√ Paragraf Persuasi : Pengertian, Ciri, Jenis, Bentuk dan Contoh Terlengkap

Diposting pada

√ Paragraf Persuasi : Pengertian, Ciri, Jenis, Bentuk dan Contoh Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Paragraf Persuasi.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Paragraf Persuasi? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

 

√ Paragraf Persuasi : Pengertian, Ciri, Jenis, Bentuk dan Contoh Terlengkap
√ Paragraf Persuasi : Pengertian, Ciri, Jenis, Bentuk dan Contoh Terlengkap

 

Pengertian Paragraf Persuasi

 

Paragraf persuasif merupakan salah satu bentuk karangan atau paragraf yang memiliki tujuan untuk meyakinkan orang lain baik pendengar maupun pembacanya untuk melakukan sesuatu yang dikehendaki oleh penulis dengan cara memberikan alasan dan prospek yang baik.

 

 

Ciri – Ciri Paragraf Persuasi

  • Sering memakai alasan-alasan yang kuat diikuti dengan data dan fakta yang menjadi pendukung untuk mengajak, mengingat paragraf ini bertujuan untuk mempengaruhi pembaca
  • Berupaya untuk meyakinkan pembaca agar melakukan atau percaya yang ditulis oleh penulis
  • Banyak memakai kata-kata ajakan seperti ayo, mari, lakukanlah dan lain sebagainya.
  • Seringkali menghindari konflik supaya kepercayaan pembaca tidak hilang dan agar kesepakatan pendapat antara penulis dan pembaca bisa dicapai.

 

 

Jenis – Jenis Paragraf Persuasi

 

1. Paragraf Persuasi Politik

Paragraf persuasi politik ialah salah satu jenis paragraf persuasi yang isinya berusaha untuk mempengaruhi pembaca untuk menentukan pilihan pada calon atau partai politik tertentu.

Biasanya di media cetak ditandai dengan judul “Advertorial” dibagian kiri atas wacana yang memuat paragraf tersebut.

 

2. Paragraf Persuasi Pendidikan

Paragraf persuasi pendidikan banyak digunakan oleh intansi atau dalam dunia pendidikan untuk menunjang tujuan pendidikan. Paragraf persuasi pendidikan bisa berupa himbauan, motivasi maupun anjuran.

 

3. Paragraf Persuasi Advertensi atau Periklanan

Paragraf persuasi advertensi yakni sebuah paragraf persuasi yang memiliki tujuan komersil. Paragraf advertensi biasanya digunakan oleh produsen perusahaan untuk memperkenalkan dan memasarkan produk tertentu dengan harapan konsumen tertarik untuk membelinya.

 

4. Paragraf Persuasi Propaganda

Paragraf persuasi propaganda biasanya digunakan untuk menyampaikan informasi dengan tujuan agar pembacanya mau mempercayai dan melakukan apa yang disampaikan oleh penulis di dalam paragraf tersebut.

Persuasi propaganda banyak ditemukan di media cetak seperti majalah, portal berita online, surat kabar dan lain sebagainya.

 

 

Bentuk Paragraf Persuasif

  • Bentuk Pidato : Contoh propaganda, kampanye lisan, dan penjual jamu ditempat-tempat terbuka.
  • Bentuk Tulisan : Iklan, brosur dan selebaran.
  • Bentuk Elektronik : Misalnya iklan TV, bioskop, dan internet

 

 

Contoh paragraf persuasif

Jika anda memiliki hobi mendaki gunung, tentunya anda memiliki banyak persiapan untuk itu. Persiapan yang paling penting adalah kesehatan fisik. Anda tidak akan mungkin melakukan pendakian gunung jika dalam keadaan tubuh kurang fit atau bahkan sakit.

Oleh karena itu, kami menciptakah sebuah produk multivitamin terbaik. Selain vitamin A, B kompleks, dan vitamin C, multivitamin ini juga diperkaya dengan vitamin D yang dapat menguatkan tulang, serta vitamin E untuk menjaga kesehatan kulit anda.

Dengan tubuh yang sehat dan fisik yang bugar, pendakian anda akan lebih berkesan. Untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh anda ketikan pendakian jangan lipa membawa Muxlim-D dan dapatkan di apotik-apotik terdekat di kota anda.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Paragraf Persuasi : Pengertian, Ciri, Jenis, Bentuk dan Contoh Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :

Baca Juga :  √ Kebijakan Publik : Pengertian, Macam, Ciri, Tujuan, Proses, Tahapan & Contohnya Lengkap
Baca Juga :  √ Kromosom : Pengertian, Fungsi, Jumlah, Struktur, Bagian, Jenis dan Penyakit Kelainan Terlengkap
Baca Juga :  √ Aurora : Pengertian, Proses, Faktor Penyebab dan Jenis Terlengkap
Baca Juga :  √ Paragraf : Pengertian, Ciri, Fungsi, Unsur, Jenis & Contohnya Lengkap