√ Gopher : Pengertian, Cara Kerja, Kelebihan dan Kekurangan Terlengkap

Diposting pada

√ Gopher : Pengertian, Cara Kerja, Kelebihan dan Kekurangan Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Gopher.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Gopher? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

 

√ Gopher : Pengertian, Cara Kerja, Kelebihan dan Kekurangan Terlengkap

 

Pengertian Gopher

 

Gopher merupakan suatu aplikasi perangkat lunak yang di dalamnya berisikan menu-menu mengenai sistem pencarian informasi. Sebenarnya ada beberapa macam layanan internet yang saat ini dapat anda gunakan.

Mulai dari email (electronic mail), Mailing List, Telnet, File Transfer Protocol, Newsgroup, Internet Relay Chat, World Wide Web (WWW), Gopher, dan masih banyak lagi.

Gopher memiliki sistem dengan basis menu yang paling dasar dengan menyediakan konektivitas. Basis menu tersebut akan saling menghubungkan antara file-file yang ada di dalam komputer-komputer di internet.

File-file tersebut akan tampak seperti direktori berseri yang ada di sekitar menu Gopher, padahal file-file tersebut sebenarnya berada di komputer lainnya.

 

 

Kelebihan Gopher

  • Pengguna tidak perlu untuk mengetahui alamat khusus di dalam komputer yang digunakan.
  • Dapat mudah mengakses informasi dengan hirarki
  • Sistem menu yang ada di dalam gopher sangat simple namun interaktif
  • Bekerja sama dengan pihak gopher Indonesia, akan membuat traffic menjadi meningkat dalam situs yang dipergunakan untuk bisnis online. Dan tentu saja ini akan memberikan dampak positif bagi kelancaran bisnis usaha.
  • Target iklan yang terpasang akan jauh lebih terarah
  • Dapat memperluas pemasaran bagi setiap perusaahan atau pelaku bisnis.

 

 

Kekurangan Gopher

  • Fasilitas di dalam gopher hanya mampu untuk mengakses informasi yang berbentuk teks saja. Sehingga tidak dapat menampilkan dalam bentuk multimedia.
  • Tampilannya tidak begitu menarik, tidak seperti yang ada pada www.
  • Hanya orang orang tertentu yang cukup mahir saja yang dapat mengaksesnya.

 

 

Cara Kerja Gopher

Cara kerja dari protokol gopher ini ialah mencari dokumen ataupun data yang berdasar pada teks atau text base. Namun sebelumnya, komputer harus dihubungkan terlebih dahulu dengan koneksi internet yang ada di gopher server dan kemudian menyimpan informasi dan data tersebut.

Jenis protokol gopher lama yang terlalu rumit ini lah yang terkadang menyebabkan orang-orang mulai meninggalkan layanan ini. Pengembangan protokol gopher dilakukan beberapa mahasiswa Universitas Minnesota, Amerika Serikat.

Arti dari protokol gopher sendiri adalah protokol publikasi informasi dengan basis karakter, yang mana untuk bisa mengakses teks pengguna harus menggunakan hirarki menu. Tampilan dalam sistem gopher hampir sama dengan Telnet.

Contoh protokol gopher dapat anda temukan pada sejumlah perangkat, semisal modem dan router. Perbedaan dari gopher dengan web adalah pada penggunaan port nya.

Pada web biasanya menggunakan port 80 serta dapat menampilkan gambar. Sedangkan pada gopher, menggunakan port 70 serta hanya dapat menampilkan teks saja.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Gopher : Pengertian, Cara Kerja, Kelebihan dan Kekurangan Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :

Baca Juga :  √ Telnet : Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, Kelebihan dan Kekurangan Terlengkap

Baca Juga :  √ Hedonisme : Pengertian, Penyebab, Dampak, Jenis, Ciri dan Sejarah Terlengkap

Baca Juga :  √ Lembaga Agama : Pengertian, Ciri, Tujuan, Fungsi, Macam & Contohnya Lengkap

Baca Juga :  √ Internet : Pengertian, Sejarah, Fungsi, Manfaat, Dampak & Faktor Yang Mempengaruhi Kecepatannya Lengkap