√ Pankreas : Pengertian, Fungsi, Struktur dan Penyakit Terlengkap

Diposting pada

√ Pankreas : Pengertian, Fungsi, Struktur dan Penyakit Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Pankreas.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Pankreas? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

 

√ Pankreas : Pengertian, Fungsi, Struktur dan Penyakit Terlengkap
√ Pankreas : Pengertian, Fungsi, Struktur dan Penyakit Terlengkap

 

Pengertian Pankreas

 

Pankreas yaitu salah satu organ kelenjar pada sistem pencernaan yang terletak di bawah permukaan lambung. Pankreas merupakan organ kelenjar yang memiliki dua fungsi utama, yaitu sebagai organ endokrin (mengeluarkan hormon) dan sebagai organ eksokrin (mengeluarkan enzim).

Pankreas mempunyai bentuk pipih memanjang, panjang pankreas dapat bervariasi dan biasanya sekitar 15 cm pada orang dewasa. Pankreas dapat ditemukan pada regio kiri atas rongga perut.

 

 

Fungsi Pankreas

 

  • Sebagai kelenjar eksokrin yaitu kelenjar yang mensekresikan zat tertentu tanpa dengan melalui pembuluh darah.
  • Sebagai kelenjar endokrin yaitu kelenjar yang mensekresikan zat tertentu melalui pembuluh darah.
  • Sebagai penghasil berbagai protease seperti tripsin, amilase dan lipase dalam membantu proses pencernaan.
  • Menjaga keseimbangan kadar gula dalam tubuh.
  • Menghasilkan cairan pankreas untuk proses pencernaan dalam saluran pencernaan.
  • Menjaga keseimbangan lemak dalam tubuh.
  • Untuk metabolisme baik anabolisme maupun katabolisme gula dan bentuk lainnya.

 

 

Fungsi Pankreas Sebagai Organ Endokrin

 

Pankreas manusia memiliki langerhans yang berperan dalam menjalankan fungsi endokrin pankreas. Langerhans adalah kelompok sel kecil yang tersebar di seluruh pankreas yang banyak terdapat pembuluh darah dan menyusun 1%-2% dari seluruh masa pankreas.

Langerhans ini terbagi menjadi 4 jenis sel yaitu :

  • Sela Alfa Pankreas yaitu sel yang berfungsi menghasilkan hormon glukagon. Fungsi hormon glukagon yaitu untuk meningkatkan kadar gula dalam darah dan memecah cadangan gula dalam hati lalu dibawa ke darah.
  • Sel Beta Pankreas yakni salah satu sel yang berfungsi menghasilkan hormon insulin. Fungsi hormon insulin yaitu untuk menurunkan kadar gula dalam darah, Jika kadar gula dalam darah tinggi, maka insulin akan menyimpan gula berlebih tersebut ke dalam hati. Jika hormon insulin tidak ada atau kurang, maka manusia akan terkena penyakit diabetes militus.
  • Sel F Pankreas (Sel Gamma Pankreas) ialah suatu sel yang berfungsi menghasilkan polipeptida pankreas. Fungsi polipeptida yaitu untuk memperlambat penyerap makanan. Namun, fungsi utama Sel F belum diketahui.
  • Sel Delta Pankreas merupakan sebuah sel yang berfungsi menghasilkan somatostatin. Fungsi hormon somatostatin yaitu untuk menghambat sekresi Glukagon oleh sel alfa pankreas dan menghambat sekresi insulin oleh sel beta pankreas, serta menghambat produk polipeptida oleh Sel F pankreas.

 

 

Fungsi Pankreas Sebagai Organ Eksokrin

 

Makanan dari lambung akan langsung menuju ke usus 12 jari, usus dua belas jari kemudian menghasilkan hormon kolesistokinin yang berfungsi untuk merangsang pankreas mengeluarkan enzimnya (getah pankreas) melalui duktus pankreatikus.

Getah pankreas tersebut dihasilkan oleh asini, yaitu kumpulan sel pankreas. Kandungan getah pankreas terdiri dari NaCHO3, Lipase, Tripsinogen, Amilase, enzim Karbohidrase.

Fungsi pankreas sebagai organ eksorin yaitu sebagai berikut :

  • Menetralkan pH makanan yang masuk ke dalam duodenum agar tetap dalam keadaan basa.
  • Menghasilkan berbagai enzim yang membantu proses pencernaan makanan masuk ke usus halus, dimana enzim tersebut berfungsi yang sama yaitu memecah molekul kompleks menjadi molekul yang lebih sederhana agar dapat diserap tubuh.

 

 

Struktur Bagian Pankreas

 

1. Kepala Pankreas

Kepala pankreas yaitu salah satu bagian yang terlihat menempel pada usus halus, bagian ini merupakan bagian terluas dari pankreas.

 

2. Leher Pankreas

Leher pankreas yakni suatu bagian pankreas yang berukuran panjang sekitar 2,5 cm dan terletak diantara kepala serta badan pankreas.

 

3. Badan Pankreas

Badan pankreas ialah sebuah bagian yang berada diantara leher serta ekor pankreas, bagian ini merupakan bagian terpenting pada pankreas.

 

4. Ekor Pankreas

Ekor pankreas merupakan sesuatu bagian meruncing yang terdapat pada perut kiri. Bagian ini merupakan bagian terakhir dari tubuh pankreas.

 

5. Saluran Pankreas

Saluran pankreas (Duktus Pankreatikus) ini menyatu dengan duktus koledukus (saluran empedu) dan bermuara di usus 12 jari (duodenum). Saluran pankreas ini mengeluarkan sejumlah enzim dari pankreas dalam membantu sistem pencernaan.

 

 

Penyakit Pada Pankreas

 

  1. Pankreatitis atau Inflamasi Pankreas yaitu penyakit pada pankreas yang ditandai dengan peradangan pankreas akut dan kronis. Peradangan ini bisa terjadi jika saluran utama pankreas tersumbat oleh batu empedu atau tumor.
  2. Pankreas Pseudokista yakni penyakit yang terjadi setelah pengidap terserang penyakit pankreatitis. Penyakit ini ditandai dengan terisinya rongga dengan cairan pseudokista.
  3. Kanker Pankreas ialah salah satu penyakit ini umumnya disebabkan karena munculnya berbagai macam sel asing yang berisiko tinggi untuk berubah menjadi tumor.
  4. Insulinoma atau Tumor Pankreas yaitu hingga kini belum diketahui penyebab penyakit insulinoma ini namun gejalanya disinyalir hampir sama dengan hipoglikemia seperti linglung, sakit kepala, gangguan penglihatan, dan terjadinya kelemahan otot.
  5. Fibrosis Kistik yaitu suatu penyakit yang terjadi pada pankreas yang muncul karena masalah genetis. Ini dapat mengakibatkan terjadinya kelainan serius pada paru-paru dan pankreas, bahkan kematian.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Pankreas : Pengertian, Fungsi, Struktur dan Penyakit Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :

Baca Juga :  √ Tulang : Pengertian, Fungsi, Macam, Bentuk dan Struktur Terlengkap

Baca Juga :  √ Kromatografi : Pengertian, Sejarah dan Jenisnya Terlengkap

Baca Juga :  √ Komponen Biotik : Pengertian Dan Contohnya Secara Lengkap

Baca Juga :  √ Medan Magnet : Pengertian, Sifat, Rumus & Contoh Soal Lengkap