Nutrisi Adalah

Diposting pada

√ Nutrisi : Pengertian, Manfaat, Macam dan Jenis Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Nutrisi.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Nutrisi? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

√ Nutrisi : Pengertian, Manfaat, Macam dan Jenis Terlengkap


Pengertian Nutrisi

Nutrisi merupakan suatu subtansi organic yang ada dan di butuhkan oleh organisme yang memiliki manfaat menormalkan sistem tubuh, pertumbuhan tubuh dan juga sebagai pemeliharaan kesehatan.

Penelitian di bidang nutrisi sendri mempelajari hubungan yang terjadi antara makan dan minuman akan kesehatan dan juga penyakit yang khususnya agar dapat menentukan diet yang optimal.

Angka kebutuhan nutrisi dasar dinekal di dunia internasional dengan “Recommended Daily Allowance (RDA). Pemakaian suatu nutrisi dalam level yang optimal, atau Optimal Daily Allowance (ODA), membuktikan bisa mencegah serta menangani stres oksidatif sehingga dapat membantu dala pencegahan penyakit kronis.

Level optimal tersebut bisa tercapai pada saat bersamaan dalam mengatasi efek samping dari pengobatan. Oleh sebab itu, nutrsisi sangat erat hubungannya denagan kesehatan yang optimal serta kehingkatan dari kualitas hidup. Hasil ukur dapat dilakukan memakai metode antropometri.


Macam-Macam Nutrisi

1. Mikronutrisi

Sesuai dengan namanya, mikronutrisi merupakan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh dalam jumlah sedikit dan hanya berfungsi untuk mendukung metabolisme tubuh. Terdapat tiga senyawa yang dapat dikategorikan sebagai nutrisi, yaitu vitamin, mineral dan air.


2. Makronutrisi

Sementara itu, makronutrisi merupakan kebalikan dari mikronutrisi. Nutrisi ini biasanya dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah yang besar karena sebagai sumber energi. Makronutrisi dapat diklasifikasikan menjadi tiga senyawa, yaitu karbohidrat, protein dan lemak.


Contoh Nutrisi

1. Karbohidrat

Karbohidrat merupakan sumber energi utama Anda dalam menjalani setiap aktivitas sehari-hari. Tubuh Anda akan menggunakan karbohidrat untuk memproduksi glukosa yang dapat segera digunakan atau menyimpannya sebagai cadangan energi. Jumlah glukosa yang diproduksi berlebihan akan disimpan oleh tubuh Anda sebagai lemak.

Terdapat dua jenis karbohidrat yang bermanfaat bagi tubuh, yaitu sederhana dan kompleks. Karbohidrat sederhana dapat ditemui dalam gula, sedangkan karbohidrat kompleks terdapat pada pati maupun serat.

Selain itu, Anda juga dapat mengkonsumsi nasi, jagung, gandum, ketela pohon, ubi, kentang, dan sagu sebagai sumber karbohidrat.


2. Protein

Protein sangat bermanfaat bagi tubuh Anda untuk membantu membangun serta memelihara jaringan otot serta saraf lainnya. Senyawa ini juga berfungsi untuk memproduksi hormon yang berguna bagi tubuh. Seperti halnya karbohidrat, kelebihan dari konsumsi protein akan disimpan tubuh dalam bentuk lemak.

Menurut sumbernya, protein dapat dibedakan menjadi nabati dan hewani. Jenis protein nabati yang dapat dikonsumsi diantaranya adalah kacang-kacangan, padi-padian dan sayur mayur.

Sementara itu, konsumsi protein hewani dapat Anda penuhi dari daging hewan. Namun, konsumsi protein dalam bentuk daging sebaiknya juga dilakukan secukupnya guna meminimalisir resiko terserang kolesterol.


3. Lemak

Jenis nutrisi lain yang dibutuhkan oleh tubuh Anda adalah lemak, baik jenuh maupun tidak jenuh. Lemak tidak jenuh merupakan jenis lemak yang paling aman untuk Anda konsumsi. Walaupun pada dasarnya lemak tak jenuh juga dapat berubah menjadi lemak jenuh apabila dilakukan proses penyempurnaan.

Makanan berlemak tak jenuh yang dapat dikonsumsi yaitu kelapa, kemiri, buah zaitun, kacang tanah dan buah alpukat.

Kemudian, lemak jenuh yang dapat dikonsumsi misalnya daging, telur, susu, ikan, mentega dan minyak ikan. Akan tetapi konsumsi lemak jenuh dalam jumlah yang berlebihan sangat tidak disarankan karena berpotensi meningkatkan kadar kolesterol.


4. Vitamin

Tubuh Anda juga membutuhkan jenis nutrisi ini untuk membantu metabolisme tubuh, meningkatkan energi dan membantu kelancaran berpikir.

Setiap vitamin yang Anda konsumsi tentu memiliki manfaat berbeda-beda bagi tubuh. Bahkan terdapat beberapa vitamin yang berkhasiat untuk meminimalisir resiko terserang penyakit tertentu.

Contohnya adalah kegunaan vitamin A, C dan E yang membantu mencegah penyakit arteri koroner, dimana ketiganya terus memperkuat dinding arteri.

Selanjutnya, yaitu vitamin B1 yang bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan dan syaraf tubuh Anda. Vitamin B2 membantu menormalkan pertumbuhan sel.

Vitamin B3 berfungsi sebagai detoksifikasi bagi tubuh Anda. Kemudian, vitamin D membantu penyerapan kalsium dan vitamin K dapat membekukan darah.


5. Mineral dan Trace Elemen Lainnya

Tubuh juga membutuhkan pasokan nutrisi yang berasal dari mineral dan trace elemen lainnya. Keduanya bermanfaat dalam membantu melancarkan kerja organ tubuh.

Mineral klorin misalnya yang dapat membantu memproduksi cairan pencernaan tubuh Anda. Kemudian, fosfor dapat membuat tulang Anda lebih kuat.

Kedua mineral tersebut dapat Anda temukan pada makanan yang dikonsumsi, namun akibat trace elemen tubuh hanya membutuhkannya dalam jumlah sedikit.

Nutrisi terakhir yang juga dibutuhkan oleh tubuh Anda yaitu garam. Namun, dalam mengkonsumsi nutrisi yang satu ini tidak boleh melebihi 2400 miligram per hari karena dapat meningkatkan tekanan darah.


6. Air

Keberadaan air sebagai salah satu nutrisi dalam tubuh jelas begitu penting. Air berfungsi sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang setalah melakukan rutinitas sehari-hari.

Disamping itu, air juga dapat mengontrol jumlah kalori, memperlancar fungsi ginjal, meningkatkan energi hingga membuang racun.


Manfaat Nutrisi

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan

Tahukah bahwa sakit yang sering kita alami seperti flu dan meriang yang terjadi di sebabkan karena kekebalan tubuh kita sedang menurun.

Cara meningkatkannya kembali adalah dengan cara mengonsumsi asupan makan yang sehat dan dapat juga mengkonsumsi vitamin c yang dapat di hasilkan dari memakan sayuran dan juga buah buahan serta dapat juga dari suplemen kesehatan.


2. Membantu Mempertahankan Berat Badan

Dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dapat juga menjad berat badan sehingga dapat memberikan kebiasaan hidup yang baik.

Dan apa bila hanya berfokus kepada nutrisi yang baik yaitu dengan cara mengkonsumsi sayuran, protein dan juga buah dengan tidak sadar kita menjaga tubuh dari penyakit dan membuat berat badan terkontrol. Ini semua dapat di lakukan dengan di sertai olah raga rutin pastinya.


3. Melindungi Tulang Dan Gigi

Tung dan juga gigi akan dapat tetap kuat meskipun umur kita sudah berusia 60 sampai 70 tahunan, ini terjadi apa bila kita memperhatikan nutrisi yang masuk dengan baik.

Produk yang terkenal seperti susu yaitu keju dan yoghurt tinggi akan kalsum yang dapat membantu tulang dan juga gigi kita mejadi sehat dan kuat.


4. Energi dan Vitalitas Untuk Hidup

Di dalam kegiatan kita sehari- harinya pastinya mengalami banyak sekali masah, masalah yang ada dapat mengeluarkan energy yang besar.

Akan tetapi semakin bertambahnya usia kita, energy yang ada akan semakin berkurang dan ada satu cara mempertahankannya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang sehat serta di barengi dengan olah raga rutin sehingga pemenuhan energy dapat tercapai.


5. Memperlambat Penuaan

Ini yang sangat di nantikan oleh banyak orang, memperlambat penuaan dini. Banyak sekali orang yang ingin tampak lebih muda akan tetapi tidak mengatur pola makan dan nutrisi yang ada di dalam tubuhnya.

Untuk dapat memperlambat penuaan dini sebenarnya simple yaitu dengan mengatur pola makan dan juga perbanyak olah raga rutin.


Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Nutrisi : Pengertian, Manfaat, Macam dan Jenis Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :