√ WHO (World Health Organization) : Pengertian, Sejarah, Tujuan, Tugas dan Kegiatan Terlengkap

Diposting pada

√ WHO (World Health Organization) : Pengertian, Sejarah, Tujuan, Tugas dan Kegiatan Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai WHO (World Health Organization).

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah WHO (World Health Organization)? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

 

√ WHO (World Health Organization) : Pengertian, Sejarah, Tujuan, Tugas dan Kegiatan Terlengkap
√ WHO (World Health Organization) : Pengertian, Sejarah, Tujuan, Tugas dan Kegiatan Terlengkap

 


Pengertian WHO

WHO (World Health Organization) atau Organisasi Kesehatan Dunia merupakan suatu badan PBB yang bertindak sebagai koordinator kesehatan umum internasional dan bermarkas di Jenewa, Swiss.

WHO didirikan oleh PBB pada 7 April 1948. Direktur Jendral sekarang yaitu Margaret Chan yang menjabat mulai 8 November 2006.

WHO mewarisi banyak mandat dan persediaan dari organisasi sebelumnya, Organisasi Kesehatan yang merupakan agensi dari LBB.

 


Sejarah WHO

Berdirinya WHO yakni supaya semua orang dapat mengulurkan kualitas kesehatan tertinggi yang sangat membolehkan.

Tugas utama dari WHO adalah untuk mengatasi beraneka macam jensi penyakit yang biasanya penyakit berjangkit yang sudah berjangkit luas.

WHO ini merupakan salah satu lembaga PBB, Peraturan pertama kali berbentuk pada kali hadir pada Hari Kesehaan Dunia sekitar pada tanggal 7 April 1948.

Kegiatan WHO juga sisa kegiatan organisasi kesehatan LBB, diatur oleh komite internal seperti dijelaskan dalam suatu Konferensi Kesehatan Internasional pada tahun 1946. Perubahan dilakukan melewati suatu pernyataan dari lembaga umum dari PBB.

Jawaharlal Nehru, seorang pejuang kebebasan utama dari India, telah menyuarakan pendapatnya untuk memulai WHO. Aktivitas WHO, juga sisa kegiatan Organisasi Kesehatan LBB (Liga Bangsa-bangsa), diatur oleh sebuah Komisi Interim seperti ditentukan dalam suatu Konferensi Kesehatan Internasional pada musim panas 1946.

Baca Juga :  √ Lompat Jauh : Pengertian, Sejarah, Faktor, Teknik, Macam Gaya & Ukuran Lapangannya Lengkap

Pergantian dilakukan melalui suatu Resolusi Majelis Umum PBB. Pelayanan epidemiologi Office International d’Hygiène Publique Prancis dimasukkan dalam Komisi Interim WHO pada tanggal 1 Januari 1947.

 


Tujuan dan Tugas WHO

  • Memiliki tugas menanggulangi kesehatan dengan membantuk melaksanakan pembatasan terhadap penyakit-penyakit menular.
  • Memberikan bantuan kesehatan kepada negara-negara yang perlu bantuan
  • Membantu dalam peningkatan kesejahteraan dan kesehatan ibu dan anak
  • Mendorong dan membantu melakukan penelitian-penelitian yang berhubungan dengan bidang kesehatan.

 


Kegiatan WHO

  • WHO mengkoordinasikan usaha-usaha internasilnal dalam pengedalian wabah penyakit menular seperti SARS, malaria, TBC, flu babi, dan AIDS.
  • WHO juga menjadi sponsor program -program untuk pencegahan dan pengobatan penyakit tersebut. WHO men support pengembangan dan distribuasi waksin yang aman dan efektif, diagnosik farmasi, dan juga obat-obatan.
  • WHO bekerja dalam membasmi penyakit, dan juga melakukan kampanye yang berhubungan dengan kesehatan. Seperti untuk meningkatkan konsumsi buah-buahan dan sayuran di seluruh negara dan untuk mencegah pemakaian tembakau.
  • WHO juga mengenalkan pengembangan kapasitas di negara-negara anggota untuk menggunakan dan menghasilkan penelitian yang memenuhi kebutuhan nasional, dengan menyarungkan sistem kesehatan penelitian nasional dan mempromosikan platform pengetahuan terjemahan seperti Bukti Jaringan Informasi Kebijakan -EVIPNet.
  • WHO juga melaksanakan penelitian kesehatan pada penyakit menular, kondisi non menular dan juga cedera, seperti memanjang studi tentang penuan untuk menentukan apakah tahum tambahan kami hidup dalam kesehatan yang baik atau miskin, dan apakah medan elektromagnetik sekitar ponsel mempunyai dampak pada kesehatan.
  • WHO memiliki target dalam pemusnahan penyakit polio dalam kurun waktu beberapa tahun. Organisasi ini telah meluncurkan HIV/AIDS Toolkit untuk negara Zimbabwe (dari 3 Oktober 2016) dengan standar Internasional.

Para ahli bertemu di kantor pusat WHO di Jenewa pada bulan Februari 2007 dan melaporkan jika usaha mereka pada perkembangan vaksin influenza yang pandemk yang sudah mencapai kemajuan yang baik.

Baca Juga :  √ Bendung : Pengertian, Manfaat, Jenis, Dampak dan Contoh Terlengkap

Lebih dari 40 percobaan klinik sudah diselesaikan atau sedang berlangsung. Kebanyakan difokuskan pada orang dewasa yang sehat. Beberapa perusahaan, sudah menyelesaikan analisis keamanan pada orang dewasa, sudah memulai percobaan klinik pada orang lanjut usia dan anak-anak.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ WHO (World Health Organization) : Pengertian, Sejarah, Tujuan, Tugas dan Kegiatan Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :