√ CPU : Pengertian, Fungsi, Komponen dan Cara Kerja Terlengkap

Diposting pada

√ CPU : Pengertian, Fungsi, Komponen dan Cara Kerja Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai CPU.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah CPU? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

 

√ CPU : Pengertian, Fungsi, Komponen dan Cara Kerja Terlengkap
√ CPU : Pengertian, Fungsi, Komponen dan Cara Kerja Terlengkap

 

Pengertian CPU

CPU yang merupakan singkatan dari Central Processing Unit yakni salah satu komponen keras atau perangkat hardware pemroses data utama dalam sebuah komputer.

CPU dapat disebut sebagai otak komputer karena CPU mengatur semua aktifitas dan jalannya semua program termasuk aplikasi atau software di dalamnya.

 

 

Fungsi CPU

 

1. Fetching

Fetching ialah suatu istilah yang digunakan dalam ilmu komputer dan diartikan sebagai proses pengambilan atau pemanggilan data. Dalam sebuah perangkat komputer, data disimpan dalam harddisk pada CPU dengan sebuah alamat.

Diibaratkan data didalam prosesor atau CPU disusun dalam kumpulan alamat dan ketika suatu program dijalankan CPU akan mengambil data dari alamat yang tersimpan dalam komponennya tersebut.

 

2. Decoding

Dalam suatu sistem CPU, sebuah program yang akan dijalankan atau yang dieksekusi, harus sesuai dengan kode instruksi yang nantinya akan diterjemahkan agar CPU dapat mengenalinya dalam kode instruksi biner.

Dapat disimpulkan bahwa decoding adalah suatu proses penterjemahan suatu program ke dalam bahasa yang dimengerti oleh CPU.

Decoding terjadi di dalam CPU dan semua program yang berjalan dalam perangkat komputer harus melalui proses decoding terlebih dahulu.

 

3. Executing

Saat suatu program dijalankan maka CPU akan mengeksekusi program tersebut. Maksudnya adalah CPU akan melakukan satu hal yakni melakukan kalkulasi atau perhitungan dengan menggunakan suatu komponen didalamnya yang disebut dengan ALU atau Arithmetical Logical Unit .

Kompenen ALU sendiri bertanggung jawab dalam semua proses perhitungan matematika dan logika dalam komputer.

Selain itu fungsi eksekusi dari suatu CPU juga berarti sebagai proses pemindahan suatu data dari suatu perangkat memori menuju perangkat memori yang lainnya.

 

4. Storing

Storing atau menyimpan data yaitu salah satu fungsi lainnya dari CPU. Saat seseorang menggunakan komputer maka ia membutuhkan perangkat untuk menyimpannya baik secara sementara maupun secara permanen.

Jika seseorang membutuhkan data dengan cepat dan memyimpannya secara sementara maka CPU akan menyimpannya dalam RAM sementara data yang disimpan secara permanen akan masuk ke dalam harddisk. Kedua fungsi tersebut dilakukan dan dikendalikan sepenuhnya oleh CPU.

 

 

Kegunaan CPU

  • Memproses segala bentuk instruksi yang dimasukkan oleh pengguna.
  • Berfungsi untuk mengontrol dan mengendalikan hardware input maupun output.
  • Mengambil data dari memory kemudian memprosesnya.
  • Memastikan ALU bekerja dengan baik.
  • Setelah memproses data, CPU akan menyimpannya di memory.

 

 

Proses CPU

 

1. Tahap I (Instruction Fetch)

Tahap-I berisikan pemrosesan CPU dimana Control Unit mengambil data dan / atau instruksi dari main-memory ke register.

 

2. Tahap II (Instruction Execute)

Tahap-II berisikan pemrosesan CPU dimana Control Unit memberikan data atau instruksi dari register ke main-memory untuk ditampung di MAA, setelah Instruction Fetch dilakukan dengan. Waktu di panggung-I ditambah waktu di panggung-II disebut waktu siklus mesin (waktu siklus mesin).

 

 

Cara Kerja CPU

Pada saat ada input atau instruksi yang diperintahkan ke CPU, maka pertama akan dimasukkan ke MAA (Media input storage). Apabila dalam bentuk instruksi disimpan oleh Contro Unit di program storage.

Jika register telah siap untuk menerima proses pekerjana, maka control unit akan melakukan instruksi dari program storage untuk dikumpulkan pada Instruction Register. Lalu alamat memori yang menampung instruksi yang disimpan pada program counter.

Sedangkan data dijalankan oleh Control Unit Kerja-Storage untuk ditampung pada register yang tujuannya umum di Operand daftar.

Apabila pengerjaan dijalankan oleh instruksi yang aritmatika dan logika, ALU akan meneruskan operasi yang harus dijalankan menurut intruksi yang sudah diatur. Hasilnya akan disimpan di akumulator.

Jika hasil yang diolah sudah selesai, maka control unit akan meneruskan hasil pengolahan di akumulator untuk ditampung kembali ke Working storage.

Apabila pembangunan secara menyeluruh sudah selesai, maka control unit akan meneruskan proses kerja penyimpanan untuk disimpan di output-storage. Lalu output-storage dari hasil pengolahan akan ditampilkan di perankat output yaitu monitor.

 

 

Komponen CPU

 

1. Unit Kontrol (Control Unit)

Unit kontrol ini ialah salah satu bagian dari processor yang mampu mengatur jalannya program. Komponen ini terdapat dalam semua CPU.

CPU bertugas mengontrol komputer sehingga terjadi sinkronisasi kerja antar komponen dalam menjalankan fungsi-fungsi operasinya, termasuk dalam tanggung jawab unit kontrol adalah mengambil instruksi-instruksi dari memori utama dan menentukan jenis instruksi tersebut.

Bila ada instruksi untuk perhitungan aritmatika atau perbandingan logika, maka unit kendali akan mengirim instruksi tersebut ke ALU (Aritmathic Logic Unit). Hasil dari pengolahan data dibawa oleh unit kendali ke memori utama lagi untuk disimpan, dan pada saatnya akan disajikan ke alat output.

Tugas dari unit kendali ini yaitu sebagai berikut :

  • Mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output.
  • Mengambil instruksi-instruksi dari memori utama.
  • Mengambil data dari memori utama (jika diperlukan) untuk diproses.
  • Mengirim instruksi ke ALU bila ada perhitungan aritmatika atau perbandingan logika.
  • Mengawasi kerja dari ALU.
  • Menyimpan hasil proses ke memori utama.

 

2. Register

Register merupakan suatu alat penyimpanan kecil yang mempunyai kecepatan akses cukup tinggi, yang digunakan untuk menyimpan data dan instruksi yang sedang diproses.

Memori ini bersifat sementara, biasanya di gunakan untuk menyimpan data saat di olah ataupun data untuk pengolahan selanjutnya. jika dianalogikan, register ini dapat diibaratkan sebagai ingatan di otak bila kita melakukan pengolahan data secara manual.

Sehingga otak dapat diibaratkan sebagai CPU, yang berisi ingatan-ingatan, satuan kendali yang mengatur seluruh kegiatan tubuh dan mempunyai tempat untuk melakukan perhitungan dan perbandingan logika.

 

3. ALU (Aritmathic Logic Unit)

ALU yaitu sebuah bagian dari CPU yang bertugas untuk melakukan operasi aritmatika dan operasi logika berdasar instruksi yang ditentukan. ALU sering disebut mesin bahasa, karena bagian ini ALU terdiri dari dua bagian, yaitu unit aritmatika dan unit logika boolean yang masing-masing memiliki spesifikasi tugas tersendiri.

 

Tugas ALU

  • Melakukan semua perhitungan aritmatika (matematika) yang terjadi sesuai dengan instruksi program. ALU melakukan semua operasi aritmatika dengan dasar penjumlahan sehingga sirkuit elektronik yang digunakan disebut adder.
  • Melakukan keputusan dari suatu operasi logika sesuai dengan instruksi program. Operasi logika meliputi perbandingan dua operand dengan menggunakan operator logika tertentu, yaitu sama dengan (=), tidak sama dengan (1), kurang dari (<), kurang atau sama dengan (£ ), lebih besar dari (>), dan lebih besar atau sama dengan.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ CPU : Pengertian, Fungsi, Komponen dan Cara Kerja Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :

Baca Juga :  √ Gelombang : Pengertian, Sifat, Macam, Rumus & Contoh Soalnya Lengkap

Baca Juga :  √ Simple Future Tense : Pengertian, Rumus, Fungsi dan Contoh Terlengkap

Baca Juga :  √ Drama : Pengertian, Tujuan, Jenis, Unsur, Struktur dan Ciri Terlengkap

Baca Juga :  √ Firewall : Pengertian, Ciri, Jenis, Cara Kerja dan Manfaat Terlengkap