√ 17 Pengertian Sosialisasi Politik Menurut Para Ahli Terlengkap

Diposting pada

√ 17 Pengertian Sosialisasi Politik Menurut Para Ahli Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Sosialisasi Politik.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Sosialisasi Politik? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

 

√ 17 Pengertian Sosialisasi Politik Menurut Para Ahli Terlengkap
√ 17 Pengertian Sosialisasi Politik Menurut Para Ahli Terlengkap

 

Pengertian Sosialisasi Politik Menurut Para Ahli

 

1. Alfian

Sosialisasi politik ialah suatu proses dimana anggota-anggota masyarakat mengenal, memahami, menghayati nilai-nilai politik tertentu yang oleh karena itu mempengaruhi sikap dan tingkah laku politik sehari-hari.

 

2. Romlan Surbakti

Sosialisasi politik yaitu salah satu proses pembentukan sikap dan orientasi politik para anggota masyarakat melalui proses sosialisasi politik inilah para masyarakat memperoleh sikap dan orientasi terhadap kehidupan politik yang berlangsung dalam masyarakat.

 

3. Rush dan Althoff

Sosialisasi politik merupakan sebuah proses oleh pengaruh mana seorang individu bisa mengenali sistem politik, yang kemudian menentukan sifat persepsi-persepsinya mengenai politik serta reaksi-reaksinya terhadap gejala-gejala politik.

 

4. Gabriel Almond

Sosialisasi politik adalah suatu tingkah laku dan sikap politik yang dibentuk guna mendapatkan hasil yang maksimal di dalam pemerintahan.

Dalam perkembanganya setiap negara tidak mungkin menganut satu sistem politik, lantaran ada perubahan sosial yang selalu memberikan dorongan untuk ikut menyetarakan antara negara dan perubahan.

 

5. Kenneth P. Langton

Sosialisasi politik langkah staregis seseorang dalam merumusakan dan melestarikan kebudayaan politik yang lebih baik. Budaya politik ini dilakukan dengan lebih luas, yakni antar negara-negara dan dunia.

 

6. Ramlan Surbakti

Sosialisasi politik yakni sebuah mekanisasi orientasi dan sikap politik yang dilakukan oleh seluruh anggota masyarakat, terhadap wawasan dan pengetahuan mengenai kekuasaan. Wawasan ini penting sebagai cerminan bahwa setiap manusia tidak bisa hidup secara sendiri dan mandiri.

 

7. Richard E. Dawson

Sosialisasi politik ialah bentuk pewarisan terhadap pengetahuan, nilai, norma, dan paradigma politik yang diperkenalkan melalui sistem pendidikan. Dalam arti ini sosialisasi politik dipandang sebagai bagian daripada pendidikan.

 

8. David Easton dan Jack Dennis

Sosialisasi politik merupakan suatu metode peningkatan individu untuk memperoleh adaptasi politik dan bentuk perilakunya.

 

9. Kweit

Sosialisasi politik ialah salah satu metode melewati mana seseorang menuntut ilmu tentang politik.

 

10. David F. Aberlee

Sosialisasi politik ialah suatu pola yang menunjukkan aksi sosial atau segala aspek tingkah laku dimana pola ini ditanamkan kepada individu baik untuk keterampilan, ilmu pengetahuan, dan sikap yang perlu ditampilkan secara berkelanjutan dalam kehidupan manusia sejauh peranan yang baru dan penting untuk dipelajari.

 

11. Hyman

Sosialisasi politik yakni sebuah proses belajar yang berlangsung secara terus-menerus serta melibatkan emosional dan indoktrinasi politik yang manifes. Proses belajar ini didasari oleh partisipasi dan pengalaman individu yang menjalani proses belajar tersebut.

 

12. Efriza

Sosialisai politik merupakan salah satu bagian dari suatu proses sosial. Sosialisasi sendiri yaitu adalah suatu kegiatan pengajaran dan pendidikan yang dilakukan individu atau suatu kelompok kepada individu maupun kelompok lainnya yang berlangsung secara alamiah.

 

13. M. Natsir

Sosialisai politik yakni sesuatu yang kurang lebih ditekankan pada aspek pembinaan warga negara ke arah kehidupan dan cara berpikir yang sesuai dengan pola yang sudah ditentukan oleh partai.

 

14. Miriam Budiarjo

Sosialisasi politik yaitu salah satu sarana bagi partai politik untuk mengenalkan nilai dan norma yang dianut oleh partai politik tersebut secara berkesinambungan, agar nilai dan norma tersebut terus dikenal dan dianut oleh seluruh generasi.

 

15. S. N. Eisentadt

Sosialisasi politik ialah suatu komunikasi dengan dan dipelajari oleh manusia. Komunikasi ini terjadi oleh manusia satu terhadap manusia yang lainnya yang berlangsung secara bertahap dan membentuk hubungan antara relasi umum.

 

16. Irvin L. Child

Sosialisasi politik adalah salah satu himpunan proses yang ditempuh oleh suatu individu yang dilahirkan dari berbagai potensi tingkah laku.

 

17. Danis Kavanagh

Sosialisasi politik yakni salah satu proses dimana seseorang belajar untuk menumbuhkan pandangan politiknya.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ 17 Pengertian Sosialisasi Politik Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :

Baca Juga :  √ Sosialisasi Politik : Pengertian, Jenis, Fungsi, Sarana dan Materi Terlengkap
Baca Juga :  √ Adat Istiadat : Pengertian, Unsur, Kriteria, Bentuk, Jenis, Komponen dan Contoh Terlengkap
Baca Juga :  √ 20 Pengertian Kebugaran Jasmani Menurut Para Ahli Terlengkap
Baca Juga :  √ Saraf Simpatik & Parasimpatik : Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, Jalur & Perbedaannya Lengkap