√ Denudasi : Pengertian, Proses, Faktor Penyebab dan Dampak Terlengkap

Diposting pada

√ Denudasi : Pengertian, Proses, Faktor Penyebab dan Dampak Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Denudasi.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Denudasi? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

 

√ Denudasi : Pengertian, Proses, Faktor Penyebab dan Dampak Terlengkap
√ Denudasi : Pengertian, Proses, Faktor Penyebab dan Dampak Terlengkap

 

Pengertian Denudasi

 

Dalam geologi, denudasi diartikan sebagai serangkaian proses panjang yang mengakibatkan pengikisan permukaan Bumi dan berujung pada berkurangnya ketinggian dan relief bentang alam dan lanskap.

Denudasi merupakan suatu proses alamiah yang bisa terjadi dalam waktu lama yang dapat disebabkan karena faktor kimia, biologi maupun mekanis. Denudasi melibatkan proses erosi mekanik, biologis, dan kimiawi berupa erosi, pelapukan dan mass wasting.

 

 

Proses Terjadinya Denudasi

 

1. Proses Biologi

Proses biologi mengaitkan kegiatan makhluk hidup, contohnya ialah kegiatan manusia yang bermacam bisa menciptakan permukaan bumi mendapati denudasi.

Seperti, penambangan emas yang ada di kawasan tambang emas. Tanah-tanah di kawasan tersebut jelas akan lebih cepat menemui denudasi ketimbang lainnya yang tidak berada di kawasan pertambangan.

 

2. Proses Mekanis

Proses mekanis mengaitkan beragam unsur, misalnya angin, air, udara dan sinar matahari. Denudasi menjalani proses mekanis seperti terjadi pada kawasan beriklim ekstrem. Denudasi tersebut nyaris sama dengan abrasi, namun terjadi pada permukaan yang tinggi.

Kawasan yang mempunyai banyak wujud yang dominan tinggi dan berada di iklim ekstrem, maka bagian yang tinggi tersebut makin mudah mendapati rapuh ataupun abrasi.

Hal tersebut jelas akan berdampak pada ketinggian permukaan tersebut. Ketinggian permukaan tersebut akan mengecil dan material dari pengecilan tersebut akan tertarik ke kawasn lain atau rapuh di sekelilingnya.

 

3. Proses Kimiawi

Denudasi yang terjadi karena proses kimiawi seperti terjadi karena akibat simpanan air hujan. Air hujan yang minim banyak menyimpan asam mempunyai ketahanan untuk merapuhkan sesuatu.

Hal tersebut tidak saja kelihatan alam yang ada di bumi. Apabila tidak karena simpanan air hujan, maka hal tersebut akan terjadi karena ketahanan air hujan.

Bagian bumi yang dominan berlama-lama akan amblas dan dampaknya ketinggian kawasan tersebut akan mengecil dan material yang hilang tersebut dapat bermigrasi ke kawasan lain dengan tertarik oleh deraian air hujan tersebut.

 

 

Dampak Terjadinya Denudasi

  • Terciptanya rubing yang amblas
  • Lenyapnya beberapa lapisan permukaan bumi
  • Dampaknya lokasi wisata karena umumnya efek denudasi mempunyai bentuk yang fenomenal.

 

 

Faktor Penyebab Denudasi

 

1. Topografi Permukaan

Merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi atau yang menjadi penyebab terjadinya denudasi. Topografi permukaan itu merpakan tinggi rendahnya permukaan Bumi atau kerak bumi.

Topografi yang curam lebih mudah untuk terkena denudasi daripada topografi wilayah yang rendah. Topografi permukaan bumi yang curam lebih tersebut mudah terkena denudasi disebabkan karena pengaruh dari bentuknya.

Topografi permukaan bumi yang curam setelah terjadinya denudasi itu maka akan berkurang kecuramannya dan juga pada ketinggiannya juga akan berkurang.

 

2. Geologi

Faktor ini juga merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi atau yang menjadi penyebab terjadinya denudasi.

Faktor geologi yang dimaksud ini adalah tenaga yang berasal dari bumi, seperti berikut :

 

  • Tenaga Endogen

Tenaga endogen ini merupakan sebuah tenaga yang berasal dari dalam bumi. Beberapa contoh tenaga endogen yang mengakibatkan denudasi ini antara lain adalah pergeseran lempeng tektonik, gempa bumi, rekahan, dan gunung meletus.

 

  • Tenaga Eksogen

Sementara tenaga eksogen merupakan suatu tenaga yang berasal dari luar bumi. Contoh tenaga eksogen yang menyebabkan denudasi ini adalah erosi, pelapukan dan juga peristiwa mass wasting.

Tenaga endogen dan eksogen tersebut dapat memberikan dampak atau juga pengaruhnya terhadap bentuk permukaan bumi, baik itu untuk merubah bentuk permukaan bumi atau pun juga yang menyebabkan bentukan baru pada permukaan bumi.

 

3. Iklim

Merupakan keadaan cuaca rata- rata yang melingkupi suatu tempat yang luas dan juga dalam kurun waktu yang panjang. Iklim tersebut juga menjadi salah satu penyebab terjadinya denudasi dari segi faktor fisika.

Iklim yang ekstrim tentu akan lebih cepat menyebabkan denudasi ketimbang iklim yang stabil. Hal itu misalnya seperti batu yang lebih cepat melapuk pada wilayah iklim ekstrim ketimbang yang wilayah yang stabil.

 

4. Aktivitas Tektonik

Selain dari hal diatas, aktivitas tektonisme ini pun merupakan faktor yang berpengaruh dalam proses terjadinya denudasi. Aktivitas tektonik ini adalah gerakan- gerakan yang terjadi pada lempeng- lempeng bumi.

Gerakan yang terjadi pada lempeng- lempeng bumi tersebut akan menyebabkan segalamacam akibat, seperti munculnya bentuk- bentuk perukaan bumi yang tidak rata. Bentukan – bentukan tersebut muncul karena adanya sebuah pergerakan atau pergeseran lempeng.

 

5. Biosfer

Biosfer yang dimaksud disini ialah aktivitas flora dan juga fauna. Aktivitas flora dan fauni tersebut misalnya adalah keadaan tanah yang tidak ditumbuhi oleh tanaman sehingga akan memudahkan tanah untuk lebih cepat terkikis dan kemudian menimbulkan denudasi, dan lain sebagainya.

Semntara itu untuk aktivitas hewan atau binatang ini lebih kearah pada aktivitas binatang yang berlebihan akan menyebabkan denudasi itu untuk lebih cepat terjadi.

 

6. Aktivitas Manusia

Untuk Aktivitas manusia ini memang bisa dibilang beragam. Manusia dalam beraktivitas ini memang sering melibatkan alam, dan juga alam yang dilibatkan dalam kegiatan atau aktivitas manusia itu juga seringkali mengalami perubahan, walaupun tidak kita sadari atau mungkin tidak kita hiraukan.

Salah satu dari kegiatan manusia yang bisa menyebabkan atau menimbulkan terjadinya denudasi ini adalah pembangunan gedung bertingkat.

Pembangunan gedung bertingkat tersebut akan mengakibatkan percepatan terjadinya tanah amblas. Hal tersebut karena bobot gedung yang harus diterima pada permukaan tanah yang ditempati.

Selain pembangunan gedung bertingkat. Begitupula dengan penggalian tambang, hal tersebut juga dapat mengakibatkan denudasi.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Denudasi : Pengertian, Proses, Faktor Penyebab dan Dampak Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :

Baca Juga :  √ Abrasi : Pengertian, Dampak, Penyebab, Cara Mengatasi dan Jenis Terlengkap

Baca Juga :  √ Etnosentrisme : Pengertian, Penyebab, Dampak dan Contoh Terlengkap

Baca Juga :  √ Gunung Meletus : Pengertian, Penyebab, Dampak, Cara Mengatasi, Contoh dan Tanda Terlengkap

Baca Juga :  √ Budaya Politik : Pengertian, Macam, Ciri & Contohnya Lengkap