√ Esai : Pengertian, Ciri, Jenis, Struktur dan Cara Membuat Terlengkap

Diposting pada

√ Esai : Pengertian, Ciri, Jenis, Struktur dan Cara Membuat Terlengkap

 

 

SeputarIlmu.Com Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Esai.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Esai? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

 

√ Esai : Pengertian, Ciri, Jenis, Struktur dan Cara Membuat Terlengkap
√ Esai : Pengertian, Ciri, Jenis, Struktur dan Cara Membuat Terlengkap

 


Pengertian Esai

Esai merupakan salah satu bentuk tulisan yang memvisualisaikan pendapat penulis mengenai pokok spesfisik yang hendak dinilainya.

Pandangan pribadi ini harus logis dan dipahami dengan baik. Tidak hanya itu, argumen yang disajikan dalam esai harus didukung oleh fakta, sehingga esai tidak menjadi tulisan fiktif atau imajinasi belaka dari si penulis.

Tujuan penulisan esai yaitu untuk membuat orang percaya pada sudut pandang penulis tentang suatu masalah. Karena itu, harus ada data atau fakta yang mendukung.

 


Pengertian Esai Menurut Para Ahli

 

1. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Esai adalah salah satu karangan prosa yang membahas suatu masalah secara sepintas lalu dari sudut pandang pribadi penulisnya.

 

2. Soetomo

Esai sebagai suatu karangan pendek berdasarkan cara pandang seseorang dalam menyikapi suatu masalah.

 


Ciri – Ciri Esai

 

1. Merupakan Karangan Pendek

Esai merupakan salah satu jenis prosa yang merupakan karya sastra dalam bentuk tulisan. Esai ini dibuat atau ditulis delam jumlah kalimat yang sedikit (singkat/pendek), untuk itu isinya berupa kajian yang singkat padat dan jelas.

 

2. Memiliki Gaya Bahasa yang Khas

Esai dapat ditulis oleh semua orang yang berfikir mengenai permasalahan atau mengangkat permasalahan untuk diperbincangkan, sehingga esai memiliki gaya bahasa yang khas sesuai dengan karakter penulisnya.

 


Cara Membuat Esai

  • Memilih tema ataupun topik
  • Membentuk garis besar gagasan yang akan bahas
  • Menuliskan anggapan sebagai penulis dengan kalimat yang ringkas dan jelas
  • Menulis tubuh esai; mendahullui dengan memilih poin penting yang akan dibahas, kemudian membuat beberapa subtema penjelasan supaya pembaca lebih mudah mengerti maksud dari ide, berikutnya tingkatkan subtema yang sudah dibuat sebelumnya
  • Membentuk paragraf pertama yang berupa sebagai pendahuluan
  • Membentuk kesimpulan

 


Jenis – Jenis Esai

 

1. Deskriptif

Deskriptif ialah jenis esai yang menguraikan individu yang memukau ketertarikan penyair.

 

2. Esai Argumentatif

Esai jenis ini mempunyai tujuan untuk mempercayai pendengar ataupun pembaca menerima gagasan, pemikiran, tingkah laku, dan keyakinan penyair atas desas-desus ataupun kejadian.

 

3. Tajuk

Tajuk yaitu suatu jenis esai yang umum dipublish dalam koran.

 

4. Esai Cerita

Esai cerita yakni salah satu esai yang berperan untuk menggambarkan ataupun mendatangkan baik barang, individu maupun keadaan lainnya supaya bisa dibayangkan oleh pendengar ataupun pembaca.

 

5. Cukilan Watak

Dalam esai jenis ini mengharuskan penyair menguraikan petikan perilaku individu tersangkut desas-desus kepada pendengar ataupun pembaca.

 

6. Esai Paparan

Jenis esai ini berperan untuk menguraikan lebih detail sebuah keadaan pada pembaca ataupun pendengar.

 

7. Pribadi

Dalam jenis esai ini, penyair berkisah mengenai dirinya sendiri, penyair mengatakan anggapannya mengenai tersangkut desas-desus yang memikat perhatiannya.

 

8. Reflektif

Reflektif merupakan sebuah esai yang ditulis untuk memikirkan desas-desus politik, peraturan pemerintah dan desas-desus penting lain yang sering ditulis oleh sastrawan dalam membenakan desas-desus yang ada.

 

9. Kritik

Kritik ialah suatu jenis esai yang mengandung sebuah kecaman kepada suatu karya seni.

 

10. Esai Lukisan

Esai lukisan ialah salah satu karya tulis yang memvisualisasikan sesuatu dengan tujuan untuk menolong pembaca mengetaui kondisi yang ingin disampaikan.

 


Struktur Esai

 

1. Pendahuluan

Dalam pendahuluan, kita bisa mengungkapkan atau membahas topik atau tema yang akan dibahas dalam keseluruhan esai.

Unsur yang ada dalam pendahuluan yaitu latar belakang dan pendapat pribadi penulis tentang tema yang akan dibahas secara lebih jelas dan detail pada bagian selanjutnya.

Pendahuluan ini akan menjadi pengantar pembaca untuk memahami topik pembahasan sehingga pembaca lebih mudah memahami isi esai.

 

2. Isi atau Pembahasan

Isi atau pembahasan merupakan bagian esai yang menjelaskan tema atau topik tulisan secara lebih detail. Dalam isi, penulis menjabarkan pendapatnya secara kronologis atau berurut sesuai dengan ide yang disusun dalam kerangka sehingga esai menjadi koheren.

 

3. Kesimpulan atau Penutup

Kesimpulan merupakan bagian terakhir esai. Pada bagian ini berisi kalimat yang merangkum atau menyimpulkan apa yang telah disampaikan pada pendahuluan dan pembahasan. Kesimpulan tidak boleh melebar ke topik yang lainnya.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Esai : Pengertian, Ciri, Jenis, Struktur dan Cara Membuat Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :

Baca Juga :  √ Past Future Perfect Continuous Tense : Pengertian, Fungsi dan Rumus Terlengkap

Baca Juga :  √ Kelenjar Adrenal : Pengertian, Fungsi, Kelainan dan Struktur Bagiannya Terlengkap

Baca Juga :  √ Lembaga Keluarga : Pengertian, Ciri, Macam, Fungsi, Tahapan & Contohnya Lengkap

Baca Juga :  √ Kebijakan - Kebijakan Untuk Mengatasi Inflasi Secara Lengkap