√ Iklan : Pengertian, Tujuan, Ciri, Jenis & Contohnya Lengkap

Diposting pada

√ Iklan : Pengertian, Tujuan, Syarat, Ciri, Jenis & Contohnya Lengkap

 

 

SeputarIlmu.Com – Selain radio, salah sat√u media komunikasi adalah surat kabar atau majalah. Dalam surat kabar atau majalah, kamu dapat menemukan beragam informasi, termasuk iklan. Iklan sangatlah berguna bagi kamu. Melalui iklan, kamu bisa memperoleh informasi mengenai barang yang akan dijual, lowongan pekerjaan, jasa perbaikan dan lain-lain. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai iklan baris, simak ulasan berikut ini!

 

√ Iklan : Pengertian, Tujuan, Syarat, Ciri, Jenis & Contohnya [ LENGKAP ]

 


Pengertian Iklan

Iklan adalah pemberitahuan kepada khalayak mengenai barang atau jasa yang dijual, dipasang di dalam media cetak (seperti surat kabar atau majalah) atau ditempat umum (KBBI, 2002). Di dalam teks iklan tersebut kamu dapat menemukan informasi berkaitan dengan barang atau benda yang diiklankan. Di dalam teks tersebut terdapat fakta dan opini tentang isi iklan. Fakta adalah hal (keadaan, peristiwa) yang merupakan kenyataan, sesuatu yang benar-benar ada atau terjadi dan bersifat objektif. Opini adalah pendapat, pikiran, pendirian dan bersifat subjektif.

 


Tujuan Iklan

adapun tujuannya dari iklan yaitu sebagai berikut sebagai berikut:

  • Memberikan informasi kepada khalayak mengenai suatu produk barang atau jasa, merek, perusahaan, ataupun suatu ide. Iklan menggunakan bahasa persuasif dengan menonjolkan kelebihan produk/ jasa yang ditawarkan.
  • Mempengaruhi orang lain yang merupakan target market untuk menggunakan dan membeli produk atau jasa yang ditawarkan kepada mereka.

 


Ciri – Ciri Iklan

Pada umumnya, iklan mempunyai ciri- ciri yaitu sebagai berikut :

  • Menggunakan pilihan kata yang menarik, logis, tepat dan sopan
  • Menggunakan pilihan kata yang mempunyai sugesti bagi khalayak.
  • Pilihan kata yang digunakan menonjolkan informasi utama yang dipentingkan
  • Menggunakan pilihan kata yang digunakan menunjukan sasaran.

 


Syarat – Syarat Iklan

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat iklan adalah sebagai berikut :

  • Menggunakan bahasa yang singkat, hemat, menarik dan komunikatif.
  • Alamat terperinci dan dilengkapi dengan nomor telpon.
  • Dapat merangsang keinginan untuk membeli atau memenuhi semua yang diiklankan.
  • Isinya tidak boleh menyesatkan.
  • Isi dibatasi atau tidak melebihi kolom yang tersedia.

 


Jenis – Jenis Iklan

1. Berdasarkan Tujuan

Berdasarkan tujuannya, iklan dapat dibedakan menjadi ; iklan reklame, iklan pengumuman dan iklan penawaran atau iklan permintaan.

  • Iklan reklame merupakan iklan niaga yang isinya memperkenalkan suatu barang. Iklan ini biasanya dibuat dengan kalimat yang berisi semboyan, singkat, penuh aksi dan terasa hidup. Iklan didominasi oleh gambar-gambar yang menarik dan mencolok.
  • Iklan pengumuman merupakan iklan nonniaga yang isinya memberitahukan hal-hal yang berhubungan dengan urusan dan kepentingan masyarakat luar, seperti penerangan atau pemberitahuan insan keluarga.
  • Iklan penawaran atau permintaan adalah iklan niaga yang berisi penawaran atau permintaan agar orang lain mau bekerja sama dengan pemasang iklan, Contoh iklan penawaran atau permintaan adalah iklan baris.

 

2. Jenis Iklan Berdasarkan Media yang Dipakai

A. Iklan Elektronik

Jenis iklan ini memanfaatkan media berbasis perangkat elektronik seperti radio, televisi, film, dan media digital interaktif (internet). Berikut adalah beberapa iklan elektronik tersebut:

  • Iklan radio: iklan radio hanya bisa didengarkan saja karena bentuknya hanya suara (audio). Contoh iklan radio adalah Ad-lib, Spot, dan Sponsor Program.
  • Iklan televisi: iklan televisi terdapat unsur suara, gambar, gerak, dan teks, sehingga lebih menarik bagi audiens. Beberapa contoh iklan televisi adalah Live Action, Animation, Stop Action, Musik, Sponsor Program, Running Text, Backdrop, Credit Title, Ad-lib, Promo Ad, dan Superimposed.
  • Iklan film: iklan film dapat dilihat ketika kita melihat sebuah film/ cinema. Biasanya iklan tayang sebelum film dimulai dimana bentuk iklan adalah live action, dan endorsement.
  • Iklan media digital interaktif: iklan jenis ini tayang di berbagai media online yang banyak pengunjungnya. Beberapa jenis iklan di media digital diantaranya Banner & Button, Website, Sponsorship, Search Engine Marketing, Email Marketing, Classified Ads, Social Media Marketing, dan lain-lain.
  • Iklan luar ruang: jenis iklan ini adalah iklan elektronik yang berada di luar ruangan dan posisinya terlihat khalayak ramai. Beberapa contoh iklan luar ruang ini adalah iklan transit, mobile billboard, outdoor standar, display, dan lainnya.

B. Iklan Cetak

Jenis iklan ini dipasang pada media yang memakai teknik cetak, baik itu berupa laser, sablon, letterpress, dan lain-lain. Contoh iklan cetak sering kita lihat di surat kabar, majalah, tabloid, poster, stiker, dan lain sebagainya.

Pada saat ini, keberadaan iklan kian semarak dan gencar. Untuk menawarkan produknya, baik barang maupun jasa, berbagai perusahaan memuat iklan di berbagai media massa, baik media elektronik maupun media cetak. Koran adalah salah satu media yang digemari oleh pemasang iklan. Alasannya, biayanya relatif murah dan media tersebut dikonsumsi banyak orang setiap hari. Perhatikan contoh iklan baris berikut.

Contoh Iklan Baris

Teks 1

BEKERJA SAMBIL BELAJAR p/w 18-45 th pengalaman tdk perlu, dilatih s/bisa, bukan sales/asuransi, pendapatan 1,5jt-3jt/mmg bisa dikerjakan diktr/rmh, segera. Hub: “Riza Aryono” 081645651755, 30111655

Iklan tersebut merupakan iklan lowongan pekerjaan atau kerja sama. Jika kita membaca iklan baris tersebut secara cermat, isi iklan tersebut adalah sebagai berikut.

Ada tawaran bekerja sambil belajar untuk pria dan wanita dengan umur 18 sampai dengan 45 tahun. Pengalaman kerja tidak diperlukan sebab akan dilatih sampai bisa. Pekerjaan ini bukan sales atau bidang asuransi. Pendapatan yang bisa anda peroleh adalah 1,5 sampai dengan 3 juta setiap minggu. Pekerjaan ini bisa dikerjakan dirumah atau dikantor. Jika anda berminat, dapat menghubungi Riza Aryono dengan nomor handphone 081645651755 dan telpon 30111655.

 

Menulis Iklan Baris

Salah satu jenis iklan adalah iklan baris. Iklan baris adalah iklan mini atau singkat yang terdiri atas beberapa baris saja di sebuah kolom. Isinya pemberitahuan kepada khalayak mengenai barang atau jasa. Iklan baris disebut juga iklan mini. Untuk memasang iklan baris di surat kabar atau majalah, kita dikenai biaya. Biaya tersebut dihitung berdasarkan berapa baris iklan yang kita tulis.
Perhatikan contoh iklan baris berikut.

Dijual Mrh Rmh Br S. Huni 100% Br Lt162/Lb.139 m²&Tnh kav Ekslusif Ls160 s.d 500 m² (Unit Terbatas) di Pesona Khayangan Estat Dpk (MargondaRy) Hub: 7713971, 081234355434

Dijual Tanpa Perantara Tanah 500m² SHM di Sarua, Ciputat, Tanggerang, Hub Ibu Anida 085790098998, Harga Nego

Jual Tanah Milik Sendiri 200.300.500.1000.6000 13ha, 20ha, ada rambutan dll. Hub: Abah. H. Bagus Hp.081313242001 Jatiasih

CETAK KILAT Tanpa min, order. Tanpa Biaya Tambahan: Undangan, Nota, Brosur, Kartu Nama, Tas-belanja, Stiker, Menu, Yasin- Jual Undangan Blangko Rp.575. Hub: 4534774-081887876556

Cetak Digital dalam dan luar ruang disk 30% X-Banner Rp231.000, Roll Banner Rp472.500 Sistem Iklan Display-Cutting Sricker Taman Pluit Kencana Dlm No.20 Tlp: 6691363

CITRA JAYA FORTUNA Terima Cetak Logo: Perusahaan untuk Mug, Piring, Gelas, Dll. Harga Dijamin Murah, Hub: Villa Nusa Indah Blok U3 No.26 Bojong Kulur Bekasi Telp: 82416889

Isi iklan harus objektif dan jujur, singkat dan jelas, tidak menyinggung perasaan golongan masyarakat atau produsen lain, serta menarik perhatian. Bahasa iklan harus mudah dipahami dan mudah diingat, berkonotasi positif yang bisa memengaruhi dan meyakinkan khalayak, serta menimbulkan sikap penasaran dari khalayak ramai

 

Menentukan Butir-Butir Yang Akan Ditulis Dalam Iklan Baris Di Surat Kabar

Kamu harus berlatih mengenali butir-butir atau unsur-unsur yang harus dituliskan dalam iklan lowongan pekerjaan dan iklan penawaran barang atau jasa.

Butir-butir yang harus dicantumkan dalam penulisan iklan baris jenis lowongan pekerjaan, yaitu :

  • Jenis lowongan pekerjaan
  • Kriteria sumber daya manusia yang dibutuhkan
  • Alamat pemasang iklan
  • Batas waktu pelamaran
  • Hak yang akan diperoleh pelamar yang diterima.

Butir-butir yang harus dicantumkan dalam penulisan iklan baris jenis jual-beli atau penawaran barang atau jasa, yaitu :

  • Barang atau jasa yang ditawarkan
  • Kondisi barang
  • Alamat
  • Harga-harga barang

Iklan baris sangat berguna bagi kita. Kita bisa memperoleh informasi mengenai barang yang akan dijual, pekerjaan, perbaikan dan lain-lain. Mengiklankan sesuatu dengan iklan baris merupakan cara yang efektif dan efesien

 

Itulah ulasan mengenai √ Iklan : Pengertian, Syarat, Tujuan, Ciri, Jenis & Contohnya [ LENGKAP ]. Semoga apa yang telah diulas diatas dapat bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terim kasih.

 

Baca Juga Artikel Lainnya :

Baca Juga :  √ Brosur : Pengertian, Ciri, Fungsi, Tujuan dan Contohnya Terlengkap
Baca Juga :  √ 20+ Contoh Pamflet : Pengertian, Tujuan, Ciri, Jenis & Gambarnya Lengkap
Baca Juga :  √ Informasi : Pengertian, Ciri, Tujuan, Jenis, Manfaat & Contohnya Lengkap
Baca Juga :  √ Wawancara : Pengertian, Metode, Ciri, Tujuan, Fungsi, Jenis & Contohnya Lengkap
Baca Juga :  √ Surat Lamaran Pekerjaan : Pengertian, Cara, Ciri, Jenis, Sumber, dan Unsur Terlengkap