√ Bandwidth : Pengertian, Fungsi, Jenis, Cara Kerja dan Faktor Yang Mempengaruhi Terlengkap

Diposting pada

√ Bandwidth : Pengertian, Fungsi, Jenis, Cara Kerja dan Faktor Yang Mempengaruhi Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Bandwidth.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Bandwidth? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

 

√ Bandwidth : Pengertian, Fungsi, Jenis, Cara Kerja dan Faktor Yang Mempengaruhi Terlengkap
√ Bandwidth : Pengertian, Fungsi, Jenis, Cara Kerja dan Faktor Yang Mempengaruhi Terlengkap

 

Pengertian Bandwidth

 

Bandwidth merupakan sejumlah kapasitas maksimum suatu jalur komunikasi yang digunakan untuk mengirimkan data antara server dan client dalam hitungan bit per second (bps).

 

 

Fungsi Bandwidth

 

1. Media Pengiriman Data

Contohnya pada kabel fisik LAN yang digunakan untuk menghubungkan koneksi LAN dan perangkat PC yang digunakan. Dalam hal ini bandwidth bekerja sebagai jalur penghubung atau sebagai media yang menghubungkan proses transfer data.

 

2. Pembatas Kecepatan Transfer

Dari fungsi ini, bandwidth bekerja untuk membatasi kecepatan atransfer data. Biasanya fungsi ini dimanfaatkan oleh administrator untuk mengelola jaringan agar bisa menghindari dari tindak pencurian.

Misalnya ketika perangkat digunakan untuk mengunduh atau memutar video dengan resolusi High Display (HD). Karena tindakan tersebut dapat menyedot banyak bandwidth yang berakibat dapat mengganggu pengguna lain.

 

3. Membatasi Kecepatan Pengiriman Data

Bandwidth juga memiliki fungsi untuk membatasi data yang dapat ditransfer atau dikirim menurut satuan waktu tertentu. Biasanya ini digunakan oleh administrator hosting maupun oleh admisnistrator jaringan.

 

 

Faktor yang Mempengaruhi Bandwidth

  • Perangkat jaringan yang digunakan.
  • Topologi jaringan yang digunakan.
  • Tipe data yang ditransfer.
  • Banyaknya pengguna jaringan.
  • Spesifikasi komputer server.
  • Spesifikasi komputer client atau user.
  • Induksi listrik maupun cuaca.

 

 

Jenis – Jenis Bandwidth

 

1. Bandwidth Analog

Bandwidth analog menunjukan perbedaan antara frekuensi rendah dan frekuensi tinggi dalam rentang satuan frekuensi yang diukur dalam Hertz (Hz), yang bisa memastikan banyaknya informasi yang ditransmisikan dalam waktu tertentu. terkadang, bandwidth analog ini jarang digunakan dalam dunia jaringan.

 

2. Bandwidth Digital

Bandwidth digital yaitu suatu kapasitas yang menentukan jumlah data digital yang bisa ditransmisikan, baik melalui saluran yang menggunakan kabel atau nirkabel dalam waktu tertentu yang dihitung dalam bit. Bandwidth tipe ini sangat banyak dipakai oleh penyedia jasa internet atau ISP di Indonesia.

Misalnya ketika Anda menyediakan bandwidth 1GB per bulan, maka tanpa mempertimbangkan kecepatan akses dan jumlah perangkat yang menggunakannya, data maksimum yang dapat dikirim sebesar 1Gb dan tidak bisa lebih dari itu.

 

 

Cara Kerja Bandwidth

Bandwidth merupakan suatu komponen yang penting dalam sebuah jaringan, dimana berbagai aktivitas seperti pengiriman atau penerimaan data membutuhkan bandwidth didalamnya.

Mengenai cara kerja bandwidth tidak jauh dari dari tiga fungsi yang telah disebutkan diatas. Ketika pengguna terhubung dengan suatu jaringan, maka bandwidth akan bekerja sesuai dengan fungsi tersebut.

Namun, perlu Anda ingat bahwa bandwidth bukan merupakan satu-satunya faktor yang memengaruhi kinerja dari suatu jaringan. Masih ada beberapa faktor yang memengaruhinya, seperti packet loss, latency dan sebagainya.

Apabila Anda terhubung ke sebuah jaringan, biasanya terdapat batasan volume akses yang diberikan. Untuk itu, Anda perlu menghemat penggunaan bandwidth agar kapasitas data yang akan Anda akses akan semakin banyak.

Sebab, semakin besarnya bandwidth yang disediakan, maka semakin besar pula jumlah kapasitas data yang bisa ditransfer.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Bandwidth : Pengertian, Fungsi, Jenis, Cara Kerja dan Faktor Yang Mempengaruhi Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :

Baca Juga :  √ Hukum Perdata : Pengertian, Sejarah, Sumber, Asas & Jenisnya Serta Contohnya Lengkap

Baca Juga :  √ Ginjal : Pengertian, Bagian, Fungsi, Struktur, Penyakit & Gambarnya Lengkap

Baca Juga :  √ BIOS : Pengertian, Jenis, Fungsi, Cara Mengakses dan Keunggulan Terlengkap

Baca Juga :  √ Disiplin : Pengertian, Tujuan, Jenis, Bentuk dan Contoh Terlengkap