√ Seni Rupa Terapan : Pengertian, Sejarah, Fungsi, Jenis dan Contoh Terlengkap

Diposting pada

√ Seni Rupa Terapan : Pengertian, Sejarah, Fungsi, Jenis dan Contoh Terlengkap

 

 

SeputarIlmu.ComHallo para pencari ilmu,jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Seni Rupa Terapan. Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai Seni Rupa Terapan? Oke, mari simak penjelasan secara lengkapnya dibawah ini ya.

 

√ Seni Rupa Terapan : Pengertian, Sejarah, Fungsi, Jenis dan Contoh Terlengkap


Pengertian Seni Rupa Terapan

Hasil karya seni merupakan sebuah benda yang telah diciptakan oleh para seniman.

Karya Seni Rupa Terapan merupakan sesuatu hasil karya seni rupa yang berguna untuk sebuah keperluan sehari hari serta memiliki fungsi tertentu. Salah satu fungsinya ialah suatu nilai seni.

Seni rupa terapan ini dapat dibagi lagi menjadi dua yaitu seni rupa dua dimensi maupun seni rupa tiga dimensi. Pada karya seni rupa terapan ini memiliki dua fungsi seperti saja fungsi praktis serta fungsi estetis.

Pada fungsi karya seni rupa terapan yang bersifat secara estetis yaitu hanya akan mementingkan nilai keindahan atau sebagai hiasan saja, contohnya saja guci, vas bunga, hiasan dinding dn masing banyak lagi.

Sedangkan fungsi praktis seni rupa terapan ialah lebih mengutamakan suatu tujuan utama terhadap suatu benda yang telah dibuat, cotohnya saja meja, kursi, almari dan masih banyak lagi.

 


Sejarah Seni Rupa Terapan

 

  • Seni Rupa Terapan Zaman Pra Sejarah

Seperti layaknya pada kemunculan kesenian dan seni rupa, seni rupa terapan juga muncul semenjak pada zaman pra sejarah. Dahulu kala, seni rupa terapan ini memiliki bentuk yang sangat sederhana dan tidak sekompleks sekarang.

Ketika zaman pra sejarah, beberapa benda yang termasuk juga dalam seni rupa terapan yang ditemukan ialah senjata untuk berburu, baju untuk dapat melindungi tubuh manusia pada zaman itu.

Beberapa perhiasan yang digunakan untuk dapat memperindah tubuh manusianya, beberapa gerabah untuk bisa mendukung kehidupan manusianya, dan juga beberapa benda yang lainnya.

 

  • Seni Rupa Terapan Masa Peradaban Kuno

Perkembangan seni rupa terapan pada masa peradaban kuno ini juga mengalami bentuk yang lebih modern dari pada masa pra sejarah.

Seperti dalam peradaban Mesir dan juga peradaban yang memiliki kebudayaan yang tinggi.

Hasil karya seni rupa terapan mereka ini memiliki bentuk yang jauh lebih indah dari pada seni rupa terapan pada masa pra sejarah.

Tidak hanya pada kegunaannya saja tapi juga pada kepantasan atau tidaknya manusia tersebut memakai benda tersebut sebagai alat bantu sehari-hari mereka.

Pada masa ini juga, penciptaan pada seni rupa terapan mulai menggunakan hukum-hukum geometris. Seperti pada peradaban zaman Yunani dan juga Romawi.

Pada peradaban Yunani, pertimbangan-pertimbangan sebuah geometris itu ditemukan pada gerabah dan jambangan yang dibuat pada masa itu.

Sementara di peradaban Romawi, seni rupa terapan yang hanya menggunakan unsur dan pertimbangan hukum geometris ditemukan pada bangunan-bangunan mereka.

 

  • Seni Rupa Terapan Masa Peradaban Modern

Seni rupa pada masa modern ini memiliki bentuk yang lebih kaya dan pertimbangan lain yang jauh lebih kompleks dari pada masa peradaban kuno.

Beberapa contoh seni rupa terapan pada masa ini yaitu sebuah baju yang lebih memiliki banyak pertimbangan kala pembuatannya, gerabah, arsitektur yang menjadi jauh lebih kaya dalam hal bentuk dan kegunaan, dan bahkan dalam perkembangannya, seni rupa terapan ini juga memiliki unsur teknologi yang semakin lama semakin canggih.

 


Fungsi Seni Rupa Terapan

1. Sebagai Kebutuhan Pokok

  • Pangan – Dalam makanan akan membutuhkan segi warna, keindahan, rasa yang mempunyai citarasa yang lezat.
  • Sandang (Pakaian) – Sebagai pelindung tubuh dari suatu kondisi lingkungan tetapi sebagai sarana sosial sebagai identitas budaya masyarakat.
  • Papan – Dalam tatanan nilai seni suatu rumah akan menjadi jauh lebih nyaman untuk layak ditempati.

 

2. Sebagai Kebutuhan Sosial

  • Pendidikan Seni – manusia akan mempunyai sebuah kehalusan di budi pekerti, seni dapat mengolah kepekaan manusia terhadap lingkungan sekitar dengan hal-hal yang sangat berkaitan dengan keindahan.
  • Keagamaan – Tempat ibadah sebuah ungkapan manusia yang sangat bernilai keindahan selain nilai religi.
  • Ritual Kehidupan – Ritual kehidupan yang dulu dapat dilakukan setiap manusia yang berkaitan dengan seni misalnya dekorasi, tempat upacara adat.

 

Karya Seni Rupa Terapan selain dapat diciptakan sebagai benda yang praktis dapat juga dinikmati keindahannya antara lain sebagai :

  • Sebagai suatu sarana ritual keagamaan atau kerohanian.
  • Sebagai sarana pendidikan moral pada masyarakat.
  • Sebagai sarana pengungkapan suatu ekspresi pribadi.
  • Sebagai sarana untuk dapat mengenang suatu kejadian.

 


Macam – Macam Seni Rupa Terapan

1. Seni Rupa Arsistektur

Seni rupa bangunan atau juga arsitektur ialah salah satu macam seni rupa terapan yang berbentuk sebuah bangunan. Contohnya saja seperti tempat tinggal, kantor, tempat ibadah dan bangunan lainnya.

 

2. Seni Rupa Ilustrasi

Seni rupa ilustrasi yakni salah satu karya seni yang berbentuk gambar atau foto. Manfaatnya untuk dapat menjelaskan suatu naskah. Seni rupa ilustrasi ini juga sering dipakai dalam buku pelajaran di sekolah dasar.

Dengan adanya foto atau sebuah gambar ilustrasi, akan memudahkan pembaca untuk dapat memahami isi dari sebuah cerita atau artikel.

 

3. Seni Rupa Kriya

Seni rupa kriya yang sering disebut juga sebagai keterampilan tangan, mempunyai kegunaan untuk dapat mengolah bahan baku yang mudah ditemukan di lingkungan sekitar kita.

Biasanya bahan baku tersebut dapat diolah menjadi benda yang mempunyai suatu nilai estetis dan bernilai pakai.

 

4. Seni Rupa Grafis

Seni rupa grafis ini juga termasuk kedalam seni rupa yang proses pembuatannya menggunakan sebuah teknik cetak, biasanya memakai kertas. Seni rupa terapan ini mempunyai sebuah kegunaan sebagai alat komunikasi.

 

5. Seni Rupa Dekorasi

Dan macam seni rupa terapan yang terakhir ialah sebuah dekorasi. Seni rupa dekorasi ini memiliki fungsi untuk dapat menghias sebuah ruangan menjadi lebih indah.

Karya seni dekorasi ini biasanya kita temui saat sedang ada acara pernikahan, pertunjukan, pameran dan juga acara lainnya.

 


Jenis – Jenis Seni Rupa Terapan

 

1. Jenis – Jenis Seni Rupa Terapan Berdasarkan Fungsinya

  • Nilai Praktis

Nilai praktis dalam seni rupa terapan yaitu sebuah nilai fungsi yang berguna dalam kehidupan masyarakat sehari-hari.

Contohnya saja seperti kursi untuk tempat duduk, lemari untuk dapat menyimpan pakaian, dan lain sebagainya.

 

  • Nilai Estetis

Nilai estetis dalam seni rupa terapan merupakan sebuah nilai keindahan yang terdapat pada suatu benda sehingga terlihat dan dapat memiliki daya tarik yang tinggi di mata orang yang melihatnya.

Contohnya saja ialah seni batik yang ada pada pakaian, seni ukir yang ada pada kursi, dan lain-lain.

 

2. Jenis – Jenis Seni Rupa Terapan Berdasarkan Wujudnya

 

Karya Seni Rupa Terapan 2 Dimensi (Dwimatra)

  • Karya seni rupa terapan 2 dimensi merupakan sebuah karya seni rupa terapan yang mempunyai suatu ukuran panjang dan lebar. Karya seni 2 dimensi ini hanya bisa dilihat dari satu arah saja.
  • Contoh karya seni terapan 2 dimensi yaitu pada wayang kulit, tenun, batik dan karya seni dua dimensi lainnya.

 

Karya Seni Rupa Terapan 3 Dimensi (Trimatra)

  • Karya seni rupa terapan 3 dimensi ini merupakan sebuah seni rupa terapan yang mempunyai sebuah ruang. Karya seni 3 dimensi ini bisa dilihat dari berbagai arah.
  • Contoh karya seni terapan 3 dimensi yaitu pada sebuah rumah adat, senjata tradisional dan karya 3 dimensi lainnya.

 

3. Jenis – Jenis Seni Rupa Terapan Berdasarkan Bentuknya

  • Rumah Adat

Rumah adat yakni salah satu bentuk rumah yang arsitekturnya yang dapat disesuaikan dengan tempat di mana rumah tersebut dibuat. Masing-masing daerah juga memiliki bentuk rumah adat tersendiri.

Contoh rumah adat yang ada di Indonesia antara lain rumah adat Joglo dari daerah Yogyakarta, rumah Lamin dari Kalimantan Timur, dan lain-lain.

 

  • Senjata Tradisional

Senjata tradisional merupakan salah satu jenis senjata yang dapat dibuat oleh masing-masing daerah. Dengan kata lain, setiap daerah atau setiap suku dapat memiliki senjata tradisionalnya tersendiri.

Dulunya, senjata tradisional dimanfaatkan sebagai alat perang, berburu, bekerja, hingga benda pusaka. Jenis seni rupa terapan yang satu ini juga sering dianggap unik dan mengandung sebuah nilai estetis tersendiri.

Adapun contoh dari senjata tradisional yang dimiliki rakyat Indonesia yaitu sebuah keris dari Jawa Tengah, kujang dari Jawa Barat, senjata mandau dari Kalimantan, dan masih banyak lagi.

 

  • Alat Transportasi Tradisional

Jenis seni rupa terapan ini biasanya dapat digunakan sebagai alat transportasi masyarakat. Setiap daerah juga memiliki bentuk alat transportasi tradisional yang sangat berbeda dengan daerah lainnya. Contohnya saja seperti delman, perahu, becak, dan lain-lain.

 

  • Seni Kriya

Seni kriya merupakan sebuah jenis kerajinan tangan yang dapat menghasilkan suatu barang yang siap dipakai masyarakat. Contohnya saja seperti anyaman bambu untuk dinding rumah, gerabah sebagai perabotan rumah tangga, sepatu dari bahan kulit, dan lain-lain.

 


Contoh Seni Rupa Terapan

  • Rumah Adat

Yaitu salah satu karya seni rupa terapan yang berupa sebuah bangunan dan juga memiliki berbagai macam jenis atau bentuk.

Bahkan rumah adat di Indonesia juga banyak sekali jenisnya tergantung dari sebuah kebudayaan daerahnya masing-masing. Rumah adat ini merupakan suatu tempat tinggal masyarakat di Indonesia pada jaman dahulu.

 

  • Pakaian Tradisional

Yaitu salah satu contoh dari sebuah karya seni rupa terapan yang berupa busana. Jenis pakaian tradisional juga dapat tergantung dari sebuah kebudayaan di setiap daerah yang ada di Indonesia.

Pakaian tradisional ini memiliki nilai seni yang sangat tinggi dan selalu digunakan saat acara-acara tertentu.

 

  • Kerajinan Anyaman

Yaitu suatu karya seni yang terbuat dari serat (rotan, bambu dll) lalu dapat dirangkai sehingga dapat membentuk suatu benda yang dapat berguna untuk sebuah kehidupan manusia.

Misalnya saja seperti kursi dari bambu dan rotan, tutup nasi dari bambu, sangkar burung, tikar, dan lain-lain. Seiring perkembangan zaman karya seni kerajinan ini mulai tergantikan dan banyak yang tidak dapat terganti oleh plastik.

 

  • Kerajinan Kulit

Yaitu suatu karya seni rupa terapan yang terbuat dari kulit hewan (sapi, domba, buaya, ular, dll), tapi saat ini ada juga yang terbuat dari kulit sintetis.

 

  • Batik

Yaitu sejenis pakaian yang memiliki sebuah corak khas. Di Indonesia batik ini sangat popular hingga terkenal ke mancanegara.

Selain juga berfungsi dari segi keindahan batik juga berfungsi sebagai suatu pakaian, baik itu dapat digunakan untuk sehari-hari dan acara tertentu. Tekhnik pembuatan batik ini ada beberapa macam mulai dari batik tulis, lukis, cap, dan print.

 

  • Poster

Yaitu sesuatu karya seni rupa terapan yang berupa grafis terdiri dari gambar dan huruf pada kertas yang berukuran lumayan besar.

Poster ini biasanya di\tempel di tempat-tempat umum yang tujuannya untuk dapat menarik perhatian banyak orang. Poster biasanya berisi tentang iklan atau sebuah ajakan.

 

  • Kerajinan Tanah Liat

Yaitu salah satu kerajinan yang terbuat dari tanah liat dan dibentuk dengan teknik tertentu sehingga hasilnya dapat bermanfaat bagi manusia.

Contoh karya seninya berupa sebuah Gerabah, pot dari tanah liat, asbak, piring, mangkok, patung, genteng, batu bata, dan lain-lain.

 

  • Senjata Tradisional

Yaitu sesuatu benda yang berguna sebagai senjata di zaman dahulu, guna lainnya sebagai peralatan untuk dapat bekerja, tapi ada juga yang digunakan untuk sebuah perlengkapan ritual, adat-istiadat, pertunjukan seni tradisional, dan untuk hiasan sebagai pajangan.

 

Demikianlah penjelasan mengenai √ Seni Rupa Terapan : Pengertian, Sejarah, Fungsi, Jenis dan Contoh Terlengkap. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan serta ilmu pengeetahuan yang luas bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel lainnya :

Baca Juga :  √ Seni : Pengertian, Macam, Cabang, Fungsi, Tujuan & Contohnya Lengkap

Baca Juga :  √ Seni Rupa : Pengertian, Fungsi, Unsur, Prinsip, Jenis & Contohnya Lengkap

Baca Juga :  √ 10+ Contoh Seni Rupa Murni : Pengertian, Fungsi, Jenis & Gambarnya Terlengkap

Baca Juga :  √ Estetika : Pengertian Menurut Para Ahli, Unsur, dan Manfaat Terlengkap

Baca Juga :  √ Tipografi : Pengertian, Sejarah, Fungsi, Elemen, Klasifikasi & Contohnya Lengkap