Tulang Selangka

Diposting pada

SeputarIlmu.Com Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Tulang Selangka.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Tulang Selangka? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

√ Tulang Selangka : Pengertian, Fungsi, Perlekatan Otot dan Letak Terlengkap


Pengertian Tulang Selangka

Tulang selangka atau clavicula merupakan salah satu tulang yang membentuk bahu dan menghubungkan lengan atas pada batang tubuh.

Bentuk tulang selangka kurva-ganda dan memanjang. Tulang selangka merupakan satu-satunya tulang yang memanjang horizontal dalam tubuh.

Tulang selangka wanita lebih pendek, tipis, kurang melengkung, dan permukaannya lebih halus, sedangkan tulang selangka pada pria kebalikannya.

Tulang selangka ini ialah tulang pertama yang mengalami proses pengerasan osifikasi selama perkembangan embrio minggu ke-5 dan 6. Clavicula juga merupakan tulang terakhir yang menyelesaikan proses pengerasan yaitu pada usia 21 tahun.


Letak Tulang Selangka

Bentuk tulang ini seperti kurva yang panjang (horisontal) dan ganda. Letak tulang ini tepat pada rusuk tulang pertama.

Di bagian ujung medialnya sendiri tulag ini terdapat sendi yakni dari tulang dada. Di ujung lateral tulang ini memiliki sendi dari tulang belikat.


Perlekatan Otot Tulang Selangka

Permukaan Superior

  • Otot deltoideus pada bagian tuberculum deltoideus
  • Otot trapezius

Permukaan Inferior

  • Otot subclavius pada sulcus musculi subclavii
  • Ligamentum conoideum (bagian medial dari ligamentum coracoclaviculare) pada tuberculum conoideum
  • Ligamentum trapzoideum (bagian lateral dari ligamentum coracoclaviculare pada linea trapezoidea
Baca Juga :  Tulang Dada

Batas Anterior

  • Otot pectoralis mayor
  • Otot deltoideus
  • Otot sternocleidomastoid
  • Otot sternohyoideus
  • Otot trapezius

Fungsi Tulang Selangka

1. Pengganjal Tubuh

Salah satu fungsi dari tulang selangka adalah sebagai pengganjal dari tubuh. Pengganjal di sini adalah agar saat tubuh di bagian lengan bergerak tidak terjadi pergerakan di bagian dada yang akan menimbukan trauma atau cidera.


2. Sebagai Penerus

Selain sebagai pengganjal maka tulang selangka ini juga bisa berfungsi sebagai penerus, yakni dengan melanjutkan respon goncangan sehingga akan memberikan respon yang bersamaan.


Penyakit Tulang Selangka

1. Cedera Sendi

Robeknya sendi bisa saja terjadi pada hidup kita yang di akibatkan oleh cidera atau trauma. Hal ni akan menyebabkan acromioclavicular akan nyeri akibat robek.

Hal ini juga akan mengganggu ligamen yang berfungsi untuk menjaga tulang anda. cidera pada sendi terjadi biasanya di karenakan oleh pukulan atau jatuh yang cukup keras sehingga menyebabkan sendi robek.


2. Osteoarthritis

Penyakit satu ini adalah sebuah penyakit yang cukup serius. Hal ini karena penyakit ini merupakan penyakit yang mengakibatkan pengapuran sendi. Para pendrita penyakit ini akan merasakan nyeri pada persendian hingga merasa kaku.


3. Thoratic Outlet Syndrome

Penyakit yang satu ini berbeda dengan sebelmnya, hal ini karena sindrom satu ini bisa menyebabkan pergeseran tulang selangka yang bisa membuat pembuluh darah tertekan.

Kondisi seperti ini juga bisa menyebabkan saraf antar tulang juga tertekan. Penyakit satu ini cukup serius, penyebab dari penyakut ini juga cukup sering terjadi di sekitar kita seperti obesitas, cidera, postur dan beban yang cukup berat pada bahu.


Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Tulang Selangka : Pengertian, Fungsi, Letak, Perlekatan & Penyakitnya Lengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

Baca Juga :  Sistem Rangka Manusia

Baca Juga Artikel Lainnya :