√ 25 Pengertian Epidemiologi Menurut Para Ahli Terlengkap

Diposting pada

√ 25 Pengertian Epidemiologi Menurut Para Ahli Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Epidemiologi.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Epidemiologi? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

 

√ 25 Pengertian Epidemiologi Menurut Para Ahli Terlengkap
√ 25 Pengertian Epidemiologi Menurut Para Ahli Terlengkap

 

Pengertian Epidemiologi Menurut Para Ahli

 

1. WHO (World Health Organization)

Epidemologi merupakan Studi mengenai distribusi dan determinan kesehatan yang berhubungan dengan kejadian di populasi serta juga aplikasi dari studi untuk pemecahan masalah fokus kesehatan.

 

2. Wade Hampton Frost

Epidemiologi ialah suatu pengetahuan tentang fenomena massal (Mass Phenomen) penyakit infeksi atau sebagai riwayat alamiah (Natural History) penyakit menular.

 

3. Greenwood

Epidemiologi mempelajari tentang penyakit dan segala macam kejadian yang mengenai kelompok (herd) penduduk. Kelebihannya yaitu adanya penekanan pada kelompok Penduduk yang mengarah kepada Distribusi suatu penyakit.

 

4. Center Of Disease Control

Epidemiologi yaitu suatu studi yang mempelajari penyebaran dan Determinan penyakit masyarakat keadaan kesehatan pada masyarakat dan penerapannya sebagai pengendalian penanganan masalah kesehatan. Epidemiologi bisa juga di sebut Riset.

 

5. Brian Mac Mahon

Epidemiologi adalah salah satu studi tentang penyebaran dan penyebab frekuensi penyakit pada manusia.

 

6. Anders Ahlbom & Staffan Norel

Epidemiologi merupakan salah satu Ilmu Pengetahuan mengenai terjadinya penyakit pada populasi manusia.

 

7. Gary D. Friedman

Epidemiologi ialah sebuah studi tentang kejadian penyakit pada populasi manusia.

 

8. Elizabeth Barret

Epidemiologi yaitu suatu studi tentang distribusi dan penyebab penyakit.

 

9. Timmreck

Epidemiologi ialah suatu ilmu yang mempelajari mengenai sifat, penyebab, pengendalian, dan faktor-faktor yang mempengaruhi frekuensi dan distribusi penyakit, kecacatan dan kematian dalam populasi manusia.

 

10. Aspek Akademik

Epidemiologi sebagai tindakan analisa data kesehatan, sosial-ekonomi, dan trend yang terjadi untuk melakukan identifikasi dan interpretasi perubahan-perubahan kesehatan yang terjadi atau akan terjadi pada masyarakat umum atau kelompok penduduk tertentu.

 

11. Noor

Epidemiologi yakni suatu cabang ilmu kesehatan untuk menganalisis sifat dan penyebaran berbagai masalah kesehatan dalam suatu penduduk tertentu serta mempelajari sebab munculnya masalah dan ganggunan kesehatan itu untuk tujuan mencegah ataupun menanggulanginya.

 

12. Aspek Praktis

Epidemiologi yaitu salah satu ilmu yang diarahkan pada usaha mencegah penyebaran penyakit yang menimpa individu, kelompok penduduk atau masyarakat umum.

 

13. Aspek Klik

Epidemiologi merupakan suatu usaha untuk melakukan deteksi secara dini perubahan insidensi atau prevalensi yang dijalankan melalui penemuan klinis atau laboratorium pada awal munculnya penyakit baru dan awal terjadinya epidemi.

 

14. Aspek Administrasi

Epidemiologi yaitu suatu upaya mengetahui kondisi masyarakat pada sebuah wilayah atau negara supaya bisa memberikan pelayanan kesehatan yang efektif dan efisien sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

 

15. Leedy

Epidemiologi adalah segala pencarian sistematis terhadap kebenaran yang belum terungkap.

 

16. Barbara Valanis

Epidemiologi ialah istilah yang berasal dari bahasa Yunani (epid = atas, demo = orang, logo = ilmu).

 

17. Abdel R. Omran

Epidemiologi yakni suatu ilmu tentang terjadinya dan distribusi kondisi kesehatan, penyakit dan perubahan pada penduduk, begitu juga determinannya serta akibat-akibat yang terjadi pada kelompok penduduk.

 

18. Last

Epidemiologi merupakan segala studi tentang distribusi dan penentu keadaan atau peristiwa yang berhubungan dengan kesehatan pada populasi tertentu dan penerapan studi masalah ini.

 

19. Hirsch

Epidemiologi adalah semua gambaran kejadian, penyebaran dari jenis-jenis penyakit pada manusia pada saat tertentu di berbagai tempat di bumi dan mengkaitkan dengan kondisi eksternal.

 

20. Robert H. Fletcher

Epidemiologi yakni suatu disiplin riset yang membahas mengenai distribusi dan determinan penyakit dalam populasi.

 

21. Judith S. Mausner dan Anita K. Bahn

Epidemiologi berkaitan dengan perluasan dan jenis penyakit dan cedera pada kelompok orang dan dengan faktor-faktor yang mempengaruhi distribusi mereka.

 

22. Moris

Epidemiologi merupakan suatu pengetahuan tentang sehat dan sakit dari suatu penduduk.

 

23. Lewis H. Rohf dan Beatrice J. Selwyn

Epidemiologi ialah salah satu deskripsi dan penjelasan tentang perbedaan ketelitian peristiwa medis dalam subkelompok populasi, di mana populasi telah dibagi berdasarkan beberapa karakteristik yang diyakini mempengaruhi peristiwa tersebut.

 

24. Liliendfeld

Epidemiologi adalah salah satu metode pemikiran tentang penyakit yang berkaitan dengan penilaian biologis dan berasal dari pengamatan suatu tingkat kesehatan populasi.

 

25. Wikipedia

Epidemiologi merupakan salah satu ilmu yang mempelajari pola kesehatan dan penyakit serta faktor yang terkait di tingkat populasi.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ 25 Pengertian Epidemiologi Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :

Baca Juga :  √ Trakea (Batang Tenggorokan) : Pengertian, Fungsi, Struktur, Bagian dan Penyakit Terlengkap

Baca Juga :  √ Ovarium : Pengertian, Fungsi, Struktur dan Penyakit Terlengkap

Baca Juga :  √ Teks Eksposisi : Pengertian, Ciri, Tujuan, Struktur, Kaidah, Jenis & Contohnya Lengkap

Baca Juga :  √ Daftar Pustaka : Pengertian, Fungsi, Unsur, Syarat & Contohnya Lengkap