√ Resume : Pengertian, Cara Membuat dan Jenisnya Terlengkap

Diposting pada

√ Resume : Pengertian, Cara Membuat dan Jenisnya Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Resume.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Resume? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

 

√ Resume : Pengertian, Cara Membuat dan Jenisnya Terlengkap
√ Resume : Pengertian, Cara Membuat dan Jenisnya Terlengkap

 

Pengertian Resume

 

Resume merupakan suatu ringkasan atau rangkuman dari suatu tulisan atau karangan panjang yang dipangkas dengan mengambil bagian pokok serta menyisihkan rincian dan ilustrasinya.

Kata “Resume” juga sering dipakai dalam dunia kerja/ karir yang diartikan sebagai daftar riwayat hidup (curriculum vitae) yaitu sebuah dokumen yang berisi rangkuman pengalaman, keahlian, dan pendidikan seseorang yang disusun sedemikian rupa.

Tujuan membuat resume lamaran pekerjaan tersebut adalah sebagai informasi tentang kualifikasi seseorang secara ringkas, padat, dan jelas.

 

 

Cara Membuat Resume

 

1. Membaca Naskah Asli

Untuk mengetahui serta memahami isi dari naskah asli sebuah karangan tentunya kita harus membacanya hingga selesai. Membaca naskah atau teks aslinya dengan secara berulang-ulang akan membuat kita mengerti maksud yang ingin disampaikan penulisnya.

Selain dari itu, pasti terdapat beberapa kata atau istilah dalam suatu karangan yang sulit dipahami. Membuat resume ini juga harus melibatkan sumber daya lain supaya dapat memahami kata atau juga istilah yang sulit.

 

2. Menemukan Gagasan Utama

Setelah membaca karangan atau tulisan dengan secara berulang-ulang, tentunya kita akan dapat menemukan gagasan utama atau pikiran utama tulisan tersebut. Kita wajib untuk mencatat gagasan utama dari tulisan tersebut supaya bisa membuat ringkasan yang sesuai.

Dalam sebuah karangan atau tulisan, tidak semua paragraf itu mengandung gagasan pokok. Oleh sebab itu, penting untuk kita menemukan gagasan utama itu dengan secara teratur supaya penulisan resume nya itu tidak melebar.

 

3. Menulis Resume

Setelah menemukan gagasan pokok dari sebuah karangan/ tulisan, tentunya kita juga mempunyai gambaran umum tentang resumenya. Perlu untuk diperhatikan bahwa untuk membuat resume ini haruslah disesuaikan dengan teks/ naskah aslinya.

Penggunaan kata serta kalimat dalam resume oti juga sebaiknya menggambarkan isi dari teks aslinya. Namun, kita juga tidak boleh menambahkan pendapat pribadi di dalam resume tersebut, apalagi jikapendapat pribadi yang kita tambahkan itu bertentangan dengan naskah aslinya.

Sebaiknya resume ini menggunakan bahasa Indonesia yang mudah untuk dicerna oleh siapa saja. Walaupun di dalam naskah aslinya itu terdapat banyak istilah atau juga kata yang sulit untuk dimengerti, kita dapat menuliskannya dalam bahasa yang lebih mudah di dalam resume.

Sesuai dengan pengertian resume itu sendiri, maka kalimat dalam resume itu tidak perlu bertele-tele. Resume itu seharusnya dibuat dalam bentuk ringkasan yang padat, tetapi tetap dapat mewakili isi dari naskah aslinya.

 

4. Membaca Ulang Resume yang Dibuat

Selanjutnya, setelah resume itu selesai dibuat maka pembuat resume itu juga harus membacanya kembali untuk memeriksa apakah terdapat kesalahan penulisan.

Beberapa hal yang perlu diperiksa itu seperti berikut :

  • Penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar
  • Penggunaan ejaan yang benar
  • Penggunaan tanda baca yang benar
  • Memeriksa kesesuaian antara resume dengan naskah aslinya

 

 

Jenis – Jenis Resume

 

1. Abstrak

Abstrak merupakan salah satu jenis ringkasan yang sangat singkat dan padat. Dalam pembuatan karya ilmiah, abstrak biasanya akan diletakkan di baian awal sebelum masuk pada materi utama. Dalam karangan karya ilmiah, abstrak ialah ringkasan yang menunjukan gambaran besar dari karangan yang ada.

 

2. Ringkasan Stricto Sensu

Ialah hasil dari pencarian dari isi sebuah tulisan, wujud tulisan dari ringkasan ini menggunakan kata – kata sendiri. Ringkasan resume jenis ini hanya melakukan rangkuman pada pikiran utama.

Resume jenis ini harus mengikuti proporsi dan juga urutan dari naskah aslinya, tidak boleh menambahkan pandangan pribadi.

Dengan kata lain, semua yang diluar naskah asli tidak boleh dimasukan dalam resume ini. Resume dnegan jenis ini banyak dipakai dalam kebutuhan sekolah.

 

3. Ikhtisar

Yakni yang memberikan kebebasan pada yang membuat ringkasan untuk mengikuti tatanan dari karangan asli maupun meringkas dengan mengguankan tatanan sendiri.

Menggunakan bahasa yang lebih fleksibel, dan inti dari resume jenis ini ialah bentuk tulisan disesuaikan dengan gaya oembuat resume. Kebebasan ini tentunya memiliki batasan. Pokok pikiran harus tetap sesuai dengan karangan yang asli.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Resume : Pengertian, Cara Membuat dan Jenisnya Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :

Baca Juga :  √ Novel : Pengertian, Ciri, Unsur, Struktur, Jenis & Contohnya Lengkap
Baca Juga :  √ Present Continuous Tense : Pengertian, Rumus, Fungsi dan Contoh Terlengkap
Baca Juga :  √ Bintang : Pengertian, Sejarah, Penamaan, Ciri, Contoh dan Jenis Terlengkap
Baca Juga :  √ Pronomina ( Kata ganti ) : Pengertian, Ciri, Jenis & Contohnya Lengkap