√ Westernisasi : Pengertian, Ciri, Pola, Dampak dan Contoh Terlengkap

Diposting pada

√ Westernisasi : Pengertian, Ciri, Pola, Dampak dan Contoh Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Westernisasi.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Westernisasi? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

 

√ Westernisasi : Pengertian, Ciri, Pola, Dampak dan Contoh Terlengkap
√ Westernisasi : Pengertian, Ciri, Pola, Dampak dan Contoh Terlengkap

 


Pengertian Westernisasi

 

Westernisasi merupakan salah satu sikap dan tindakan masyarakat di negara-negara timur yang cenderung meniru perilaku dan kebiasan masyarakat di negara Barat.

Misalnya, gaya berpakaian, perilaku, dan kebiasaan sehari-hari yang kebarat-baratan. Westernisasi ini juga disebut dengan Eropanisasi atau Oksidentalisasi.

Westernisasi juga bisa mengakibatkan budaya asli Indonesia semakin terkikis dan dilupakan oleh generasi muda karena menganggap kebudayaan Barat lebih baik.

 


Pengertian Westernisasi Menurut Para Ahli

 

1. Eka Gunawan

Westernisasi ialah sebuah proses meniru masyarakat atau negara atas budaya negara-negara Barat, yang dianggap lebih baik daripada budaya negara itu sendiri.

 

2. Koentjaraningrat

Westernisasi yaitu segala proses meniru gaya hidup penduduk Barat melalui masyarakat berlebihan dalam bentuk gaya hidup, kebiasaan, gaya sosial, dll. ini tidak cukup untuk diterapkan di Indonesia karena masyarakat kita masih Timur Nilai-nilai budaya dipertahankan.

 

3. Samuel P. Huntington

Westernisasi merupakan salah satu proses dalam masyarakat yang mengikuti semua bentuk gaya hidup Barat.

 

4. Soerjono Soekanto

Westernisasi yakni semua proses dari vital yang menekankan industrialisasi serta sistem ekonomi kapitalis, sehingga kehidupannya meniru atau mencoba menjadi persis sama dengan kehidupan orang-orang di negara-negara Barat.

Baca Juga :  √ 4 Pilar Kebangsaan Indonesia : Pengertian, Isi dan Sejarah Terlengkap

 

5. Arif Furtonutely

Westernisasi adalah suatu arus besar dalam dimensi politik, sosial, kultur, budaya, pengetahuan dan seni untuk mengubah karakter kehidupan bangsa-bangsa di dunia secara umum dan negara-negara Islam khususnya menjadi paham Barat.

 


Ciri – Ciri Westernisasi

  • Gaya hidup atau gaya hidup orang berubah dan meniru perkembangan di negara-negara barat. Sebagai contoh ialah Gaya hidup mewah, hedonisme dll.
  • Ikuti kebiasaan beberapa masyarakat barat dalam konsumsi alkohol dan obat-obatan.
  • Meningkatkan pergaulan bebas dan perilaku seksual yang menyimpang di tengah-tengah masyarakat.
  • Perubahan pakaian, bentuk komunikasi dan hubungan sosial yang mengikuti kebiasaan negara-negara Barat.
  • Komunitas menjadi semakin individual karena sikap gotong royong, yang telah menjadi ciri khas masyarakat Indonesia, menjadi semakin lemah.
  • Perubahan terjadi di berbagai bidang kehidupan masyarakat, politik, ekonomi, seni, budaya, dsb yang telah diadopsi dari negara-negara Barat.

 


Dampak Westernisasi

  • Perubahan Perilaku – Masyarakat yang terdampak westernisasi dengan melalui berbagai media akan cenderung mengalami perubahan perilaku. Misalnya menggunakan istilah atau kata-kata bahasa asing pada saat berinteraksi dengan orang lain.
  • Lunturnya Jati Diri Bangsa serta Budaya Lokal – Generasi muda yang telah banyak menggunakan teknologi akan mengalami dampak westernisasi. Banyak kalangan remaja saat ini menganggap budaya Barat lebih baik dari budaya lokal sehingga jati diri bangsa serta budaya lokal akan luntur dengan secara perlahan.
  • Perubahan Cara Hidup – Salah satu cara hidup masyarakat di negara Barat yang banyak dilakukan di Indonesia ialah kebiasaan minum minuman keras. Sebenarnya minuman keras ini tidak cocok untuk masyarakat di negara tropis, namun hal tersebut terjadi sebab adanya proses westernisasi yang sudah mengubah cara hidup sebagian masyarakat kita.
Baca Juga :  √ Nilai Sosial : Pengertian, Jenis, Ciri, Faktor dan Fungsi Terlengkap

 


Contoh Westernisasi

  • Bergaya hidup mewah.
  • Mengkonsumsi makanan fast-food.
  • Meniru warna rambut pirang agar terlihat seperti orang barat.
  • Meniru gaya berpakaian masyarakat di negara barat.
  • Mencampur bahasa Indonesia dengan bahasa Inggris demi terlihat keren.
  • Banyaknya geng-geng motor dan anak punk yang dianggap gaul dan keren di mata masyarakat.
  • Nilai-nilai kebudayaan setempat yang mulai ditinggalkan masyarakat demi kesenangan pribadi. Buktinya dengan masyarakat di erea modern lebih suka pergi menonton konser musik mancanegara dibandingkan dengan menonton pertunjukkan seni tradisional.

 


Pola dan Media Westernisasi

Ada banyak media dan pola penyebarannya, misalnya melalui media pemegang kekuasaan suatu negara, majalah, televisi, wisata, teknologi, dan lain sebagainya.

Proses transfer budaya Barat ke Indonesia terjadi melalu berbagai media teknologi seperti teknologi informasi, misalnya internet, gadget, televisi, radio dan lainnya.

Selain teknologi, proses westernisasi juga dapat terjadi secara besar-besaran ketika pemerintah suatu negara mengeluarkan kebijakan yang berisi doktrin mendukung westernisasi.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Westernisasi : Pengertian, Ciri, Pola, Dampak dan Contoh Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :