengertian, Tujuan, Manfaat, Alat dan Prinsip Kerja Terlengkap

 

Pengertian Augmented Reality

 

Augmented Reality (AR) merupakan sebuah istilah untuk lingkungan yang menggabungkan dunia nyata dan dunia virtual yang dibuat oleh komputer sehingga batas antara keduanya menjadi sangat tipis.

Sistem ini lebih dekat kepada lingkungan nyata (real). Karena itu, reality lebih diutamakan pada sistem ini. AR merupakan variasi dari Virtual Environments (VE), atau yang lebih dikenal dengan istilah Virtual Reality (VR). Teknologi VR membuat pengguna tergabung dalam sebuah lingkungan virtual secara keseluruhan.

 

 

Karakteristik Augmented Reality

 

  • Menggabungkan lingkungan nyata dan virtual.
  • Berjalan secara interaktif dalam waktu nyata
  • Integrasi dalam tiga dimensi (3D).

 

 

Alat dan Bahan Augmented Reality

 

1. Hardware

  • Komputer atau Laptop
  • Mouse

 

2. Software

  • ArToolkit

ArToolkit merupakan software library untuk menciptakan AR. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang mengikutsertakan overlay pencitraan virtual ke dunia nyata.

  • Blender

Blender merupakan suatu perangkat lunak atau software terbuka atau open source grafika komputer 3D. Perangkat ini dipakai untuk pembuatan film animasi efek visual, model cetak 3D, penteksturan, penyunting gambar bitmap, penulangan, simulasi cairan dan asap, simulasi partikel, animasi, penyunting video, pemahat digital dan rendering.

  • Marker

Marker merupakan salah satu pola yang diciptakan dalam bentuk gambar yang sudah dicetak dengan printer yang akan dikenali oleh kamera. Marker pada ArToolkit adalah gambar yang tersusun atas border, outline dan pattern images.

 

 

Contoh Aplikasi Augmented Reality

 

  • Penggunaan Augmented Reality untuk membantu operasi.
  • Tampilan yang menunjukkan lokasi geografis pada mobil. Tampilan dapat menampilkan nama dari bangunan dan jalanan.
  • Teleconferencing dimana pengguna dapat saling melihat lingkungan model yang sama untuk berdiskusi.

 

 

Manfaat Augmented Reality

 

1. Hiburan (Entertainment)

Dunia hiburan membutuhkan AR sebagai penunjang efek-efek yang akan dihasilkan oleh hiburan tersebut. Sebagai contoh ketika seorang wartawan cuaca memperkirakan ramalan cuaca dia berdiri didepan layar hijau atau biru, kemudian dengan teknologi AR, layar hijau atau biru tersebut berubah menjadi gambar animasi tentang cuaca tersebut, sehingga seolah-olah wartawan tersebut, masuk ke dalam animasi tersebut.

Latihan Militer “Military Training” yakni Milter telah menerapkan AR pada latihan tempur mereka. Sebagai contoh militer menggunakan AR untuk membuat sebuah permainan perang, dimana prajurit akan masuk kedalam dunia game tersebut dan seolah-olah seperti melakukan perang sesungguhnya.

 

2. Engineering Design

Seorang engineering design membutuhkan AR untuk menampilkan hasil design mereka secara nyata terhadap klien akan tahu, tentang spesifikasi yang lebih detail tentang desain mereka (Robotics dan Telerobotics).

Dalam bidang robotika, seorang operator robot, menggunakan pengen dari pencitraan visual dalam mengendalikan robot itu. Jadi penerapan AR dibutuhkan di dunia robot.

 

3. Consumer Design

Virtual reality telah digunakan dalam mempromosikan produk. Sebagai contoh, seorang pengembang menggunakan brosur virtual untuk memberikan informasi yang lengkap secara 3D, sehingga pelanggan dapat mengetahui secara jelas, produk yang ditawarkan.

 

4. Kedokteran (Medical)

Teknologi pencitraan sangat dibutuhkan di dunia kedokteran seperti misalnya, untuk pengenalan operasi, pengenalan pembuatan vaksin virus, dll. Untuk itu, bidang kedokteraan menerapkan AR pada visualisasi penelitian mereka.

 

 

Tujuan Augmented Reality

 

  • Untuk mengambil dunia nyata sebagai dasa dalam penggabungan dari banyak teknologi virtual dan menambahkan data konseptual supaya dapat memahami manusia sebagai user dan menjadi semakin jelas.
  • Lingkungan nyata di sekeliling kita bisa menjalankan inteaksi dalam bentuk digital (virtual).
  • Informasi-informasi mengenai obyek dan lingkungan disekitar kitaa bisa ditambahkan dalam sistem augmented realitu yang selanjutnya informasi tersebit ditampilkan pada layar dunia secara real time seolah-olah informasi itu adalah nyata.
  • Untuk menambah persepsi seseorang dari dunia yang ada disekelilingnya dan menjadikan beberapa dunia virtual dan nyata sebagai antarmuka yang baru yang bisa menujukkan informasi yang relevan dan bisa membantuk dalam bidang pendidikan, pelatihan, perbaikan atau pemeliharan, manufaktur, militer, permainan dan semua macam hiburan.

 

 

Prinsip Kerja Augmented Reality

 

  • Kamera menangkap data dari marker dalam dunia nyata dan mengirimkan informasinya ke komputer.
  • Software pada komputer akan melacak bentuk kotak dari marker dan mendeteksi berapa video framenya.
  • Bila kotak telah ditemukan, maka software menggunakan perhitungan matematis untuk menghitung posisi dari kamera relative terhadap kotak hitam pada marker.
  • Setelah dikalkulasi maka model grafis akan dimunculkan pada posisi yang sama dan berada di dalam lingkup kotak hitam, lalu ditampilkan ke layar untuk melihat grafis dalam dunia nyata.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Augmented Reality : Pengertian, Tujuan, Manfaat, Alat dan Prinsip Kerja Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :

Baca Juga :  √ Scanner : Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, Sejarah dan Jenis Terlengkap

Baca Juga :  √ Novel : Pengertian, Ciri, Unsur, Struktur, Jenis & Contohnya Lengkap

Baca Juga :  √ Sistem Informasi Geografis (SIG) : Pengertian, Manfaat, Tujuan, Komponen, Karakteristik, Ciri & Ruang Lingkupnya Lengkap

Baca Juga :  √ Termometer : Pengertian, Fungsi, Macam & Cara Menggunakannya Lengkap