√ Teks Editorial : Pengertian, Tujuan, Ciri, Fungsi, Struktur, Jenis & Contohnya Lengkap

Diposting pada

√ Teks Editorial : Pengertian, Tujuan, Ciri, Fungsi, Struktur, Jenis & Contohnya Lengkap


SeputarIlmu.Com Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Teks Editorial.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Teks Editorial? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

√ Teks Editorial : Pengertian, Tujuan, Ciri, Jenis, Fungsi dan Struktur Terlengkap


Pengertian Teks Editorial

Teks editorial merupakan salah satu teks yang berisi pendapat pribadi seseorang terhadap suatu isu/masalah aktual. Isu tersebut meliputi masalah politik, sosial, atau pun masalah ekonomi yang memiliki hubungan secara signifikan dengan politik.


Fungsi Teks Editorial

  • Menjelaskan berita dan akibatnya pada masyarakat.
  • Mengisi latar belakang dari kaitan berita tersebut dengan kenyataan sosial dan faktor yang mempengaruhi dengan lebih menyeluruh.
  • Terkadang ada analisis kondisi yang berfungsi untuk mempersiapkan masyarakat akan kemungkinan yang bisa terjadi.
  • Meneruskan penilaian moral mengenai berita tersebut.

Tujuan Teks Editorial

  • Mengajak pembaca untuk ikut berpikir dalam masalah (isu atau topik) yang sedang hangat terjadi di kehidupan sekitar.
  • Memberikan pandangan kepada pembaca terhadap isu yang sedang berkembang.

Ciri – Ciri Teks Edotorial

  • Teks editorial harus bersifat sistematis dan logis.
  • Teks editorial ialah sebuah opini atau pendapat yang bersifat argumentative.
  • Teks editorial sangat menarik untuk dibaca, karena ditulis menggunakan kalimat yang singkat, padat dan jelas.
  • Berisi fakta umum ,pandangan dan pendapat pribadi penulis.
  • Bersifat analisis.
  • Menggunakan pemikiran yang logis dalam menyampaikan pendapat.
  • Di tulis dengan perspektif tertentu untuk mengungkapkan kebenaran pendapat sehingga jika dilihat dari perspektif yang berbeda, kebenaran tersebut bisa bermakna lain atau malah sebaliknya.
  • Dimulai dengan pemaparan fakta umum terlebih dahulu dan selanjutnya disusul dengan pemaparan pendapat.
  • Hal ini bisa saja terjadi sebaliknya.
  • Bersifat argumentatif sehingga teks ini bisa saja disebut sebagai teks argumentatif atau berisi pemaparan argumen, pendapat atau pandangan dan gagasan.
Baca Juga :  √ Teks Cerita Sejarah : Pengertian, Ciri, Kaidah Kebahasaan, Struktur, Jenis dan Perbedaan Terlengkap

Manfaat Teks Editorial

  • Memberikan informasi pada masyarakat tentang suatu informasi.
  • Untuk merangsang pemikiran masyarakat dengan pembahasan tertentu.
  • Bisa menggerakan pembaca dalam mengambil tindakan sesuai dengan hati mereka.

Kaidah Kebahasaan Teks Editorial

  • Adverbia ialah yang mempunyai tujuan supaya pembaca meyakini teks yang dibahas dengan menggunakan kata seperti selalu, biasanya, sering, jarang, kadang-kadang dan lain-lain.
  • Konjungsi merupakan kata penghubung pada teks, contohnya bahkan dan lain-lain.
  • Verba Material yakni suatu verba yang menunjukan suatu perbuatan fisik atau peristiwa.
  • Verba Rasional yaitu sebuah verba yang menunjukan suatu hubungan intensitas(Pengertian B adalah C) dan milik (Mengandung pengertian B memiliki C)
  • Verba Mental adalah salah satu verba yang menunjukan persepsi (melihat, dan lainnya), afeksi (khawatir dan lainnya), dan kognisi (mengerti dan lainnya). Pada verba mental ada partisi[am pengindra dan fenomena.

Struktur Teks Editorial

1. Pernyataan pendapat (Tesis)

Bagian berisi sebuah sudut pandang penulis mengenai sebuah masalah yang dibahas. Biasanya teori akan diperkuat oleh argumen.


2. Argumentasi

Alasan atau bukti yang digunakan dalam upaya memperkuat pernyataan dalam tesis, meskipun dengan secara umum argumentasi tersebut diartikan untuk dapat menolak suatu pendapat.

Argumen tersebut juga bisa berbentuk pertanyaan umum atau data dari hasil penelitian, dari pernyataan para ahli, ataupun juga fakta-fakta dengan berdasarkan referensi yang dapat dipercaya.


3. Penyataan atau Penegasan Ulang Pendapat (Reiteration)

Bagian yang berisi penegasan ulang mengenai pendapat yang didorong oleh fakta dan data di bagian argumentasi dalam upaya memperkuat ataupun menegaskan.


Jenis – Jenis Teks Editotorial

1. Interpretative Editorial (Editorial Interpretatif)

Interpretative Editorial merupakan untuk menjelaskan isu atau topik dengan memberikan fakta-fakta dan figur untuk memberikan pengetahuan.

Baca Juga :  √ Aliansi : Pengertian, Prisip, Proses, Jenis dan Contoh Terlengkap

2. Controversial Editorial (Editorial yang Kontroversial)

Controversial Editorial merupakan untuk meyakinkan pembaca pada keinginan atau kepercayaan pada suatu isu. Biasanya dalam editorial jenis ini, pendapat yang berlawanan akan digambarkan lebih buruk.


3. Explanatory Editorial (Editorial Penjelasan)

Explanatory Edtitorial merupakan editorial yang menyajikan masalah untuk dinilai para pembaca. Biasanya tujuan teks ini adalah untuk mengidentifikasi masalah, dan membuka mata masyarakat untuk lebih memperhatikan suatu isu. Solusi dari teks editorial ini selalu tersirat.


Contoh Teks Editorial

Beberapa tahun terakhir ini, pemerintah berusaha memperlengkapi persenjataan dengan mengalokasikan dana yang terbilang besar, meski dirasakan belum cukup unruk memenuhi kebutuhan standar bagi sebuah negara kepulauan seperti Indonesia. (2) Pada tahun 2003, Indonesia telah mengucurkan dana sekitar 2,85 triliun rupiah untuk membeli pesawat tempur Sukoi dari Rusia. (3) Kehadiran pesawat sukoi ini semakin menambah ketangguhan peralatan tempur kita sekaligus mengobati keresahan di masyarakat, setelah sejumlah peralatan tempur milik TNI rusak termasuk pada saat dipakai untuk latihan. (4) Masih segar dalam ingatan kita, ketika pesawat F-27 milik TNI AU jatuh di Bansung dan menewaskan 24 orang anggota pasukan khas. Kejadian ini sungguh sangat memprihatinkan. (5) Bahkan tercatat dalam beberapa tahun terakhir ini sudah berulang kali terjadi peristiwa naas seperti ini, tidak saja dikalangan TNI AU, AD, AL, tetapi juga ditubuh POLRI. (6) akan tetapi, yangmungkin perlu menjadi perhatian adalah keseriusan kita dalam membangun sistem pertahanan kita.

Hasil Analisa Struktur teks editorial di atas adalah sebagai berikut:

Opini Penulis :

Opini atau pendapat adalah pikiran /pendirian seseorang. Umumnya kalimat yang mengandung opini menggunakan kata mesti, mungkin, barangkali, bisa jadi, selain, seperti, dan lain sebagainya.

Baca Juga :  √ Hukum Perdata : Pengertian, Sejarah, Sumber, Asas & Jenisnya Serta Contohnya Lengkap

Pada kutipan tajuk rencana pada contoh di atas, opini penulis terdapat pada kalimat (1) dan (6) karena terdapat kata meski dan mungkin .


Kalimat Fakta :

Fakta juga dapat diartikan sebagai sesuatu yang benar- benar ada atau terjadi. Fakta juga dapat berupa angka- angka yang menunjukkan suatu kepastian

fakta yang terdapat pada tajuk rencana di atas terdapat pada nomor (2) dan nomor (4), karena melibatkan angka dan kepastiannya sesuai dengan fakta yang terjadi.


Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Teks Editorial : Pengertian, Tujuan, Ciri, Fungsi, Struktur, Jenis & Contohnya Lengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :