√ 20 Pengertian Jurnalistik Menurut Para Ahli Terlengkap

Diposting pada

√ 20 Pengertian Jurnalistik Menurut Para Ahli Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Jurnalistik.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Jurnalistik? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

 

√ 20 Pengertian Jurnalistik Menurut Para Ahli Terlengkap
√ 20 Pengertian Jurnalistik Menurut Para Ahli Terlengkap

 

Pengertian Jurnalistik Menurut Para Ahli

 

1. Ensiklopedia Indonesia

Jusrnalistik ialah salah satu bidang profesi yang mengusahakan penyajian informasi tentang kehidupan dan kejadian sehari-hari secara teratur, dengan menggunakan sarana-saran penerbitan yang ada.

 

2. M. Ridwan

Jurnalistik yaitu suatu kepandaian praktis mengumpulkan, mengedit berita untuk pemberitaan dalam surat kabar, majalah, atau terbitan berkala lainnya.

 

3. F. Fraser Bond

Jurnalistik yakni segala bentuk yang membuat berita dan ulasan mengenai berita sampai pada kelompok pemerhati.

 

4. Lesikom Komunikasi

Jurnalistik adalah salah satu pekerjaan mengumpulkan, menulis, menyunting dan menyebarkan berita dan karangan untuk surat kabar, majalah, dan media massa lainnya misalnya radio dan televisi.

 

5. Erik Hodgins

Jurnalistik merupakan sebuah pengiriman informasi dari sini ke sana dengan benar, seksama, dan cepat dalam rangka membela kebenaran dan keadilan.

 

6. A.W. Widjaya

Jurnalistik yaitu suatu kegiatan komunikasi yang dilakukan dengan cara menyiarkan berita ataupun alasannya mengenai berbagai peristiwa atau kejadian sehari-hari yang aktual dan faktual dalam waktu yang secepat-cepatnya.

 

7. Roland E. Wolseley

Jurnalistik yakni sebuah pengumpulan, penulisan, penafsiran, pemrosesan, dan penyebaran informasi umum, pendapat pemerhati, hiburan umum secara sistematis dan dapat dipercaya untuk diterbitkan pada surat kabar, majalah dan disiarkan di stasiun siaran.

 

8. Onong U. Efendi

Jurnalistik ialah salahh satu teknik mengeloa berita sejah dari mendapatkan bahan sampai kepada menyebarluaskannya kepada khalayak.

 

9. Summanang

Jurnalistik merupakan segala sesuatu yang menyangkut kewartawanan.

 

10. Adinegoro

Jurnalistik yaitu semacam kepandaian karang mengarang yang pokoknya memberi perkabaran pada masyarakat dengan selekas-lekasnya agar tersiar seluas-luasnya.

 

11. Amar dan Sumadiria

Jurnalistik yakni sebuah kegiatan mengumpulkan, mengolah dan menyebarkan berita kepada khalayak seluas-luasnya.

 

12. Widjaja

Jurnalistik merupakan suatu kegiatan komunikasi yang dilakukan dengan cara menyiarkan berita ataupun ulasannya mengenai berbagai peristiwa atau kejadian sehari-hari yang aktual dan faktual dalam waktu secepat-cepatnya.

 

13. Adinegoro

Jurnalistik ini semacam kepandaian mengarang yang pokoknya member pekabaran pada masyarakat dengan selekas-lekasnya agar tersiar seluas-luasnya.

 

14. Kurniawan

Jurnalistik ialah suatu kegiatan dalam komunikasi yang dilakukan dengan cara menyiarkan berita atau ulasan mengenai berbagai hal atau peristiwa sehari-hari yang bersifat umum dan hangat, dalam waktu yang secepat-cepatnya.

 

15. Effendy

Jurnalistik merupakan sesuatu kegiatan yang dapat mengelola berita sejak dari mendapatkan bahan sampai pada menyebarluaskannya kepada khalayak.

 

16. Kamus Besar Bahasa Indonesia (Depdiknas)

Jurnalistik yakni sebuah pekerjaan mengumpulkan, menulis, mengedit dan menerbitkan berita di surat kabar dan sebagainya, yang menyangkut kewartawanan dan persuratkabaran.

 

17. Wikipedia

Jurnalistik ialah sebuah bentuk jurnalisme kontemporer (masa kini) yang menyebarkan informasi berupa konten editorial (karya jurnalistik) melalui internet sebagai kebalikan dari publikasi media cetak atau elektronik.

 

18. Muis

Jurnalistik yaitu memasukan unsur media massa, penulisan berita, dan waktu yang tertentu (aktualitas).

 

19. Astrid Susanto

Jurnalistik sebagai suatu kegiatan yang dilakukan seseorang dalam mencatata dan melaporankan serta menyebarkan informasi kepada masyarakat umum. Informasi yang dimaksud berkenaan dengan kegiatan sehari-hari.

 

20. Djen Amar

Jurnalistik merupakan salah satu kegiatan untuk mengumpulkan, mengolah dan menyebarkan berita secepat mungkin dan seluas mungkin kepada khalayak.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ 20 Pengertian Jurnalistik Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :

Baca Juga :  √ Drama : Pengertian, Tujuan, Jenis, Unsur, Struktur dan Ciri Terlengkap
Baca Juga :  √ Demokrasi Terpimpin : Pengertian, Ciri, Tujuan dan Dampak Terlengkap
Baca Juga :  √ 29 Pengertian Nasionalisme Menurut Para Ahli
Baca Juga :  √ Dewan Perwakilan Daerah (DPD) : Pengertian, Fungsi, Tugas, Hak dan Kewajban Terlengkap