√ Sudut Pandang : Pengertian, Jenis dan Contoh Terlengkap

Diposting pada

√ Sudut Pandang : Pengertian, Jenis dan Contoh Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Sudut Pandang.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Sudut Pandang? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

 

√ Sudut Pandang : Pengertian, Jenis dan Contoh Terlengkap
√ Sudut Pandang : Pengertian, Jenis dan Contoh Terlengkap

 

Pengertian Sudut Pandang

 

Sudut pandang merupakan suatu arah pandang seorang penulis dalam menyampaikan sebuah cerita, sehingga cerita tersebut lebih hidup dan tersampaikan dengan baik pada pembaca atau pendengarnya.

Sudut pandang atau point of view yakni sebuah teknik bercerita yang akan membuat ‘rasa’ yang berbeda pada alur dan cara penyampaian cerita. Dengan sudut pandang, penulis seolah-olah dapat menjadi pelaku utama atau menjadi orang lain dalam cerita tersebut.

 

 

Jenis – Jenis Sudut Pandang

 

1. Sudut Pandang Orang Pertama Sebagai Pelaku Utama

Sudut pandang orang pertama sebagai pelaku utama ialah sudut pandang yang umumnya menggunakan kata ganti seperti Aku ataupun Saya pada tokoh utama cerita.

Dalam sudut pandang ini penulis atau pengarang cerita seolah-olah terlibat dalam ceritanya dan dia sendiri yang berperan sebagai tokoh utama dalam cerita.

 

2. Sudut Pandang Orang Pertama Sebagai Pelaku Sampingan

Sudut pandang orang pertama sebagai pelaku sampingan yaitu sudut pandang yang menempatkan seolah-olah si tokoh utama yang bercerita, akan tetapi posisinya dalam cerita bukanlah sebagai tokoh utama.

 

3. Sudut Pandang Orang Ketiga Serba Tahu

Sudut pandang orang ketiga serba tahu adalag sudut pandang yang umumnya menggunakan kata ganti seperti ia, dia atau nama dari pelaku yang ada dalam cerita yang dibuat oleh penulis.

 

4. Sudut Pandang Orang Ketiga Pengamat

Dalam sudut pandang ini maksudnya kata “dia” sangat terbatas. Penulis cerita menggambarkan apa yang dilihat, didengar, yang dialami dan yang dirasakan oleh tokoh utama dalam cerita, namun hal tersebut sangat terbatas yaitu hanya pada seorang tokoh saja.

Tokoh yang ada dalam cerita mungkin cukup banyak namun mereka tidak diberikan kesempatan yang lebih untuk menunjukan sosok yang sebenarnya, jadi hanya tokoh utama saja yang menunjukan sosok yang sebenarnya.

 

 

Contoh Sudut Pandang

 

1. Sudut Pandang Orang pertama Sebagai Pelaku Utama

Pagi hari aku bangun dari tidur panjang yang telah melelapkanku, aku bergegas pergi ke kamar mandi untuk mandi sebelum berangkat ke sekolah.

Setelah itu aku membereskan tempat tidur dan sarapan pagi terlebih dahulu, lalu setelah selesai sarapan barulah aku berangkat ke sekolah dan berpamitan kepada orang tua.

 

2. Sudut Pandang Orang Pertama Sebagai Pelaku Sampingan

Brak!!! Sekali lagi aku dibuat kaget dengan suara pintu dari samping kamarku. Fitri pergi terburu-buru sambil lari tunggang langgang. Sepertinya ia terlambat kuliah lagi. Fitri merupakan salah satu gadis yang manis, ia ramah dengan semua orang. Tidak heran jika banyak orang menyukainya.

 

3. Sudut Pandang Orang Ketiga Serba Tahu

Sudah satu bulan aku sering melihat dia menunggu bus di bangku yang ada di pingggir jalan itu, tapi belum satu kalipun dia terlihat menunggu bus dengan temannya.

 

4. Sudut Pandang Orang Ketiga Pengamat

“Datang seorang siswi baru yang berpakaian keren kedalam kelas. Wajahnya yang cantik membuat semua siswa di kelas tersebut terdiam. Tiba-tiba siswi baru tersebut tersenyum dan membuat semua siswa di kelas menjerit histeris, karena tidak menyangka senyum siswi baru itu sangat mempesona…”

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Sudut Pandang : Pengertian, Jenis dan Contoh Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :

Baca Juga :  √ Seni Sastra : Pengertian, Unsur, Ciri, Jenis, Fungsi & Contohnya Lengkap

Baca Juga :  √ Kimia Analisis : Pengertian, Jenis, Metode dan Fungsi Terlengkap

Baca Juga :  √ Past Future Perfect Tense : Pengertian, Fungsi dan Rumus Terlengkap

Baca Juga :  √ Latar : Pengertian Menurut Para Ahli, Jenis dan Fungsi Terlengkap