√ Biografi : Pengertian, Ciri, Struktur dan Jenis Terlengkap

Diposting pada

√ Biografi : Pengertian, Ciri, Struktur dan Jenis Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Biografi.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Biografi? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

 

√ Biografi : Pengertian, Ciri, Struktur dan Jenis Terlengkap
√ Biografi : Pengertian, Ciri, Struktur dan Jenis Terlengkap

 

Pengertian Biografi

 

Secara etimologis, kata “Biografi” berasal dari bahasa Yunani, yaitu “Bios” yang artinya hidup dan “Graphien” yang artinya tulisan. Sehingga secara singkat pengertian biografi adalah tulisan yang membahas mengenai kehidupan seseorang.

Biografi merupakan salah satu tulisan yang menjelaskan tentang kisah dan keterangan mengenai kehidupan seseorang atau kisah riwayat hidup seseorang.

 

 

Ciri – Ciri Biografi

  • Biografi memiliki struktur baku dalam pembuatannya, meliputi orientasi, reorientasi, dan peristiwa.
  • Isi biografi dibuat berdasarkan fakta (faktual) sesuai dengan kisah hidup tokoh yang diceritakan.
  • Gaya penulisan biografi dibuat dalam bentuk narasi sehingga lebih menarik untuk dibaca.
  • Terdapat kisah yang menarik dan menginspirasi dalam kehidupan tokoh biografi sehingga dapat mempengaruhi pembaca.
  • Biografi juga mengandung hal-hal yang dapat memotivasi seseorang sehingga mencontoh atau meneladani kehidupan tokoh dalam biografi tersebut.

 

 

Jenis – Jenis Biografi

 

1. Biografi Berdasarkan Izin Penulisan

  • Authorized Biography merupakan sebuah biografi yang penulisannya itu telah mendapatkan izin atau dengan sepengetahuan dari tokoh yang akan diceritakan kisah hidupnya.
  • Unauthorized Biography ialah sebuah biografi yang penulisannya itu tidak atas izin atau tanpa sepengetahuan tokoh yang akan diceritakan kisah hidupnya. Umumnya penulisan pada unauthorized biography ini dilakukan karena tokoh yang akan diceritakan sudah meninggal atau wafat.

 

2. Biografi Berdasarkan Isinya

  • Biografi Perjalanan Hidup yaitu sebuah biografi yang isinya itu mengenai perjalanan hidup seorang tokoh dengan secara lengkap atau juga dengan mengambil beberapa bagian dari perjalanan hidup yang dianggap sangat berkesan.
  • Biografi Perjalanan Karir ialah sebuah biografi yang isinya itu mengenai perjalanan karir seorang tokoh mulai dari awal hingga karir yang dilakukan sampai ini. Atau bisa juga menceritakan perjalanan karir seorang tokoh dalam mencapai kesuksesan tertentu.

 

3. Biografi Berdasarkan Masalah yang Dibahas

  • Biografi Politik ialah sebuah biografi yang isinya itu mengenai kisah hidup tokoh suatu Negara dilihat dari sudut pandang politik. Walaupun dengan melalui riset, pada umumnya biografi politik ini mengandung sarat akan kepentingan penulis atau juga tokoh yang diceritakan.
  • Biografi Intelektual yaitu salah satu biografi yang isinya itu menjelaskan kisah hidup tokoh intelektual dilihat dari sudut pandang ilmiah. Biografi intelektual ini dibuat dengan melalui berbagai riset serta juga penulisannya menggunakan bahasa ilmiah.
  • Biografi Jurnalistik yakni salah satu jenis biografi yang penulisannya itu didapatkan dari hasil wawancara secara langsung dengan tokoh yang akan ditulis kisah kehidupannya.

 

4. Biografi Berdasarkan Penerbit

  • Buku Sendiri merupakan sebuah biografi tokoh yang dijadikan buku oleh sang penerbit dengan biaya produksinya mulai dari penulisan, percetakan serta juga pemasaran ditanggung sendiri. Tujuan dari penulisan biografi ini ialah untuk dijual dipasaran atau juga untuk mendapatkan perhatian publik.
  • Buku Subsidi ialah sebuah biografi tokoh yang biaya penulisannya serta juga biaya produksinya itu ditanggung oleh sponsor. Apabial dilihat dari sisi komersil, biografi jenis ini tidak akan laku atau juga harga jualnya itu terlalu tinggi sehingga sulit untuk dijangkau.

 

 

Struktur Biografi

 

1. Orientasi

Orientasi ialah bagian yang mana menerangkan mengenai pengenalan tokoh, berisi gambaran awal tentang tokoh yang diceritakan dalam biografi tersebut.

 

2. Peristiwa dan Masalah

Bagian peristiwa atau kejadian adalah salah satu struktur bagian yang mengandung tentang sebuah peristiwa atau kejadian yang pernah dialami, yang juga didalamnya berisi masalah yang pernah dihadapi dalam mencapai tujuan dan juga cita-citanya.

Hal yang menarik, mengagumkan, mengesankan dan mengharukan yang pernah dialami tokoh juga dijelaskan di bagian ini.

 

3. Reorientasi

Reorientasi merupakan bagian yang menjadi penutup dari biografi. Bagian ini menjelaskan suatu pandangan penulis kepada tokoh yang diceritakan. Reorientasi mempunyai sifat opsional yang artinya bagian ini dapat ditulis atau tidak.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Biografi : Pengertian, Ciri, Struktur dan Jenis Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :

Baca Juga :  √ Etika : Pengertian, Jenis, Fungsi & Manfaatnya Lengkap

Baca Juga :  √ 55 Macam Perangkat Keras Komputer : Pengertian, Fungsi & Gambarnya Lengkap

Baca Juga :  √ Daya : Pengertian, Rumus, Perbedaan dan Contoh Soal Terlengkap

Baca Juga :  √ Berpikir Kritis : Pengertian, Ciri, Manfaat, Komponen dan Indikator Terlengkap