√ Globalisasi : Pengertian, Ciri, Macam, Contoh, Penyebab & Dampaknya Lengkap

Diposting pada

√ Globalisasi : Pengertian, Ciri, Macam, Contoh, Penyebab & Dampaknya Lengkap


SeputarIlmu.Com -Di zaman sekarang termasuk globalisasi era modern, karena semakin majunya teknologi dan banyak ilmuan berlomba lomba untuk menemukan sesuatu yang baru. Untuk lebih jelasnnya lagi apa itu globalisasi ?? Disini akan mengulas tentang globalisasi secara lengkap. Oleh karena itu marilah simak ulasan yang ada dibawah berikut ini.

√ Globalisasi : Pengertian, Ciri, Macam, Contoh & Dampaknya [ LENGKAP ]


Pengertian Globalisasi

Globalisasi adalah berasal dari kata Globalization. Global artinya dunia sedangkan lization artinya adalah proses. Secara bahasa arti Globalisasi adalah Suatu proses yang mendunia, suatu proses yang membuat manusia saling terbuka dan bergantung satu sama lainnya tanpa batas waktu dan jarak.

Di era globalisasi yang didukung perkembangan teknologi, alat transportasi dan ilmu pengetahuan seseorang di suatu wilayah dapat mengetahui segala jenis informasi yang tersebar di dunia luar dengan cepat dan mudah. Globalisasi dimaknai sebagai dunia satu atap atau dunia batas.

Globalisasi secara umum dapat diartikan suatu proses terbentuknya dunia tanpa batas. Tetapi, Globalisasi bukanlah suatu konsep yang bisa didefinisikan dan dirumuskan dalam sebuah satu rangkaian suatu kejadian atau sebuah proses yang bisa diartikan secara jelas yang dimulai dari awal hingga akhir.


Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli

1. Selo Soemardjan

Menurut Selo Soemardjan menyatakan bahwa Globalisasi ialah suatu proses terbentuknya sebuah sistem organisasi dan suatu komunikasi antar masyarakat yang berada di seluruh dunia yang memiliki tujuan untuk mengikuti sebuah sistem dan suatu kaidah-kaidah tertentu yang sama.


2. Edison A. Jamli dkk

Menurut Edison A. Jamli dkk menyatakan bahwa Globalisasi yaitu suatu proses yang timbul dari suatu gagasan, yang selanjutnya ditawarkan agar diikuti oleh bangsa lain yang pada akhirnya akan selesai pada suatu titik kesepakatan bersama dan menjadi sebuah panutan bersama bagi semua bangsa-bangsa yang berada di seluruh dunia.


3. Emanuel Ritcher

Menurut Emanuel Ritcher menyatakan bahwa Globalisasi ialah suatu jaringan kerja global yang mempersatukan suatu masyarakat yakni mereka sebelumnya berpencar dan terisolasi yang nantinya akan saling mempunyai ketergantungan dan mampu mewujudkan suatu persatuan dunia.

Baca Juga :  √ Sistem Informasi Geografis : Pengertian, Komponen, Manfaat, Tugas & Contohnya Lengkap

4. John Huckle

John Huckle menyatakan bahwa Globalisasi yaitu sebuah proses dengan kejadian, kegiatan dan keputusan di salah satu belahan dunia yang akan berubah menjadi suatu konsekuensi yang signifikan untuk semua masyarakat yang ada di daerah yang jauh sekalipun.


5. Laurence E. Rothenberg

Menurut Laurence E. Rothenberg menyatakan bahwa Globalisasi yaitu suatu percepatan dari intensifikasi integrasi dan interaksi antar orang-orang, perusahaan dan pemerintah dari sebuah negara yang berbeda.


6. Achmad Suparman

Menurut Achmad Suparman yang menyatakan bahwa globalisasi ialah sebuah proses yang menjadikan sesuatu benda atau suatu perilaku sebagai ciri dari setiap individu di dunia tanpa adanya batasan oleh wilayah


7. Anthony Giddens

Menurut Anthony Giddens menyatakan bahwa globalisasi ialah sebuah intensifikasi hubungan sosial sehingga secara mendunia akan terjadinya saling terhubungnya antara suatu kejadian yang terjadi dilokasi yang satu dengan yang lainnya sdan akan menyebabkan terjadinya suatu perubahan pada keduanya


8. Martin Albrow

Menyatakan bahwa globalisasi yaitu seluruh proses penduduk yang terhubung ke dalam sebuah komunitas dunia tunggal, yaitu komunitas global.


9. Roland Robertson, profesor sosiologi Universitas Aberdeen

Menurut Roland Robertson, profesor sosiologi Universitas Aberdeen menyatakan mendefinisikan globalisasi pada tahun 1992 sebagai sebuah dunia pemadatan dan pengayaan untuk kesadaran dunia secara keseluruhan


10. David Held

Menurut David Held menyatakan bahwa globalisasi yaitu suatu globalisasi yang mengacu pada sebuah pelebaran, memperdalam, dan interkoneksi dipercepat Secara global, pernyataan tersebut diklarifikasikan menjadi Globalisasi bisa ditempatkan dalam suatu kontinum bersama lokal, nasional, dan regional.


11. Thomas Larsson

Menurut Thomas Larsson mendefinisikan bahwa globalisasi ialah suatu proses penyusutan dunia sehingga jarak semakin pendek dan semuanya terasa menjadi lebih dekat. Globalisasi yang mengacu pada semakin cepatnya Interaksi yang tidak sulit antara orang dalam suatu satu tempat dengan orang lain yang di seluruh dunia yang lainnya


Ciri – Ciri Globalisasi

  • Perubahan Dalam Konsep Ruang Dan Waktu
  • Meningkatnya Ekonomi Global
  • Meningkatnya Interaksi Budaya
  • Meningkatnya masalah bersama
  • Peningkatan interaksi kultural melalui perkembangan media massa

Macam – Macam Globalisasi

1. Globalisasi di Bidang Ekonomi

Baca Juga :  √ Denah : Pengertian, Fungsi, Unsur dan Cara Membaca Denah Terlengkap

Globalisasi dalam bidang ekonomi yaitu globalisasi yang di dalamnya ada sebuah tuntutan dunia yang berupa perdagangan internasional tanpa adanya hambatan batas-batas negara (ekspor-impor). Suatu proteksi berupa bea masuk yang tinggi atau sebuah larangan masuknya barang luar negeri yang dianggap bertentangan dengan suatu arus global.

Contohnya :

  • Banyaknya Supermarket dilingkungan masyarakat
  • Adanya Ekspor dan Impor didalam negeri
  • Masuknya produk luar negeri dengan sangat mudah
  • Terbukanya pasar bursa Internasional

2. Globalisasi di Bidang Kebudayaan

Globalisasi di bidang kebudayaan yaitu yang telah menyebarluaskan suatu perilaku dan nilai-nilai dari sebuah negara lain. Globalisasi yang satu ini juga bisa mengubah sebuah cara berfikir seseorang sehingga dapat merubah suatu tingkat sosial budaya manusia. Suatu Pergaulan antar individu yang berbeda negara telah terjadinya perpindahan nilai budaya.

Contohnya :

  • Munculnya budaya asing
  • Munculnya merek-merek luar negeri
  • Banyaknya imigrasi
  • Perlahan-lahan hilangnya kebudayaan lokal

3. Globalisasi di Bidang Politik

Globalisasi di bidang politik yaitu sebuah kebijakan suatu negara yang secara tidak langsung bisa atau akan mempengaruhi suatu kebijakan di tingkat regional ataupun tingkat dunia.

Contohnya :

  • Adanya pembentukan PBB
  • Antar negara saling bekerja sama
  • Adanya politik negara

4. Globalisasi di Bidang Informasi dan Komunikasi

Globalisasi di bidang informasi dan komunikasi yaitu yang telah menghasilkan suatu teknologi informasi dan komunikasi yang sangat cepat. Kemajuan ini memudahkan manusia untuk saling berkomunikasi dan bertukar informasi, baik dengan orang yang ada di dalam negeri maupun yang ada di luar negeri.

Contohnya :

  • Adanya berbagai merk teknologi di dalam negeri
  • Informasi akan cepet menyebar
  • Munculnya sosial media yang memudahkan untuk berkomunikasi

5. Globalisasi di Bidang Ideologi

Globalisasi di Bidang Ideologi yang satu ini dengan berkembangnya globalisasi dalam sebuah bidang ideologi yang menyebabkan berkembangnya sebuah paham ideologi asing disebuah negara-negara dunia yang sudah memengaruhi sikap dan perilaku negara lain.

Contohnya :

  • Bahasa asing dengan mudah nya masuk
  • Hilangnya sifat gotong royong
  • Perempuan bekerja sudah biasa-biasa saja.

Penyebab Globalisasi

  • Teknologi informasi dalam bidang komunikasi yang terus berkembang menjadi peran aktif dalam kemudahan dalam bertransaksi ekonomi antar negara
  • Adanya kerja sama ekonomi yang sifatnya Internasional dimana memudahkan terjadi berbagai kesepakatan setiap Negara yang terjalin erat
  • Berkembangnya ilmu pengetahuan dalam bidang teknologi transportasi sehingga memudahkan dalam jasa transport serta memudahkan dalam pengiriman barang sampai keluar negeri
Baca Juga :  √ Flora : Pengertian, Klasifikasi, Jenis & Persebarannya Lengkap

Dampak Globalisasi

Dampak Positif Globalisasi :

  • Untuk meningkatkan suatu etos kerja yang tinggi, untuk suka bekerja keras, disiplin, memiliki jiwa kemandirian, rasional, sportif, dan lain sebagainya.
  • Untuk kemajuan suatu teknologi yang mengakibatkan suatu kehidupan sosial ekonomi akan lebih produktif, efektif, dan efisien sehingga membuat produksi dalam negeri mampu untuk bersaing di pasar internasional.
  • Untuk meningkatkan kehidupan yang lebih Baik.
  • Untuk mendapatkan lebih banyak modal dan untuk mendapatkan teknologi yang lebih baik.
  • Untuk meluaskan pasar global untuk produk dalam negeri.
  • Untuk memajukan di bidang teknologi, komunikasi, informasi, dan transportasi yang memudahkan suatu kehidupan manusia.

Dampak Negatif Globalisasi :

  • Terjadinya penyelundupan barang ke Indonesia.
  • Perusahaan yang ada didalam negeri lebih tertarik berkerjasama dengan sebuah perusahaan dari luar, yang mengakibatkan kondisi industri dalam negeri akan sulit berkembang.
  • Terjadi sebuah kerusakan suatu lingkungan dan polusi limbah industri dilingkungan masyarakat.
  • Mengakibatkan terhambatnya pertumbuhan di sebuah sektor industri.
  • Timbulnya sebuah sikap mementingkan kepentingan diri sendiri (individualisme)
  • Timbulnya sikap mementingkan duniawi dan mengabaikan nilai-nilai agama

Semua negara tidak terikat dengan negara lain, tetapi saling terhubung dengan saling membutuhkan satu sama lain. Itulah ulasan tentang √ Globalisasi : Pengertian, Ciri, Macam, Contoh, Penyebab & Dampaknya Lengkap. Semoga bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terimakasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :