√ Gadget : Pengertian, Fungsi, Sejarah dan Jenis – Jenis Terlengkap

Diposting pada

√ Gadget : Pengertian, Fungsi, Sejarah dan Jenis – Jenis Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Gadget.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Gadget? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

 

√ Gadget : Pengertian, Fungsi, Sejarah dan Jenis - Jenis Terlengkap
√ Gadget : Pengertian, Fungsi, Sejarah dan Jenis – Jenis Terlengkap

 


Pengertian Gadget

Gadget merupakan salah satu bagian dari perkembangan teknologi yang selalu menghadirkan teknologi terbaru yang dapat membantu berbagai kegiatan manusia menjadi lebih mudah.

 


Sejarah Singkat Gadget

Sejarah atau awal mula kemunculan gadget sebenarnya tidak terlalu dapat dijelaskan secara menyeluruh mengingat kata gadget ini tidak menyimbolkan suatu benda atau barang, melainkan suatu klasifikasi dari beberapa jenis komponen seperti handphone.

Oleh karena itu ketika kita membahas sejarah atau awal mula gadget maka sama halnya kita membahas sejarah dari perangkat handphone itu sendiri.

Pada awalnya belum dikenal istilah handphone, karena alat komunikasi masih menggunakan perantara kabel (telephone) atau menggunakan sinyal radio dengan istilah Handy Talkie (sekarang Walkie Talkie).

Saat itu perangkat telephone belum bisa disebut gadget sepenuhnya karena penggunaannya yang masih terkesan sulit, bobotnya pun saat itu mencapai sekitar 35 pon sehingga kurang efektif.

Dan akhirnya pada generasi ke 1 dan ke 2 perangkat telepon mulai dimodifikasi lebih ringan dan menggunakan antena mini dengan sinyal radio yang rendah sehingga aman bagi kesehatan pengguna.

Dan pada akhirnya setelah memasuki generasi ke 3 sudah mulai dikenalkan adanya sistem operasi pada handphone (Java, Symbian dan Android).

Disini penggunaan internet juga mulai digencarkan, bisa dibilang fungsi handphone semakin mendekati PC. Dan ketika memasuki generasi ke 4 hingga saat ini mulai muncul istilah smartphone dengan teknologi sinyal 4G.

Baca Juga :  √ Aplikasi : Pengertian, Klasifikasi, Jenis, Fungsi dan Ciri Terlengkap

 


Fungsi Gadget

  • Media Komunikasi ialah fungsi gadget yang paling bermanfaat bagi manusia adalah sebagai media komunikasi. Setiap orang dapat terhubung dan saling berkomunikasi dengan menggunakan perangkat komunikasi seperti smartphone, laptop, smart watch, dan lainnya.
  • Akses Informasi yakni selain sebagai media komunikasi, gadget juga berfungsi sebagai alat untuk mengakses berbagai informasi yang terdapat di internet.
  • Media Hiburan yaitu beberapa jenis gadget dibuat khusus untuk tujuan hiburan. Misalnya iPod untuk mendengar musik dan smartphone yang dapat membuka video.
  • Gaya Hidup adalah suatu gadget sudah menjadi bagian penting kehidupan manusia saat ini. Jadi, boleh dikatakan bahwa gadget akan mempengaruhi gaya hidup setiap penggunanya.
  • Menambah Wawasan merupakan dari beberapa fungsi gadget yang disebutkan di atas maka hal tersebut akan membuat para pengguna gadget akan semakin bertambah wawasannya.

 


Jenis – Jenis Gadget

 

1. Handphone

Perangkat yang satu ini merupakan yang paling populer di hampir semua kalangan masyarakat bahkan pada anak – anak sekalipun.

Fungsi utamanya adalah sebagai alat telekomunikasi namun seiring berkembangnya zaman terdapat banyak fungsi lain seperti untuk mencari informasi, game, kamera dan masih banyak lagi.

 

2. Laptop

Gadget yang satu ini merupakan bentuk modifikasi dari komputer PC sehingga menjadi lebih simple dan mudah dibawa kemana – mana.

Sama halnya pada handphone, perkembangan di laptop juga semakin digencarkan sehingga banyak bermunculan merk – merk baru dengan teknologi yang semakin ditingkatkan.

 

3. Camera Digital

Perangkat yang satu ini memiliki fungsi utama untuk melakukan potret ke objek yang diinginkan.

Terdapat beberapa upgrade juga yang dilakukan seperti penyediaan lensa yang semakin canggih dan bahkan mulai terdapat kemuculan istilah Action Cam.

Baca Juga :  √ Jaringan Tumbuhan : Pengertian, Struktur, Ciri & Fungsinya Lengkap

 

4. Tablet

Jika laptop merupakan bentuk modifikasi dari komputer PC, maka pada Tablet bisa dibilang menjadi bentuk modifikasi dari Laptop.

Bentuknya yang sangat mini dan simple serta mudah dibawa kemana – mana namun memiliki peran yang sangat kompleks seperti Laptop.

 

5. Headphone atau Headshet

Salah satu cara terbaik menikmati musik adalah dengan menggunakan Gadget Headphone atau headshet. Cara mendengarkan musik menggunakan gadget ini terbilang lebih tenang dan mantap.

Menggunakan headphone atau headset saat mendengarkan musik tidak akan mengganggu orang lain.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Gadget : Pengertian, Fungsi, Sejarah dan Jenis – Jenis Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :