√ VGA CARD : Pengertian, Fungsi, Kekurangan, Kelebihan, Bentuk dan Jenis Terlengkap

Diposting pada

√ VGA CARD : Pengertian, Fungsi, Kekurangan, Kelebihan, Bentuk dan Jenis Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai VGA CARD.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah VGA CARD? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

 

√ VGA CARD : Pengertian, Fungsi, Kekurangan, Kelebihan, Bentuk dan Jenis Terlengkap
√ VGA CARD : Pengertian, Fungsi, Kekurangan, Kelebihan, Bentuk dan Jenis Terlengkap

 

Pengertian VGA CARD

 

VGA Card atau yang biasa disebut dengan display adapter, graphic adapter, video card atau graphic card merupakan salah satu perangkat keras dalam komputer yang bertugas untuk memproses segala data dan informasi berbentuk grafis yang nantinya akan ditayangkan dalam layar TV, proyektor, atau televisi.

VGA card sendiri telah ada dan tertanam atau terintergrasi dalam Central Processing Unit (CPU) dan motherboard. VGA yang tertanam dalam CPU dinamakan dengan “Accelerated Processing Unit (APUs), sedangkan VGA card yang tertanam dalam motherboar dikenal dengan sebutan “On-board Video”.

 

 

Fungsi VGA CARD

 

  • Untuk menerjemahkan output komputer ke layar monitor
  • Untuk mengubah sinyal digital di komputer menjadi tampilan grafis yang dapat di display melalui layar monitor
  • Digunakan untuk menyimpan data dari hardisk
  • Membuat gambar dengan kualitas yang bagus
  • Menggambar atau melakukan desain grafis termasuk bermain game
  • Menyuplai data untuk prosesor yang akan diproses
  • Memproses setiap grafis yang akan ditampilkan ke layar monitor

 

 

Cara Kerja VGA CARD

 

Monitor VGA sering dianggap sebagai kotak pixel yang mana setiap Excel merupakan elemen gambar yang bisa diatur ke warna tertentu.

Terdapat 480 baris setiap baris ada 640 pixel, di mana antarmuka VGA bekerja secara serial yaitu informasi warna setiap pixel dikirim satu demi satu, berlawanan dengan semuanya sekaligus.

Warna bisa diganti dengan menggunakan triplek yang terdiri dari intensitas masing- masing warna dasar seperti merah, hijau dan biru.

Kinerja dari VGA sendiri bisa terlihat sangat nyata ketika digunakan untuk bermain game yang mana membutuhkan grafis tinggi serta kapasitas dan kualitas yang bagus.

Sehingga apabila suatu VGA Card akan yang digunakan tidak memiliki kualitas maupun kapasitas yang mumpuni sesuai yang dibutuhkan saat bermain game maka tampilannya akan sangat jelek dan bahkan tidak jernih.

Inilah alasan mengapa kadang- kadang orang membutuhkan VGA card tertentu demi menghasilkan kualitas gambar yang lebih bagus.

 

 

Kelebihan VGA CARD

 

1. VGA Card On-Board

VGA jenis ini telah menjadi satu atau menempel di papan mainboard atau motherboard yang akan dapat di pastikan tidak akan menjadi masalah pada komputer ketika sedang di gunakan. VGA ini di berikan gratis karena setiap membeli motherboard maka sudah pasti terpasang VGA ini.

 

2. VGA Card Add-On

VGA berjenis ini memiliki kelebihan yaitu dapat melakukan pekerjaan renderinya dengan kapasitas berat dan tidak memrlukan atau memakan memori utama komputer atau yang di sebut RAM yang berada di CPU.

Proses yang di lakukan tidak membebani memori atau ram utama yang membuat pekerjaan lainnya tidak akan terganggu dan sangat cepat ketika melakukan proses apa pun.

 

 

Kekurangan VGA CARD

 

1. VGA Card On-Board

VGA jenis ini memiliki kekurangan yaitu tidak memiliki memory sendiri yang akan menyebabkan pemotongan dari memori CPU yang di kenal sebagai RAM atau Random Access Memory. Hal ini dapat menyebabkan proses yang di lakukan oleh komputer akan melambat jika RAM yang di milikinya terbatas.

 

2. VGA Card Add-On

VGA berjenis ini memiliki kelemahannya seperti harganya yang mahal membuat para peminatnya harus mengeluarkan uang lebih belum untuk membeli ramnya juga.

Tegangan yang di perlukanpun sangat banyak yang membuat power supply yang di butuhkan harus besar pula jika tidak komputer akan dapat mengalami kendala ketika di operasikan.

 

 

Jenis – Jenis VGA CARD

 

1. Jenis VGA CARD Berdasarkan Klasifikasi Memori

 

  • EDO RAM

EDO RAM biasa dipakai pada komputer dengan sistem kartu grafik 64 bit. RAM ini berkecepatan antara 60ns-35ns, serta EDO RAM ini biasa ditanamkan di Diamond Stealth 2000 3D, Card winfast s280/2600 3D dan lainnya.

SGRAM

RAM ini biasa digunakan untuk komputer yang memiliki kartu grafis berkelas tinggi, sehingga banyak dipakai pada VGA card seperti Martox Mystique, Matrox MGA Millenium, ASUS 3D Explorer dan lain-lain.

 

  • RAMBUS

RAM jenis ini biasa digunakan untuk mesin video game seperti Sega atau Nitendo, sehingga karti ini tidak banyak diproduksi dan hanya diproduksi oleh Crative Labs seperti MA-332, MA-302, Graphic Blaster xXtreme dan Blaster 3D.

 

  • Dynamic RAM (DRAM)

DRAM ini biasa digunakan untuk komputer yang memiliki spesifiksi umum yang tidak mementingkan kecepatan tinggi, selain itu itu DRAM ini juga memiliki banyak pilihan warna.

 

  • VRAM (Video RAM)

Kartu VGA yang mengintegrasikan memori VRAM berkecepatan 20 atau 10 ns, harga VRAM lebih mahal dibanding dengan DRAM karena VRAM lebih cepat dari DRAM. Pemakaian VRAM pada kartu VGA ditujukan untuk komputer kelas atas. Umumnya VRAM dipasang pada VGA yang dikonsentrasikan untuk desain grafis.

 

2. Jenis VGA CARD Berdasarkan Arsitektur Sistem I/O bus VGA

 

  • VGA Card ISA (1981 Sistem ISA 8 bit, 1984 Sistem ISA 16 bit)

Jenis VGA card ini merupakan salah satu jenis VGA card lama yang slotnya dipasang pada ekpandi ISA bus pada komputer yang menggunakan sistem 8 bit dan 16 bit. VGA ini sudah tidak dipakai pada era sekarang karena kecepatan dan kecepatan transfer data yang tarbatas dan lambat.

 

  • VGA Card EISA (1988 EISA 32 bit)

VGA card jenis lama ini dipasang pada slot ekpandi IESA pada koputer dengan sistem 32 bit. VGA card ini juga sudah tidak digunakan karena kecepatan transfer data, kombinasi warna, serta kehalusan data yang kurang maksimal.

 

  • VGA Card PCI (1993 32 bit dan 64 bit)

VGA card jenis ini dipasang pada slot PCI bus pada komputer dengan sistem 32 bit dan 64 bit. Pada zaman sekarang VGA card ini digunakan pada komputer dengan jenis dual core atau pentium.

 

  • VGA Card AGP

VGA AGP ini dipasang pada slot AGP bus komputer dengan sistem 128 bit atau 256 bit. VGA jenis ini hanya bisa dipasang ketika motherboar telah memiliki slot AGP. VGA ini berfungsi untuk meningkatkan proses transfer data grafis dari CPU ke layar monitor.

 

  • VGA Card PCIe (2004 PCIe)

VGA card PCIe dipasangkan pada slot PCIe komputer dengan rangkaian seri sistem I/O-nya (PCIe 1x, PCIe 4x, PCIE 8x, serta PCIE 16x). VGA ini memiliki kecepatan transfer yang tinggi yaitu mencapai 32GB/s sehingga menjadi perangkat teknologi mutahir yang ada untuk perangkat interface sekarang.

 

 

Bentuk VGA CARD

 

1. VGA CARD On-Board

Kartu VGA onboard bisa ditemukan pada semua mainboard atau motherboard pada komputer atau laptop yang sudah terpasang satu paket. Jenis Vga onboard dapat digunakan untuk menampilkan output pada layar dengan sangat baik.

 

2. VGA Card Add-on

Jika ingin melakukan pemprosesan grafis yang tingkat tinggi, kita perlu kartu VGA Card Add-on jika dirasa Vga card onboard kurang maksimal hasilnya. Untuk para desainer, gamer dengan spesifikasi tinggi atau 3D, editor film sangat memerlukan VGA Card Add-on ini.

Perangkat ini hanya bisa ditambahkan pada personal komputer saja, untuk laptop tidak tersedia slot penambahan kartu vga. Dan juga Vga Card add-on ini membutuhkan daya listrik yang tinggi dan hanya bisa dipenuhi jika menggunakan PC.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ VGA CARD : Pengertian, Fungsi, Kekurangan, Kelebihan, Bentuk dan Jenis Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :

Baca Juga :  √ Animasi : Pengertian, Prinsip dan Jenis Terlengkap

Baca Juga :  √ Lembaga Pendidikan : Pengertian, Macam, Ciri, Tujuan, Fungsi & Contohnya Lengkap

Baca Juga :  √ Informasi : Pengertian, Ciri, Tujuan, Jenis, Manfaat & Contohnya Lengkap

Baca Juga :  √ Logam : pengertian, Sifat, Unsur, Jenis & Fungsinya Terlengkap