√ Proxy : Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, Jenis, Kelebihan dan Kekurangan Terlengkap

Diposting pada

√ Proxy : Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, Jenis, Kelebihan dan Kekurangan Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Proxy.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Proxy? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

 

√ Proxy : Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, Jenis, Kelebihan dan Kekurangan Terlengkap
√ Proxy : Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, Jenis, Kelebihan dan Kekurangan Terlengkap

 

Pengertian Proxy

 

Proxy Server atau Peladen Pewali merupakan suatu server komputer yang menyediakan layanan untuk meneruskan permintaan user ke server lainnya yang berada di internet. Dengan adanya proxy server maka sebuah komputer bisa dihubungkan dengan komputer lainnya melalui internet.

Aplikasi client dapat berupa browser web, client FTP, dan sebagainya. Sedangkan aplikasi server dapat berupa server web, server FTP dan sebagainya.

 

 

Fungsi Proxy

 

1. Fungsi Conecting Sharing

Sebagai conecting sharing proxy berfungsi sebagai penghubung atau perantara dalam mengambil data dari suatu alamat IP (Internet Protocol) ke alamat IP lainnya atau dapat juga kepada IP komputer pengguna atau user.

 

2. Fungsi Filtering

Dalam fungsi filtering ada beberapa proxy yang telah dilengkapi dengan firewall yang bisa memblokir beberapa atau sebuah alamat IP yang tidak diinginkan, oleh karena itu beberapa website tidak bisa diakses dengan menggunakan proxy tersebut.

 

3. Fungsi Caching

Fungsi chaching ialah fungsi dimana proxy yang dilengkapi dengan media penyimpanan data dari suatu web, dari query ataupun permintaan akses pengguna.

Misal permintaan untuk membuka atau mengakses suatu web bisa lebih cepat jika telah ada permintaan akses suatu web pada user proxy sebelumnya.

Caching yaitu sebuah proses penyimpanan objek dan data yang sudah pernah direquest oleh user proxy ketika menggunakan untuk browsing dan melakukan sambungan internte pada aplikasi-aplikasi internet.

Misalnya, ketika kita mengakses sebuah web atau situs, gambar dan juga objek didalam web tersebut akan disimpan di proxy dalam bentuk cache.

Proses caching lebih mudah dilakukan dengan adanya proxy server, yang mana setiap data dan juga objek yang sudah pernah diakses atau direquest sebelumnya akan disimpan kedalam proxy server.

 

 

Manfaat Proxy

  • Adanya peningkatan terhadap kinerja jaringan.
  • Dipakai sebagai penyaring atau filter jika ada permintaan data dari suatu web.
  • Bisa mengurangi penggunaan bandwith dari sambungan internet user.
  • Jaringan internet kinerjanya meningkat.
  • Dapat memblokir kepada web atau situs tertentu.
  • Menjaga keamanan jaringan yang lebih baik dan juga terjaga.

 

 

Kelebihan Proxy

  • Suatu jaringan keamanannya terjaga, karena proxy sebagai pembatas antara jaringan lokal dan jaringan luar (internet).
  • Situs atau website yang telah diakses sebelumnya dapat dibuka kembali dan menjadi lebih cepat, karena akses tidak membutuhkan ke jaringan internet luar melainkan sudah ada pada direktori cache proxy.
  • Adanya fasilitas filtering (penyaring), baik filter untuk pengguna, content atu isi dan waktu akses.

 

 

Kekurangan Proxy

  • Jika sebuah website belum pernah dibuka sebelumnya maka akses terhadap website tersebut akan lebih lambat , karena client harus meminta terlebih dahulu ke pada proxy, setelah itu baru proxy yang akan meminta atau merequest dari client tersebut kepada penyedia layanan internet.
  • Apabila sebuah proxy terlambat melakukan update cache, maka client akan mendapatkan content yang belum update ketika melakukan request content.

 

 

Cara Kerja Proxy

 

Cara kerja sebuah proxy merupakan sangat sederhana, ketika pengguna atau user memakai layanan suatu proxy lalu meminta file atau data yang terdapat di public server maka proxy akan meneruskannya ke internet, jadi seolah-olah proxy tersebut yang meminta.

Proxy akan menunjukan respon kepada user atau pengguna seolah-olah dia merupakan public servernya, saat proxy server telah akan mendapatkan apa yang diminta oleh user. Itulah cara kerja proxy.

 

 

Jenis – Jenis Proxy Server

 

1. Anonymous Proxy (Proksi Anonim)

Ialah jenis proxy yang memberikan informasi mengenai komputer pengguna. Saat pengguna melakukan request pada sebuah website, maka website itu tidak akan mengetahui alamat IP pribadi si pengguna, hanya mengetahui IP proxy nya saja.

 

2. High Anonymity Proxy

Yaitu suatu jenis proxy yang tidak mengidentifikasikan dirinya sebagai proxy server dan tidak menyediakan alamat IP original.

Proxy ini menggunakan header REMOTE_ADDR dengan sebuah alamat IP menuju proxy server, sehingga dari pengguna akan terlihat bahwa proxy server-nya berperan sebagai klien.

 

3. Transparent Proxy (Proksi Transparan)

Merupakan salah satu jenis proxy yang melanjutkan permintaan pengguna ke sumber yang diinginkan tanpa mengungkap informasi komputer si pengguna. Pada umumnya proxy jenis ini banyak dipakai pada komputer di perkantoran.

 

4. Reverse Proxy

Yakni sebuah jenis proxy yang digunakan untuk mencegah klien terhubung dengan data atau informasi sensitif. Dan ketika caching pada proxy jenis ini diaktifkan maka trafik jaringan akan menurun.

 

 

Tindakan Web Proxy

  • Menyembunyikan alamat IP komputer
  • Mengakses situs yang diblokir oleh ISP
  • Memblokir akses ke situs sensitif atau berbahaya
  • Menyaring cookies yang tidak diinginkan
  • Meningkatkan keamanan dan privacy pengguna internet

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Proxy : Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, Jenis, Kelebihan dan Kekurangan Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :

Baca Juga :  √ 16 Pengertian Mediasi Menurut Para Ahli Terlengkap

Baca Juga :  √ Hotspot : Pengertian, Jenis, Sejarah, Fungsi dan Tips Terlengkap

Baca Juga :  √ Newsgroup : Pengertian, Sejarah, Fungsi dan Katagori Terlengkap

Baca Juga :  √ Kalimat : Pengertian, Ciri, Unsur, Jenis, Pola & Contohnya Lengkap