√ Energi : Pengertian, Macam, Sifat dan Contoh Terlengkap

Diposting pada

√ Energi : Pengertian, Macam, Sifat dan Contoh Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Energi.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Energi? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

 

√ Energi : Pengertian, Macam, Sifat dan Contoh Terlengkap
√ Energi : Pengertian, Macam, Sifat dan Contoh Terlengkap

 

Pengertian Energi

 

Energi berasal dari bahasa Yunani yakni “ergon” yang artinya kerja. Dalam melakukan pekerjaan selalu menggunakan energi, baik dengan sadar ataupun tidak sadar, misalnya ketika kita sedang berjalan kita memerlukan energi. Tetapi setiap aktivitas memerlukan energi dalam jumlah dan bentuk yang berbeda-beda.

Energi merupakan suatu objek yang bisa berpindah dengan interaksi fundamental yang bisa diubah bentuknya tetpi tidak dapat diciptakan ataupun dimusnahkan. Satuan Internasional dari energi adalah Joule (J).

 

 

Pengertian Energi Menurut Para Ahli

 

1. Aip Saripudin

Energi merupakan suatu kemampuan untuk melakukan urusan atau bisnis.

 

2. Arif Alfatah dan Muji Lestari

Energi ialah sesuatu yang amat dibutuhkan oleh tubuh manusia supaya dapat melakukan suatu pekerjaan bisnis, karena pada kenyataannya, usaha yang dilakukan selalu nampak perubahan.

 

3. Pardiyono

Energi merupakan salah satu bentuk kekuatan yang dihasilkan atau diperoleh dari suatu benda.

 

4. Alvin Hadivvono

Energi yaitu sesuatu yang bergerak, dan juga mempunyai hubungan dengan ruang & waktu.

 

5. Sumantoro

Energi yakni kemampuan untuk melakukan sebuah pekerjaan yang sifatnya mendorong atau memindahkan sebuah benda atau objek.

 

6. Young

Sebuah pekerjaan ialah energi yang dihasilkan. Artinya ketika ingin melakukan pekerjaan memerlukan energi.

 

7. Campbell, Reece, dan Mitchell

Energi ialah sebuah kemampuan untuk mengatur ulang materi. Secara ringkas energi ialah kemampuan atau kapasitas untuk melakukan sebuah pekerjaan.

 

8. Einstein

Energi adalah sebuah produk dari massa dan kuadrat kecepatan cahaya.

 

9. Robert L. Wolke

Energi merupakan salah satu kemampuan untuk membuat sesuatu terjadi.

 

10. Wikipedia

Energi yaitu properti fisika dari suatu objek, dapat berpindah melalui interaksi fundamental, yang dapat diubah bentuknya namun tak dapat diciptakan maupun dimusnahkan.

 

11. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Energi yakni kemampuan untuk melakukan kerja (msl untuk energi listrik dan mekanika); daya (kekuatan) yg dapat digunakan untuk melakukan berbagai proses kegiatan, msl dapat merupakan bagian suatu bahan atau tidak terikat pd bahan (spt sinar matahari) dan tenaga.

 

12. Michael J. Moran

Energi ialah konsep dasar dari Termodinamika yang menjadi aspek yang penting dari analisis teknis.

 

13. Mikrajuddin

Energi yakni sebagai kemampuan untuk melaksanakan atau melakukan sebuah pekerjaan objek.

 

 

Macam – Macam Energi

 

1. Energi Kimia

Energi kimia ialah energi yang dibutuhkan oleh organisme hidup karena bentuk kimia, energi dapat disimpan lama. Energi kimia yang tersimpan dalam bahan makanan.

Dalam metabolisme sel, ATP merupakan salah satu bentuk energi kimia yang paling berguna dan penting bagi manusia. Juga disimpan energi kimia dalam bahan bakar yang kita gunakan seperti bensin, dan minyak tanah.

Energi ini muncul sebagai proses memecah ikatan kimia dalam struktur sehingga menghasilkan energi. Melalui penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa energi kimia adalah energi yang paling penting di dunia ini.

 

2. Energi Panas

Energi panas yaitu suatu bentuk energi yang diubah menjadi panas. Energi panas dapat timbul karena perubahan bentuk energi sebagai energi kimia dalam reaksi matahari mengakibatkan munculnya api dan radiasi panas bermigrasi.

 

3. Energi Suara

Energi ini merupakan salah satu bentuk perubahan energi. Suara dapat diproduksi oleh tabrakan, tabrakan, serta banyak kegiatan lain selama ada konduktor seperti udara atau benda lainnya.

 

4. Energi Listrik

Energi listrik yakni sebuah energi yang saat ini paling banyak digunakan dan dianggap penting oleh penduduk dunia.

Energi ini timbul karena adanya perbedaan muatan antara dua titik konduktor. Energi listrik yang dihasilkan oleh pembangkit listrik.

Energi ini dapat diperoleh dari perubahan berbagai sumber energi seperti air, angin, panas, cahaya, dan bahan bakar fosil (bahan kimia). Energi yang diubah menjadi energi listrik melalui turbin terputarnya dinamo mampu menghasilkan medan listrik.

Untuk cahaya, energi listrik yang diperoleh reaksi fotovoltaik di permukaan, menyebabkan perbedaan yang bertanggung jawab dan menghasilkan listrik. Energi ini sekarang sering diubah menjadi bentuk energi lainnya seperti panas, gerak, cahaya, dan lain-lain.

 

5. Energi Gerak

Energi gerak adalah salah satu bentuk dasar energi. Energi gerak sebagai nama muncul pada objek bergerak atau substansi. Ketika benda bergerak atau substansi, ada gerakan energi. Hal ini sejalan dengan perubahan energi air (gerakan air di sungai) untuk memutar turbin untuk menghasilkan listrik. Energi listrik dengan menggunakan turbin angin.

 

6. Energi Nuklir

Energi ini merupakan suatu energi yang ada di materi atau substansi yang tentu saja terdiri dari atom dan bahan subatomik seperti elektron, neutron dan proton. Energi nuklir sebenarnya juga energi kimia, tetapi lebih spesifik dan membutuhkan lebih banyak usaha untuk digunakan.

Energi nuklir dapat diperoleh melalui proses yang cukup rumit, dan untuk saat ini hanya dapat diambil dari bahan yang radioaktif dan tidak stabil dengan inti berat seperti uranium dan plutonium. Untuk atom lain masih cukup sulit.

Energi nuklir ialah sesuai dengan rumus E = mc2. Jadi energi yang sangat besar dapat diproduksi dalam jumlah massal hanya sedikit. Contoh reaksi nuklir yang ada bersinar matahari terus menerus, maka pembangkit listrik tenaga nuklir (reaktor nuklir) dan Bom Atom.

 

7. Energi Kimia

Jika anda mempunyai mainan mobil-mobilan yang digerakkan oleh remot kontrol, maka anda sudah menggunakan salah satu energi kimia. Baterai yang terdapat didalam remot kontrol tersebut adalah salah satu bentuk energi kimia.

Karena batu baterai memiliki beberapa komponen yang mampu menghasilkan sebuah energi. Beberapa contoh lain dari energi kimia antara lain kayu bakar dan bahan bakar minyak.

 

8. Energi Kalor

Energi Kalor atau energi panas ini bisa terjadi atau bisa dihasilkan dari energi listrik. Contohnya pada setrika listri dan Solder listrik.

 

9. Energi Otot

Energi otot merupakan energi yang berasal dari tubuh manusia. Manusia yang melakukan pergerakan dari organ tubuhnya maka akan menghasilkan energi.

Contohnya ketika manusia sedang mengangkat sebuah beban. Beban yang terangkat itu karena manusia memiliki energi yang dihasilkan dari otot.

 

 

Sifat Energi

 

  • Transformasi energi ialah energi bisa diubah dalam bentuk lain. Sebagai conohnya energi panas pembakaran menjadi energi mekanik mesin.
  • Transfer energi yaitu energi panas dari suatu material atau tempat dapat di transferkan ke tempat atau metrial lain. Sebgai contoh pemanasan air pada panci, dengan energi panas yang berasal di api ditransferkan melalui material panci sehingga memanaskan air dan setelah melalui titik didih air, maka air akan menguap.
  • Energi dapat dipindahkan yakni dari benda lain oleh suatu gaya yang menyebabkan pergeseran. Dalam hal ini sering disebut dengan energi mekanik.
  • Energi ialah kekal merupakan energi tidak dapat diciptakan dan dimusnahkan.

 

 

Contoh Perubahan Energi

 

  • Energi listrik menjadi energi panas pada pemakaian setrika untuk menggosok pakaian.
  • Energi kimia menjadi energi gerak (mekanik) pada makanan yang kita makan diolah dengan reaksi kimia menjadi sumber energi dalam beraktivitas.
  • Energi listrik menjadi energi bunyi ada pemakaian bel yang menghasilkan bunyi
  • Energi gerak (mekanik) menjadi energi panas pada gesekkan dua benda dengan terus menerus menghasilkan panas
  • Energi listrik menjadi energi gerak (mekanik) pada pemakaian kipas angin
  • Energi cahaya menjadi energi kimia pada pemanfaatan cahaya matahari.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Energi : Pengertian, Macam, Sifat dan Contoh Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :

Baca Juga :  √ Sel Hewan : Pengertian, Struktur, Bagian, Fungsi & Gambarnya Lengkap

Baca Juga :  √ Sumber Energi : Pengertian, Macam, Manfaat & Contohnya Lengkap

Baca Juga :  √ Jaringan Ikat : Pengertian, Ciri, Fungsi, Jenis dan Struktur Terlengkap

Baca Juga :  √ Metamorfosis Katak : Pengertian dan Proses Tahapan Terlengkap