√ 19 Pengertian Etnosentrisme Menurut Para Ahli Terlengkap

Diposting pada

√ 19 Pengertian Etnosentrisme Menurut Para Ahli Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Etnosentrisme.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Etnosentrisme? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

 

√ 19 Pengertian Etnosentrisme Menurut Para Ahli Terlengkap
√ 19 Pengertian Etnosentrisme Menurut Para Ahli Terlengkap

 

Pengertian Etnosentrisme Menurut Para Ahli

 

1. Coleman dan Cressey

Etnosentrisme merupakan seseorang yang berasal dari kelompok etnis yang cenderung melihat budaya mereka sebagai yang terbaik dibandingkan dengan kebudayaan yang lain.

 

2. Daft

Etnosentrisme yaitu suatu kepercayaan bahwa semua kelompok, semua budaya dan subkultur pada hakekatnya sama.

 

3. Matsumoto

Etnosentrisme adalah salah satu kecenderungan untuk melihat dunia hanya melewati perspektif budaya sendiri.

 

4. Hariyono

Etnosentrisme ialah sebuah perasaan In group dan Out group dalam suatu dasar sikap yang dijalankan oleh seseorang.

 

5. Sumnel

Etnosentrisme yakni kecenderungan manusia yang mengikuti naluri biologinya yang mementingkan diri sendiri lebih unggul dari orang lain dan menjadi seorang Individualistik.

 

6. Barger

Etnosentrisme ialah sebuah kecenderungan berpikir bahwa kelompoknya sendiri lebih superior dari kelompok lain atau menilai kelompok lain inferior dari kelompoknya sendiri.

 

7. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Etnosentrisme adalah salah satu sikap atau pandangan yang berpangkal pada masyarakat dan kebudayaan sendiri, biasanya disertai dengan sikap dan pandangan yang meremehkan masyarakat dan kebudayaan lain.

 

8. Wikipedia

Etnosentrisme merupakan suatu penilaian terhadap kebudayaan lain atas dasar nilai dan standar budaya sendiri.

 

9. Dayakisni dan Yuniardi

Etnosentrisme yakni sebuah sikap dalam melihat dan melakukan interpretasi terhadap seseorang ataupun kelompok lain berdasarkan nilai-nilai yang ada pada budayanya sendiri.

 

10. Poerwanti

Etnosentrisme sebagai pandangn bahwa kelompok sendiri merupakan pusat segalanya dan kelompok lain akan selalu dibandingkan dan dinilai sesuai dengan standar kelompoknya sendiri.

 

11. Hogg

Etnosentrisme yaitu sebuah kegiatan yang melibatkan atribusi internal dan eksternal dalam kehidupan masyarakat.

 

12. Harris

Etnosentrisme ialah semua kecenderungan seseorang yang menganggap bahwa kelompoknya lebih baik dibandingkan kelompok yang lain, sehingga hal ini mendorong tindakan-tindakan yang tidak rasional, seperti melakukan kekerasan, peperangan, tawuran, dan lain sebagainya.

 

13. Taylor, Peplau dan Sears

Etnosentrisme yakni segala sesuatu hal yang mengacu pada kepercayaan kelompok masyarakat, bahwa kebudayaannya selalu superior dari pada kebudayaan yang lain.

 

14. Zastrow

Etnosentrisme ialah suatu setiap yang dilakukan oleh kelompok etnis secara tertutup tanpa mempertimbangkan keadaan kelompok lainnya.

 

15. Levine dan Campbell

Etnosentrisme yakni sebuah pandangan kelompok tertentu dimana yang berasal dari satu budaya untuk menilai budaya lain yang memiliki nilai berlawanan atau berbeda dengan kebudayaannya.

 

16. Joseph A DeVito

Etnosentrisme ialah kecenderungan untuk mengevaluasi nilai, kepercayaan dan perilaku dalam kultur sendiri yang lebih baik, lebih logis dan lebih wajar dari pada kultur lain.

 

17. Adorno

Etnosentrisme yaitu seseorang yang cenderung kurang terpelajar, kurang bergaul, pemeluk agama yang fanatik.

 

18. Alo Liliweri

Etnosentrisme yakni sebuah paham yang setiap penganut kebudayaan atau kelompok dalam suku bangsa menganggap lebih superior dibandingkan dengan kelompok luar.

 

19. Hammond dan Axelrod

Etnosnetrisme merupakan salah satu sindrom yang hampir universal dari sikap dan perilaku yang diskriminatif, sikap tersebut termasuk melihat kelompok sendiri sebagai orang yang berbudi luhur dan superior, satu orang sendiri memiliki standar nilai yang universal dan kelompok luar sebagai orang yang hina dan inferior.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ 19 Pengertian Etnosentrisme Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :

Baca Juga :  √ ASI : Pengertian, Manfaat, Tahapan, Kandungan, Rasa, Warna dan Istilah Terlengkap
Baca Juga :  √ Surat Referensi Kerja : Pengertian, Fungsi, Isi, Macam & Contohnya Lengkap
Baca Juga :  √ Primordialisme : Pengertian, Ciri, Dampak dan Jenis Terlengkap
Baca Juga :  √ Norma Kesopanan : Pengertian, Tujuan, Fungsi, Sanksi, Ciri dan Contoh Terlengkap