√ 28 Pengertian Moral Menurut Para Ahli Terlengkap

Diposting pada

√ 28 Pengertian Moral Menurut Para Ahli Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Moral.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Moral? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

 

√ 28 Pengertian Moral Menurut Para Ahli Terlengkap
√ 28 Pengertian Moral Menurut Para Ahli Terlengkap

 


Pengertian Moral Menurut Para Ahli

 

1. Sonny Keraf

Moral merupakan segala sesuatu yang dapat dipakai sebagai dasar untuk menentukan tindakan seseorang yang dianggap baik atau buruk di dalam suatu masyarakat.

 

2. Maria J. Wantah

MOral adalah sesuatu yang berhubungan dengan kemampuan dalam menentukkan benar atau salah serta baik atau buruknya suatu perilaku pada diri seseorang.

 

3. Russel Swanburg

Moral ialah semua pernyataan dari pemikiran yang berhubungan dengan keantusiasan seseorang dalam bekerja dimana hal itu dapat merangsang perilaku seseorang tersebut.

 

4. Elizabeth B. Hurlock

Moral yaitu sebuah kebiasaan, tata cara, dan adat dari suatu peraturan perilaku yang telah menjadi kebiasaan bagi anggota suatu budaya dalam masyarkat.

 

5. Maria Assumpta

Moral yakni beberapa aturan aturan (rule) mengenai sikap (attitude) dan perilaku manusia (human behavior) sebagai manusia.

 

6. Imam Sukardi

MOral merupakan suatu karakter yang dicirikan sebagai sesuatu yang baik dalam masyarakat melalui nilai-nilai yang diterapkan bersama.

 

7. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Moral ialah

  • Ajaran tentang baik buruk yang diterima umum mengenai perbuatan, sikap dan kewajiban serta akhlak, budi pekerti dan susila.
  • Suatu kondisi mental yang membuat orang tetap berani, bersemangat, bergairah, berdisiplin, isi hati atau keadaan perasaan sebagaimana terungkap dalam perbuatan.
  • Segala ajaran kesusilaan yang dapat ditarik dari suatu cerita.
Baca Juga :  √ Gerak : Pengertian Menurut Para Ahli, Macam & Contohnya Lengkap

 

8. Gunarsa

MOral merupakan seperangkat dari nilai-nilai berbagai perilaku yang harus dipatuhi.

 

9. Wiwit Wahyuning

MOral yaitu ketika seseorang berbicara tentang nilai moral pada umumnya akan terdengar sebagai sikap dan perbuatan setiap inividu terhadap kehidupan orang lain.

 

10. Shaffer

Moral ialah sebuah kaidah norma yang dapat mengatur perilaku suatu individu dalam menjalankan hubungan dan kerjasama di lingkungan masyarakat berdasarkan aturan yang berlaku.

 

11. Russel Swanburg

Moral yakni sesuatu pernyataan dari pemikiran yang berhubungan dengan keantusiasan seseorang dalam bekerja dimana hal itu dapat merangsang perilaku seseorang tersebut.

 

12. A. Mustafa

Moral sebagai penentuan dasar perilaku mana yang baik dan yang buruk melalui pengamatan pada perbuatan manusia sejauh akal pikiran mereka.

13. Dewey

Moral ini sebagai berbagai masalah moral yang berkaitan dengan nilai-nilai moral.

 

14. Baron dkk

Moral yang terkait dengan pelarangan dan mendiskusikan tindakan yang benar atau salah.

 

15. W. Poespoprojo

Moral ialah sesuatu dengan kualitas yang dalam perbuatan manusia yang menunjukkan bahwa perbuatan itu benar atau salah, baik atau buruk. Moralitas mencakup tentang baik-buruknya perbuatan manusia.

 

16. Magnis-Susino

Moral selalu mengacu pada baik orang miskin sebagai manusia, sehingga aspek moral kehidupan manusia dalam hal kebaikan sebagai manusia.

 

17. Zainuddin Saifullah Nainggolan

Moral adalah salah satu tendensi rohani untuk melakukan seperangkat standar dan norma yang mengatur perilaku seseorang dan masyarakat.

 

18. Dian Ibung

Moral yakni segala nilai (value) yang berlaku dalam suatu lingkungan sosial dan mengatur tingkah laku seseorang.

 

19. W. J. S. Poerdarminta

Moral merupakan segala sesuatu mengenai ajaran moral dari perbuatan baik dan buruk dan perilaku.

Baca Juga :  √ Satelit : Pengertian, Macam, Fungsi, Cara Kerja & Contohnya Lengkap

 

20. Chaplin

Moral yaitu segala akhlak yang sesuai dengan peraturan sosial, atau menyangkut hukum atau adat kebiasaan yang mengatur tingkah laku.

 

21. Hurlock

Moral ialah suatu tata cara, kebiasaan, dan adat. Perilaku moral dikendalikan konsep konsep moral atau peraturan perilaku yang telah menjadi kebiasaan bagi anggota suatu budaya.

 

22. Merriam – Webster

Moral ini mengenai atau berkaitan erat dengan apa yang benar dan salah dalam perilaku manusia, dianggap benar dan baik oleh kebanyakan orang sesuai dengan standar perilaku yang tepat pada kelompok atau masyarakat tersebut.

 

23. Kamus Psikologi

Moral yaitu sesuatu hal yang mengacu kepada akhlak yang sesuai dengan peraturan sosial, atau menyangkut hukum atau adat kebiasaan yang mengatur tingkah laku.

 

24. Wikipedia

Moral merupakan salah satu pesan yang di sampaikan atau pelajaran yang bisa di petik dari kisah atau peristiwa.

 

25. Immanuel Kant

Moral yakni sesuatu hal kenyakinan serta sikap batin dan bukan hanya hal sekedar penyesuaian dengan beberapa aturan dari luar, entah itu aturan berupa hukum negara, hukum agama atau hukum adat-istiadat.

 

26. James J. Spillane SJ

MOral seseorang didapatkan dari tingkah laku manusia ketika mengambil keputusan yang ada hubungannya dengan moral dimana artinya lebih mengarah pada penggunaan akal pada manusia melalui sesuatu yang bersifat objektif dalam mendefinisikan salah atau benarnya serta dapat menilai tingkah laku seseorang pada orang lain.

 

27. Wijaya

Moral yaitu sebuah ajaran baik dan buruk tentang perbuatan atau kelakuan (akhlak).

 

28. Al-Ghazali

Moral atau akhlak ialah suatu perangai, watak, atau tabiat yang menetap kuat dalam jiwa manusia dan merupakan sumber munculnya perbuatan tertentu secara mudah dan ringan.

Baca Juga :  √ Kalor : Pengertian, Teori, Rumus, Jenis, Kapasitas, Perpindahan dan Perubahannya Terlengkap

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ 28 Pengertian Moral Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :