√ Seni Lukis : Pengertian, Teknik, Alat, Bahan dan Unsur Terlengkap

Diposting pada

√ Seni Lukis : Pengertian, Teknik, Alat, Bahan dan Unsur Terlengkap – Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Seni Lukis.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Seni Lukis? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

 

√ Seni Lukis : Pengertian, Teknik, Alat, Bahan dan Unsur Terlengkap
√ Seni Lukis : Pengertian, Teknik, Alat, Bahan dan Unsur Terlengkap

 

Pengertian Seni Lukis

 

Seni lukis merupakan salah satu cabang dari seni rupa yang tercipta dari hasil imajinasi seniman yang diekspresikan melalui media garis, warna, tekstur, gelap terang, maupun bidang dan bentuk.

Seni lukis disajikan dalam bidang dua dimensi, seperti kanvas, papan, kertas, dan lainnya. Karya dari seni lukis ini disebut dengan lukisan.

 

 

Teknik Seni Lukis

 

1. Teknik Aquarel

Teknik aquarel adalah salah satu teknik melukis dengan menggunakan car air (aquarel) dengan sapuan warna tipis sehingga lukisan yang dihasilkan transparan.

 

2. Teknik Plakat

Teknik plakat ialah sebuah teknik melukis dengan cat air, cat akrilik, atau cat minyak dengan sapuan tebal dan komposisi yang tebal sehingga memberi kesan yang colorful pada karya yang dihasilkan.

 

3. Teknik Spray

Teknik spray yaitu suatu teknik melukis dengan car menyemprotkan cat ke media lukis. Dengan menggunakan teknik ini, lukisan yang dihasilkan lebih halus dan tampak lebih visual, contohnya graffiti.

 

4. Teknik Pointilis

Teknik pointilis yakni semua teknik melukis dengan menggunakan titik-titik untuk menghasilkan lukisan yang menawan. Melukis menggunakan teknik ini membutuhkan kesabaran. Pelukis sering menggunakan gradasi warna untuk mengatur gelap terang pada lukisan.

 

5. Teknik Tempera

Teknik tempera merupakan sebuah teknik lukis dengan cara menggunakan kuning telur dalam cat sebagai bahan perekat. teknik ini biasanya digunakan pada media kayu, kanvas, ataupun tembok.

 

6. Teknik Basah

Teknik basah ialah salah satu teknik melukis dengan cara mengencerkan cat minyak dengan menggunakan minyak cat atau linseed oil, setelah diencerkan barulah di aplikasikan pada kanvas.

 

7. Teknik Kering

Teknik kering yakni segala teknik melukis dengan menggunakan cat minyak tanpa menggunakan minyak cat.

 

8. Teknik Campuran

Teknik campur yaitu sebuah teknik melukis perpaduan antara teknik basah dan teknik kering. teknik ini biasanya diawali dengan penggunaan teknik kering dahulu kemudian teknik basah dengan cara memblok warna sembari menambahkan intensitas minyak cat secara perlahan hingga lukisan jadi.

 

 

Unsur – Unsur Seni Lukis

 

1. Unsur Visual

  • Garis (line)
  • Bidang (field)
  • Ruang (space
  • Warna (color)

 

2. Unsur Non Visual

  • Imajinasi
  • Pandangan hidup dan pengalaman
  • Konsep
  • Sikap estetik dan artistik

 

 

Alat Dan Bahan Seni Lukis

 

1. Alat

  • Kuas
  • Palet
  • Alat pembersih kuas
  • Pisau palet
  • Easel (penjepit kanvas)

 

2. Bahan

  • Cat atau Tinta yakni suatu cat atau tinta yang biasanya digunakan dqalam melukis antara lain Cat air, cat minyak, cat poster, cat akrilik, cat tekstil, dan tinta bak. Selain menggunakan cat antau tinta, kalian dapat menggunakan pensil warna ataupun pastel atau crayon.
  • Media Lukis ialah sebuah media yang digunakan untuk melukis diantaranya kertas, kanvas, dinding atau yang lainnya.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Seni Lukis : Pengertian, Teknik, Alat, Bahan dan Unsur Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :

Baca Juga :  √ Kolonialisme : Pengertian, Tujuan, Jenis dan Dampak Terlengkap
Baca Juga :  √ Seni Rupa : Pengertian, Fungsi, Unsur, Prinsip, Jenis & Contohnya Lengkap
Baca Juga :  √ Teks Eksemplum : Pengertian, Struktur, Ciri, Unsur Kebahasaan dan Contoh Terlengkap
Baca Juga :  √ Batuan Metamorf : Pengertian, Proses Terbentuknya, Jenis, Dampak dan Ciri Terlengkap