√ E-BOOK : Pengertian, Fungsi, Tujuan, Format, Kelebihan dan Kekurangan Terlengkap

Diposting pada

√ E-BOOK : Pengertian, Fungsi, Tujuan, Format, Kelebihan dan Kekurangan Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai E-BOOK.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah E-BOOK? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

 

√ E-BOOK : Pengertian, Fungsi, Tujuan, Format, Kelebihan dan Kekurangan Terlengkap
√ E-BOOK : Pengertian, Fungsi, Tujuan, Format, Kelebihan dan Kekurangan Terlengkap

 

Pengertian E-BOOK

 

E-book merupakan suatu buku yang bentuknya digital atau elektronik dimana biasanya berisi informasi atau panduan atau tutorial. Buku elektronik ini hanya bisa dibuka dan dibaca melalui perangkat elektronik seperti komputer, tablet, dan smartphone.

E-book atau singkatan dari electronik book merupakan suatu buku yang berbentuk digital atau elektronik dimana biasanya berisi informasi ataupun panduan tutorial.

 

 

Pengertian E-Book Menurut Para Ahli

 

1. Whalts.com

E-book merupakan suatu versi elektronik dari buku cetak tradisional yang dapat dibaca dengan menggunakan komputer pribadi atau dengan menggunakan e-book reader.

 

2. Oxford Dictionaries

E-book merupakan salah satu versi elektronik dari buku cetak yang bisa dibaca di komputer atau perangkat genggam yang dirancang khusus untuk tujuan ini.

 

3. Wikipedia

E-book merupakan publikasi buku yang tersedia dalam bentuk digital, terdiri dari teks, gambar, atau keduanya, dapat dibaca di layar komputer layar datar atau perangkat elektronik lainnya. Meskipun kadang-kadang didefinisikan sebagai “versi elektronik dari buku cetak”, beberapa e-book dibuat tanpa adanyak versi cetak.

 

 

Tujuan E-Book

 

  • Menjadikan mudah proses pembelajaran
  • Menjadikan mudah seorang guru memberi tugas
  • Menjadikan mudah untuk belajar kelompok secara online untuk murid
  • Guru bisa memberikan materis meskipun guru sedang bertugas diluar
  • Bisa melaksanakan ujian online karena lebih mudah

 

 

Fungsi E-Book

 

  • Sebagai sarana pembelajaran
  • Sebagai media pembelajaran
  • Sebagai sarana bisnis

 

 

Kelebihan E-book

 

  • Lebih Ringkas : E-book atau buku digital terbukti jauh lebih ringkas dibandingkan dengan buku cetak. Pengguna smartphone dan perangkat genggam lainnya dapat membuka ebook kapan saja dan di mana saja
  • Lebih Awet : Karena bentuknya digital, tentu saja e-book lebih awet dan tidak mudah rusak seperti halnya buku cetak.
  • Lebih Murah : Proses pembuatan e-book sangat mudah dan murah sehingga harganya cenderung lebih murah dibanding buku cetakan
  • Ramah Lingkungan : E-book tidak membutuhkan tinta dan kertas sehingga lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan buku cetak yang terbuat dari kertas dan tinta.

 

 

Kekurangan E-Book

 

  • Tidak Bisa Dipegang : Memang sebagian besar orang lebih suka yang ringkas. Namun, beberapa orang lebih suka memegang buku ketimbang gadget dan ini tidak bisa diberikan oleh ebook
  • Ukuran Huruf Lebih Kecil : Pada umumnya ukuran huruf pada e-book cenderung lebih kecil dibanding pada buku cetak, apalagi bila membukanya di ponsel.
  • Membuat Mata Cepat Lelah : Ketika membaca e-book, cahaya dari perangkat ponsel atau perangkat genggam lainnya akan membuat mata cepat lelah. Penggunaannya jangka panjang bisa menyebabkan kerusakan pada mata, misalnya mata minus.

 

 

Format E-Book

 

1. Teks Polos

Teks polos ialah sebuah format yang sangat sederhana yang bisa dilihat hampir dalam semua perangkat lunak memakai komputer personal. Untuk sebagian perangkat mobile bisa dibaca memakai perangkah lunak dengan menginstal terlebih dahulu.

 

2. PDF (Portable Document Format)

PDF dibuat oleh Adobe untuk produk dari Acrobat mereka. Format ini secara tidak langsung adalah format yang digunakan untuk pertukaran dokumen.

Dukungan perangkan lunak pada format ini meliputi seluruh platform komputer dan perangkat genggam seperti smartphone, tablet dan lainnya.

Sebagian perangkat mempunyai masalah dengan PDF karena kebanyak isi yang tersedia akan ditambilkan baik untuk formaf A4 atau surat, yang keduanya tidak mudah dibaca ketika diperkecil sesuai layar kecil.

Beberapa aplikasi pembaca buku elektronik bisa menyusun ulang tampilan sebagian dokumen PDF, seperti Sony PRS505, untuk mengakomodasi layar kecil.

 

3. JPEG

Format JPEG mempunyai ukuran yang besar daripada informasi teks yang dikandungny, oleh sebab itu format ini sering digunakan bukan unutk buku elektronik yang mempunyai banyak teks, tetapi untuk jenis format buku komik atau mangan yang proporsinya lebih didominasi oleh gambar.

 

4. LIT

Format LIT yakni salah satu format dari Microsoft Reader yang membuat teks dalam buku elektronik menyesuaikan dengan lebar mobile device yang dipakai untuk membacanya. Format ini mempunyai kelebihan yaitu bentuk hurufnya nyaman untuk dibaca.

 

5. Docx

Format Docx yaitu suatu jenis format dari Microsoft Word yang sering dan banyak dijumpai sekarang dan tersebar di Internet, format ini sangat banyak digunakan karena pengguna dari Microsoft Word yang banyak dan file keluaran yang sangat kecil, serta huruf yang lebih banyak atau variatif membuatnya lebih digemari.

 

6. HTML

Dalam format HTML ini gambar dan teks bisa diakomodasi. Layout tulisan dan gambar bisa diatur, akan tetapi hasil dalam layar kadan tidak bisa disesuaikan jika dicetak.

 

7. AZW (Amazon World)

Sebuah format proprietary Amazon, yang mirik dengan format MOBI terkadang dengan dan tanap menyertakan Digital Rights Management “DRM”, DRM pada format ini khusus untuk produk Amazon “Kindle Amazon”.

 

8. EPUB (Electronic Publication)

Format terbuka diartikan oleh Forum Open Digital Book dari International Digital Publishing Forum “IDPF”. EPUB memiliki acuan standar XHTML dan XML. Yang merupakan standar yang sedang berkembang.

Spesifikasi untuk EPUB bisa ditemukan pada situs web IDPF, Adobe, Barnes & Noble, dan Apple, setiapnya mempunyai DRM mereka sendiri.

Format tersebut tidak kompatibel antara satu dengan yang lainnya, pada sekarang ini telah ada versi terbaru yakni ePub 3, tetapi penggunaannya belum secara luas.

 

9. KF8 (Format Kindle Fire dari Amazon)

Hal ini berdasarkan dengan prinsip ePub yang dirancang dalam pembungkus Palm File Database (PDB) dengan Digital Right Management (DRM) milik Amazon.

 

10. MOBI (Format MObiPocket)

Ditampilkan memakai perangkat lunak membaca sendiri. MobiPocket tersedia di seluruh PDA dan Smartphone. Aplikasi MobiPocket di PC Windows bisa dikonversi Chm, doc, Html, OCF, Pdf, RTF, dan Txt file ke format ini, Kindle juga dapat menampilkan format ini.

 

11. PDB (Palm File Database)

Bisa menyertakan beberapa format buku elektronik yang berbeda, yang ditampilkan untuk perangkat berbasis sistem operasi palm. Umumnya dipkaai untuk buku elektronik berformat PalmDOC (AportisDOC) dan format eReader juga.

 

12. PRC (Palm Resource File)

Sering menyertakan alat baca MobiPocket namun kadang juga menyertakan eReader atau alat baca AportisDOC.

 

13. CHM (Compressed HTML)

Sering dipakai untuk filr bantuan Windows, hal ini sudah menjadi sangat terkenal untuk distribusi teks dan bahan pendukung lain dengan web.

 

14. XHTML

Versi khusus dari HTML dibuat supaya sesuai dengan aturan konstruksi XML, ini adalah format standar untuk data ePub.

 

15. XML

Tujuan dari markup language untuk pertukaran data, dalam konteks digital book pada umumnya yang terbatas di XHTML dan RSS feed walaupun sebagian format lain yang sudah ditetapkan.

 

16. Open Elektronic Book Package

Format ini populer dengan OPF FlipBook. OPF ialah sebuah format buku elektronik yang berbasis pada XML yang dibuat oleh sistem buku elektronik.

Buku elektronik di format ini dikenal ketiak FlipBooks sebagai perangkat lunak penyaji menampilkan buku dalam format 3D yang dapat dibuka-buka (flipping).

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ E-BOOK : Pengertian, Fungsi, Tujuan, Format, Kelebihan dan Kekurangan Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :

Baca Juga :  √ Akuntansi Keuangan : Pengertian, Fungsi & Tujuannya Lengkap

Baca Juga :  √ Motif Ekonomi : Pengertian, Tujuan, Macam & Contohnya Lengkap

Baca Juga :  √ Steganografi : Pengertian, Jenis, Prinsip, Kriteria dan Aspek Terlengkap

Baca Juga :  √ Pasar : Pengertian, Ciri, Struktur, Fungsi, Jenis & Contohnya Lengkap