√ Imigrasi : Pengertian, Faktor Pendorong, Dampak dan Jenis Terlengkap

Diposting pada

√ Imigrasi : Pengertian, Faktor Pendorong, Dampak dan Jenis Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Imigrasi.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Imigrasi? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

 

√ Imigrasi : Pengertian, Faktor Pendorong, Dampak dan Jenis Terlengkap
√ Imigrasi : Pengertian, Faktor Pendorong, Dampak dan Jenis Terlengkap

 

Pengertian Imigrasi

 

Imigrasi merupakan suatu proses perpindahan orang dari suatu negara/ bangsa ke negara lain dengan tujuan untuk menetap secara permanen, dimana orang tersebut bukanlah warga negara dari negara yang dituju.

Orang yang melakukan imigrasi ke negara lain disebut dengan imigran. Dalam hal ini, turis, rombongan olahraga dan seni, diplomat, dan pekerja asing, tidak termasuk dalam kategori imigran karena hanya sementara di negara yang dituju.

 

 

Pengertian Imigrasi Menurut Para Ahli

 

1. Oxford Living Dictionary

Imigrasi merupakan suatu tindakan datang untuk tinggal secara permanen di negara asing.

 

2. Collins Dictionary

Imigrasi ialah sebuah kedatangan orang ke suatu negara untuk tinggal dan bekerja di sana.

 

3. Wikipedia

Imigrasi yaitu perpindahan orang secara internasional ke negara tujuan di mana mereka bukan penduduk asli atau mereka tidak memiliki kewarganegaraan untuk menetap atau tinggal di sana, terutama sebagai penduduk tetap atau warga negara yang dinaturalisasi, atau untuk mengambil pekerjaan sebagai pekerja migran atau untuk sementara waktu sebagai pekerja asing.

 

 

Jenis – Jenis Imigrasi

 

1. Migrasi Masuk

Ini adalah masuknya penduduk ke daerah tujuan tertentu. Penduduk tersebut bisa berasal dari luar provinsi, luar pulau, atau bahkan luar negeri.

 

2. Migrasi Keluar

Berkebalikan dari migrasi masuk, migrasi keluar artinya perpindahan penduduk menuju daerah lain. Penduduk tersebut bisa berpindah ke luar provinsi, luar pulau atau luar negeri.

 

3. Migrasi Neto

Migrasi neto atau dalam bahasa Inggris disebut net migration adalah istilah yang digunakan untuk selisih jumlah migrasi masuk & keluar.

 

4. Migrasi Bruto

Lain halnya dengan migrasi bruto atau gross migration, yang mana ini merupakan istilah untuk jumlah migrasi masuk & keluar.

 

5. Migrasi Total

Pengertian imigrasi total yakni seluruh migrasi yang terjadi, baik itu migrasi semasa hidup maupun migrasi pulang.

 

6. Migrasi Internasional

Seperti yang sudah disinggung di atas, imigrasi tidak hanya menyangkut perpindahan penduduk antar provinsi atau antar pulau saja, tapi juga antar negara. Perpindahan penduduk antar negara inilah yang disebut dengan istilah migrasi internasional.

 

7. Migrasi Semasa Hidup

Pengertian migrasi semasa hidup ialah kegiatan migrasi yang dilakukan berdasarkan tempat kelahiran. Artinya, saat pencacahan atau sensus penduduk, mereka tinggal di daerah lain atau berbeda dari tempat lahirnya. Migrasi ini juga dikenal dengan istilah life time migration.

 

8. Migrasi Parsial

Ini merupakan istilah yang menjelaskan jumlah imigran dari satu daerah ke daerah lain sebagai tujuan.

 

9. Arus Migrasi

Arus migrasi atau migration stream yaitu jumlah banyaknya perpindahan penduduk dari suatu daerah asal ke suatu daerah tujuan di dalam jangka tertentu.

 

10. Urbanisasi

Urbanisasi artinya bertambahnya penduduk pada suatu daerah yang disebabkan oleh imigrasi. Urbanisasi juga bisa terjadi karena perluasan kota.

 

11. Transmigrasi

Terakhir ialah transmigrasi. Transmigrasi merupakan perpindahan & pemindahan penduduk dari satu daerah ke daerah lain untuk menetap yang mana perpindahan ini ditetapkan dalam wilayah Indonesia untuk kepentingan pembangunan. Perpindahan ini juga bisa dikarenakan faktor lain yang dirasa perlu menurut ketentuan dalam undang-undang.

 

 

Dampak Positif Imigrasi

 

  • Bertambahnya jumlah tenaga ahli yang berasal dari para imigrasi asing, terutama dari negara-negara maju.
  • Masuknya modal asing sehingga bisa mempercepat proses pembangunan karena para imigran tersebut menanamkan modalnya di berbagai bidang seperti industri, pertambangan, perkebunan, dan sebagainya.
  • Terjadinya alih teknologi dari tenaga asing kepada tenaga kerja di negara yang di datangi yang diharapkan dapat berjalan dengan baik.
  • Bertambahnya rasa solidaritas antarbangsa. Keberadaan imigran akan mempermudah kita untuk bergaul dan mengenal mereka secara langsung sehingga timbul suatu rasa kebersamaan dengan mereka.
  • Jumlah, pertambahan, dan tingkat kepadatan yang menjadi dinamika penduduk di negara asal para imigran menjadi berkurang.
  • Mengalirnya inventasi dari luar negeri ke dalam negeri karena, para imigran biasanya mengirimkan penghasilannya ke negara asalnya.
  • Penggangguran di negara asal para imigran semakin berkurang, sedangkan wawasan pengetahuan para imigran semakin bertambah.
  • Terjadi peningkatan hubungan persahabatan di antara penduduk kedua negara.
  • Terjadi peningkatan pendapatan pemerintah karena para imigran merupakan salah satu sumber pajak bagi negara.
  • Kerawanan sosial dan kerawanan keamanan di negara asal para imigran sebagai dampak berkurangnya penggangguran juga semakin berkurang.

 

 

Dampak Negatif Imigrasi

 

  • Masuknya budaya asing yang tidak sesuai dengan budaya dari para imigran, bila daya tangkal didalam negeri lemah, dapat merusak budaya di negara tujuan. Misalnya, pergaulan bebas yang merupakan budaya barat, sudah banyak dicontoh oleh masyarakat di negara kita, kususnya generasi muda, padahal budaya tersebut tidak sesuai dengan budaya bangsa Indonesia. Oleh karena itu, kita harus memperkuat budaya bangsa agar tidak terpengaruh budaya luar.
  • Terkadang ada imigran yang bertujuan tidak baik seperti pengedar narkoba, bertujuan politik, memata-matai, dan sebagainya. Oleh karena itu, diperlukan ketahanan nasional yang tinggi.
  • Menimbulkan kecemburuan sosial antara tenaga kerja asing dengan tenaga kerja dalam negeri. Oleh karena itu kita harus dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan bangsa kita sehingga mampu bersaing dengan tenaga asing.
  • Menyebabkan peningkatan jumlah, pertambahan, dan tingkat kepadatan penduduk di negara tujuan pra imigran.
  • Peningkatan kerawanan keamanan dan keraweanan sosial di negara tujuan para imigran sebagai dampak dari meningkatnya penggangguran.
  • Menyebabkan terjadinya benturan budaya antara para imigran dengan pengertian penduduk negara setempat.
  • Terjadinya peningkatan pelanggaran hukum di negara tujuan atau negara asal para imigran yang disebabkan banyaknya para imigran illegal (keberangkatannya tidak melalui proses yang seharusnya).
  • Hubungan baik antar negara asal para imigran dengan negara tujuan para imigran menjadi terganggu. Misalnya, terjadinya penganiayaan para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Negara-negara, seperti di Saudi Arabia, Malaysia, dan lain-lain.
  • Terjadinya penyebaran penyakit tertentu di negara tujuan para imigran yang ditularkan para imigran.
  • Meningkatnya pengangguran di negara tujuan para imigran.

 

 

Faktor Pendorong Terjadinya Imigrasi

 

  • Karena Keadaan lingkungan dan keadaan hidup yang menyenangkan, misalnya saja seperti iklim, perumahan, sekolah, dan fasilitas-fasilitas kemasyarakatan lainnya.
  • Adanya tarikan dari orang yang diharapkan sebagai tempat berlindung.
  • Adanya aktivitas-aktivitas di kota besar, tempat – tempat hiburan, pusat kebudayaan sebagai daya tarik bagi orang -orang dari desa atau kota kecil.
  • Adanya rasa superior di tempat yang baru atau kesempatan untuk memasuki lapangan pekerjaan yang cocok.
  • Adanya Kesempatan mendapatkan pendapatan yang lebih baik.
  • Adanya Kesempatan mendapatkan pendidikan yang lebih tinggi.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Imigrasi : Pengertian, Faktor Pendorong, Dampak dan Jenis Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :

Baca Juga :  √ Pronomina ( Kata ganti ) : Pengertian, Ciri, Jenis & Contohnya Lengkap

Baca Juga :  √ Penjelasan Letak Wilayah Indonesia Secara Lengkap

Baca Juga :  √ Past Continuous Tense : Pengertian, Rumus dan Fungsi Terlengkap

Baca Juga :  √ Lambung : Pengertian, Bagian, Fungsi & Penyakitnya Lengkap