√ 24 Pengertian Masyarakat Menurut Para Ahli Terlengkap

Diposting pada

√ 24 Pengertian Masyarakat Menurut Para Ahli Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Masyarakat.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Masyarakat? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

 

√ 24 Pengertian Masyarakat Menurut Para Ahli Terlengkap
√ 24 Pengertian Masyarakat Menurut Para Ahli Terlengkap

 

Pengertian Masyarakat Menurut Para Ahli

 

1. Paul B. Horton

Masyarakat yaitu sekelompok manusia yang mandiri untuk hidup bersama-sama dalam waktu tertentu. Hingga melahirkan kebudayaan serta adat yang dianggap untuk mempertahankan bentuk keteraturan sosial.

 

2. Emile Durkheim

Masyarakat ialah sebuah kenyataan objektif di dalam diri setiap individu-individu yang saling membutuhkan. Oleh karenanya seringkali sebagai mahluk sosial seseorang tidak bisa hidup sendiri, selalu membutuhkan peran serta orang-orang di sekelilingnya.

 

3. Karl Marx

Masyarakat yakni salah satu hubungan manusia untuk melakukan kontak sosial yang memiliki tujuan untuk menciptakatn masyarakat tanpa kelas (sosialisme).

Pandangan ini tentunya dipengaruhi oleh Karl Marx yang dikenal sebagai pencetus teori tanpa kelas borjuis dan kaum prolenter.

 

4. Soerjono Soekanto

Masyarakat adalah salah satu proses terjadinya interaksi sosial, suatu interaksi sosial tidak akan mungkin terjadi apabila tidak memenuhi dua syarat yaitu interaksi sosial dan komunikasi.

 

5. Ralp Linton

Masyarakat merupakan sekelompok manusia yang dapat hidup dan bekerja sama cukup lama sehingga mereka dapat mengatur diri mereka dan menganggap diri mereka sebaga suatu kesatuan sosial dengan batas-batas yang dirumuskan secara jelas.

 

6. Selo Sumardjan

Baca Juga :  √ Bagian - Bagian Telinga : Pengertian & Fungsinya Lengkap

Masyarakat merupakan sekumpulan orang-orang yang hidup bersama dan menghasilkan suatu kebudayaan.

 

7. John J. Macionis

Masyarakat adalah semua orang yang dapat berinteraksi dalam suatu wilayah tertentu dan memiliki budaya bersama.

 

8. Richard T. Schaefer dan Robert P. Lamm

Masyarakat yakni sejumlah besar orang yang tinggal dalam wilayah yang sama, relatif independen dari orang-orang di luar itu, dan mempunyai budaya yang relatif sama.

 

9. Abdul Syani

Masyarakat yaitu sebuah kegiatan untuk berkumpul, bersama, hidup bersama dan saling berhubungan serta saling mempengaruhi.

 

10. Koentjaraningrat

Masyarakat merupakan satu kesatuan hidup manusia yang berhubungan sesuai dengan sistem adat istiadat tertentu yang bentuknya berkesinambungan dan terhubung oleh suatu rasa identitas bersama.

 

11. Parsons

Masyarakat sebagai suatu jenis sistem sosial yang dicirikan oleh fase-fase kecukupan diri yang relatif bagi lingkungannya, termasuk sistem sosial yang lain.

 

12. Marrion Levy

Masyarakat ialah

  • Suatu Kemampuan untuk bertahan yang melebihi dari masa hidup salah seorang anggotanya.
  • Perekrutan sebagian atau juga seluruh anggotanya dengan cara melalui reproduksi atau kelahiran.
  • Terdapat suatu sistem tindakan utama yang memiliki sifat swasembada.
  • Adanya sebuah kesetiaan terhadap sistem tindakan utama dengan bersama-sama.

 

13. Wilkinson

Masyarakat sebagai salah satu kelompok manusia yang secara bersama-sama hidup dan tinggal di wilayah yang sama dengan batasan wilayah yang biasa.

 

14. Thomas Hobber

Masyarakat sebagai sebuah komunitas yaitu proses alamiah dimana sekelompok orang hidup bersama guna memaksimalkan kepentingan mereka, dan kepentingan diri tiap individu dapat diperolah dalam sebuah kelompok tersebut.

 

15. Ensiklopedi Indonesia

Masyarakat yaitu

  • Bentuk tertentu dari suatu kelompok sosial yang berdasarkan rasional yang diterjemahkan sebagai masyarakat patembayan, lalu adanya kelompok sosial lainnya yang masih berasaskan ikatan naluri kekeluargaan atau dapat disebutu masyarakat Paguyuban.
  • Merupakan keseluruhan masyarakat manusia yang didalamnya meliputi seluruh kehidupan bersama.
  • Menunjukkan tatanan kemasyarakatan dengan memiliki ciri sendiri atau identitas serta sebuah otonomi seperti masyarakat barat, ataupun masyarakat pedalaman atau primitif dimana suku tersebut belum berhubungan dengan dunia sekitar.
Baca Juga :  √ Past Future Continuous Tense : Pengertian, Fungsi dan Rumus Terlengkap

 

16. Wikipedia

Masyarakat ialah sekelompok individu yang memiliki suatu kepentingan bersama serta mempunyai budaya dan lembaga yang khas. Masyarakat dapat disebut sebagai sekelompok orang yang terorganisasi dan mempunyai tujuan bersama.

 

17. An-Nabhani

Masyarakat yakni suatu kelompok individu yang mempunyai pemikiran perasaan, dan aturan yang sama, serta dapat terjadi interaksi antar sesama karena adanya kesamaan untuk kebaikan masyarakat dan warga masyarakat itu sendiri.

 

18. Adam Smith

Masyarakat dapat terdiri atas jenis-jenis manusia yang berbeda-beda dan mempunyai fungsi yang berbeda pula, yang terbentuk serta dilihat dari segi fungsi tidak dari rasa cinta dan sejenisnya, dan hanya ada rasa untuk saling menjaga satu sama lain supaya tidak saling menyakiti.

 

19. M. J. Heskovits

Masyarakat merupakan sebuah kelompok individu yang mengorganisasikan, mengikuti, dan mengatur cara hidup tertentu.

 

20. S. R. Steinmentz

Masyarakat sebagai kelompok manusia yang besar dan meliputi pengelompokan manusia yang lebih kecil yang memiliki perhubungan yang teratur dan erat.

 

21. Mack Ever

Masyarakat ialah sebuah sistem atau aturan dari prosedur, otoritas, serta bertujuan untuk saling bantu-membantu yang diantaranya meliputi kelompok dan pembagian sosial, sistem pengawasan dari tingkah laku tiap individu dan kebebasan. Aturan yang kompleks serta selalu berubah dari relasi sosial.

 

22. J. L Gillin

Masyarakat yaitu suatu kelompok manusia yang cakupannya tersebar dan mempunyai kebiasaan, sikap, perasaan persatuan, dan tradisi yang sama.

 

23. Max Weber

Masyarakat ialah salah satu tatanan atau struktur yang pada pokoknya sudah ditentukan oleh suatu harapan serta berbagai nilai yang dominan pada warganya.

 

24. Gerhard Lenski dan Jean Lenski

Baca Juga :  √ Kesetimbangan Kimia : Pengertian, Ciri, Jenis, Syarat dan Contoh Terlengkap

Masyarakat yakni suatu masyarakat pemburu dan pengumpul, masyarakat peladang dan peternak, masyarakat agraris, masyarakat industri, dan masyarakat pascaindustri.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ 24 Pengertian Masyarakat Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :

√ Masyarakat : Pengertian, Ciri, Jenis, Unsur dan Fungsi Terlengkap

√ Nilai Sosial : Pengertian, Jenis, Ciri, Faktor dan Fungsi Terlengkap

√ Masyarakat Multikultural : Pengertian, Ciri, Dampak, Sifat, Faktor dan Jenis Terlengkap

√ 12 Pengertian Masyarakat Multikultural Menurut Para Ahli Terlengkap